Memaksimalkan fungsi ruangan di dalam rumah kini sangat diminati bagi para pemilik rumah, terlebih untuk hunian minimalis. Itu jadi cara terbaik untuk menyiasati kondisi ruangan di dalam rumah yang terbatas. 


Membuat teras depan rumah menjadi area ruang tamu bisa jadi solusi untuk memaksimalkan area teras depan. Jika Anda tertarik dengan konsep teras depan rumah sebagai ruang tamu, berikut inspirasinya untuk Anda. 




1. Teras untuk ruang tamu bernuansa hangat dan natural


(photo: vera yunaeni (@rumah_ve))


ingin membuat teras depan rumah untuk ruang tamu terkesan lebih hangat dan natural, maka anda bisa memaksimalkan penggunaan lantai kayu yang diselaraskan dengan furnitur kayu lainnya. jangan lupa tambahkan tanaman hias supaya area teras terlihat segar dan sejuk. ini akan akan jadi ruangan yang multifungsi yang instagramable dan favorit. 


2. teras untuk ruang tamu semi terbuka


(photo: anson smart (@smartanson) / desainer: flack studio (@flackstudio_))


ingin punya teras untuk ruang tamu yang terang tapi aman dari tampias hujan? pertimbangkan untuk menerapkan konsep teras untuk ruang tamu dengan menggunakan atap transparan. memang untuk negara tropis, area ini akan terasa panas saat siang hari, jadi pastikan material dan furnitur yang digunakan tahan dengan panas. tambahkan berbagai tanaman hias untuk membuat suasana lebih asri dan sejuk.


area ini juga dapat dimanfaatkan untuk menikmati sore hari berkumpul bersama keluarga sambil menikmati udara yang segar dan asri.


3. teras ruang tamu di samping rumah


(photo: skewed eye photo (@skewedeye) / arsitek: peter eimers (@aamerarchitects))


sebagai alternatif menyiasati area samping rumah, anda bisa membuat teras samping sebagai ruang tamu. menciptakan teras samping di lahan yang sempit bisa dimulai dengan menggunakan kayu sebagai material lantai teras agar berbaur dengan elemen sekitarnya.


supaya tidak memakan tempat, pilihlah tanaman-tanaman berbatang panjang atau perdu dengan ranting yang tidak menjalar. sebagai variasi, anda juga bisa menggunakan kanopi kaca. pastikan posisi tanaman di teras anda berada di barat sebagai filter cahaya matahari sore.




4. teras untuk ruang tamu bergaya modern kontemporer


(photo: prue ruscoe (@prueruscoe) / arsitek: luigi roselli architects (@luigiroselliarchitects) / desain: alwill interiors (@alwillinteriors))


ingin teras rumah untuk ruang tamu terlihat lebih kekinian? coba terapkan konsep modern kontemporer pada teras depan hunian anda. tempatkan sofa kombinasi kayu dan kursi rotan dengan meja bundar dengan material concrete yang tidak diberikan finishing sebagai penyangga kakinya, dan lampu dinding berbentuk unik akan semakin menguatkan konsep modern kontemporer pada teras hunian anda. 


5. teras untuk ruang tamu dengan kesan natural tapi mewah


(Photo: Felix Forest (@felix_forest) / Arsitek: Walter Barda Design (@walterbarda) / Desain Interior: Arent & Pyke (@arentpykestudio))


Inspirasi teras untuk ruang tamu berikut ini pasti akan membuat Anda jatuh cinta. Pasalnya, teras untuk ruang tamu ini hadir dengan kesan natural tapi terlihat mewah. Penggunaan furnitur rotan dan kayu pada kursi dan meja bundar mampu memberi sentuhan natural pada teras rumah. Sementara sentuhan mewah didapatkan dari sofa ayunan berwarna biru tua dengan cushion warna senada. 



Itulah lima inspirasi teras untuk ruang tamu yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan konsep rumah Anda agar desain rumah secara keseluruhan bisa tetap terlihat menarik dan selaras. 





Photo teaser: Prue Ruscoe (@prueruscoe) / Arsitek: Luigi Roselli Architects (@luigiroselliarchitects) / Desain: Alwill Interiors (@alwillinteriors)
Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza