Keberadaan tanaman hijau di dalam ruangan tak hanya membuat suasana lebih teduh dan indah, tapi juga mampu menciptakan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.


Agar fungsinya selalu optimal, beberapa perawatan simple berikut perlu diterapkan agar kawanan hijau ini selalu terlihat memesona. Berikut tips dan cara merawat tanaman hias agar selalu segar:




wadah unik untuk siri gading lemon


1. memetik atau memotong

agar tampilannya selalu indah dilihat mata, bagian-bagian tanaman yang sudah layu, berubah warna, atau kering harus disingkirkan. memetik atau memotong adalah cara paling mudah untuk memangkasnya.


memeting dan memotong siri gading


selain itu, pemangkasan juga berguna agar bagian tanaman yang masih dalam keadaan baik tidak tertular bagian yang sakit.


2. menyiram sesuai takarannya

beda jenis beda pula cara menyiram tanaman. namun secara umum, tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan jangan terlalu sering diberi air karena dapat menyebabkan kebusukan pada akarnya. cukup berikan kelembapan hingga air keluar dari lubang drainase pot.


menyiram tanaman monstera deliciosa


untuk tanaman kokedama yang sedang tren, lakukan penyiraman dengan menggunakan alat yang memiliki nozzle cukup panjang agar air fokus keluar dari satu lubang. air harus terus dialirkan hingga terlihat meresap ke permukaan bola.


baca juga: sehat dan segar, inilah 15 jenis tanaman hias gantung


3. menyeka daun

daun yang cantik dan bentuknya yang unik seringkali menjadi daya tarik utama tanaman hias. keindahan daun juga sering menjadi andalan pesona sebuah tanaman.


menyeka daun philodendron marble


tidak hanya untuk membuatnya selalu tampil cantik dan mengilap, menyeka daun juga bertujuan membersihkan debu-debu yang menempel di permukaannya. tanaman yang sehat juga perlu tampil menawan, bukan?




4. memberi vitamin

sama seperti manusia, tumbuhan juga memerlukan asupan vitamin. pemupukan sederhana dapat membantu pertumbuhan tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan.


memberi vitamin pada ketapang biola


kandungan-kandungan penting, seperti fosfor, kalium, dan nitrogen berguna bagi pertumbuhan akar, batang, dan daun.


baca juga: tanaman hias apa yang cocok di dalam rumah?


5. jenis wadah untuk tanaman rambat

tanaman rambat atau tanaman dengan jenis tampilan yang menjuntai memiliki fleksibilitas dalam hal penempatannya. tak perlu berkutat di dalam pot saja, ruang vertikal pun cocok untuk kedua jenis tanaman ini, seperti halnya dengan menggunakan wire net.


wire net untuk peperomia


bahkan dengan kreativitas lebih, pesona tanaman yang simple ini justru akan semakin menarik dengan cara digantung. tak perlu berumpun-rumpun, meletakkannya secara minimalis pun seolah menguak kecantikannya yang bersahaja.


6. rak untuk memajang pot di rumah

kecintaan pada tanaman hias sering menggiring pelakunya sebagai kolektor. deretan koleksi tanaman yang berukuran kecil atau sedang di dalam pot dapat disusun secara vertikal.


Rak untuk Pot Tanaman


Gunakan rak terbuka agar pesona sang tanaman tetap menjadi primadonanya. Jangan lupa untuk menempatkan tanaman pada pot-pot dengan desain senada.