Sebagian permasalahan hunian yang minim bidang halaman adalah tidak bisa memiliki taman, namun tidak perlu risau! AlaCASA punya tiga rekomendasi jenis taman untuk menyiasitanya dengan macam-macam edible garden. Kompatibel untuk Anda yang menyewa hunian, karena moveable dengan mudah Anda bawa saat pindah rumah





her86m2.com


1. Container Gardening

Pakai ember bekas atau wadah lainnya yang memilki volume yang pas untuk ruangan yang akan Anda gunakan sebagai space edible garden. Dengan begitu akan hemat budget sekaligus mengurangi limbah sampah. Susun dengan rak handmade berbahan puing kayu atau bisa juga gunakan rak besi yang dijual di pasaran.



aldeer.com


Berkebun dengan cara ini cukup populer bagi new gardeners, karena tidak memerlukan bidang tanah yang luas. Cukup perhatikan tinggi dan lebar wadah yang digunakan untuk tiap jenis tanaman. Ikuti acuan berikut agar tanaman yang Anda miliki bisa hidup dengan space yang sesuai.



growinginthegarden.com


2. Pallet Garden

Hunian bergaya retro bisa pilih jenis taman ini, karena palet kayu yang digunakan bisa mempertegas nuansa retro, baik di eksterior maupun interior. Taman ini bisa ditempatkan dalam rumah maupun luar rumah, karena perawatannya yang mudah diikuti tanaman yang Anda tanam. Tumpuk vertikal atau tata secara horizontal kotak tanaman dengan bahan palet kayu agar mudah jika dipindahkan.


gardengatemagazine.com




zenidees.com


Anda bisa kreasikan sesuai luas ruang yang akan digunakan, cara vertikal pallet garden jadi solusi yang tepat untuk hunian apartemen atau rumah minimalis. Bisa digantung atau tata bertumpukan dengan rangka tangga. Tulis nama tanaman pada muka palet kayu agar tidak tertukar.



Silvana barberio


urbanorganicyield.com

3. Basket herb garden

Saat melihat taman jenis ini pasti yang terpintas adalah aesthetic! Ini adalah jenis taman termudah untuk dijadikan portable, yang diperlukan hanyalah keranjang atau karung bekas berbelanja. Nantinya ketika hendak berpindah hunian, bisa dengan mudah dibawa tanpa perlu mengganggu tanamannya. Taman ini bisa diisi dengan tumbuhan yang minim akar, seperti thyme dan herbs lainnya.



Andrelix


Dari ketiga rekomendasi di atas, bisa disesuaikan kembali dengan ruang dan kebutuhan tanaman yang ingin ditanam. Jika ingin tanaman yang bentuknya sedang menuju besar seperti sayuran timun, terong dan kentang bisa implementasikan dengan container gardening. Untuk tanaman kecil seperti herb bisa gunakan jenis pallet gardening dan basket garden. 




Foto Teaser: agnetwest.com
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira