Setelah 2 tahun lebih, warga Indonesia akhirnya berkesempatan untuk mudik lagi yang biasanya dijadikan ajan untuk berkumpul kembali dengan keluarga saat hari raya idul fitri. Seperti yang diumumkan Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi, cuti bersama pada lebaran tahun 2022 ini jatuh pada 29 April dan 4 hingga 6 Mei 2022.






Di balik euforia senang karena akhirnya bisa mudik, namun tak dipungkiri kalau masih ada rasa was-was saat harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk periode waktu yang cukup lama. Tak hanya khawatir akan soal keamanan, namun hadir pula ketakutan apakah semua elemen di rumah sudah diamankan dengan baik sebelum ditinggalkan.

Demi mengurangi insecurity Tetangga Online AlaCASA saat mudik dan menjaga agar rumah tetap aman, coba ikuti checklist dari AlaCASA sambil cek kembali kondisi rumah sebelum berangkat mudik.


1. Cek Aliran Air & Keran

Matikan aliran air dan tutup keran, baik yang terletak di kamar mandi maupun di dapur serta di taman rumah. Pastikan pula tidak ada keran maupun pipa yang bocor guna meminimalisir kemungkinan rumah kebanjiran ataupun memicu korslet listrik jika tetesan air tak sengaja terkena barang elektronik.


Freepik


Baca juga, Keran Pintar ini Tuangkan Air Sesuai Kebutuhan


2. Cek Tabung Gas

Jika Anda termasuk pengguna tabung gas untuk masak, sebelum pergi alangkah baiknya melepaskan regulator penghubung tabung dengan kompor gas. Ini agar gas tetap berada di dalam tabung dan tidak bocor guna rumah Anda terhindar dari resiko kebakaran.


Patch Work Architecture


3. Titip Anabul

Let's not forget our fur friend. Hewan peliharaan Anda bisa dititipkan di pet shop langganan atau dengan kerabat terpercaya. Jasa hotel untuk hewan seringkali populer di masa liburan seperti lebaran. Jadi, jangan lupa untuk book tempat sebelum kehabisan slot.


Freepik


4. Cabut Colokan Listrik

Lakukan ini terhadap semua barang elektronik di rumah. Kecuali beberapa home appliance seperti kulkas ataupun adaptor internet yang musti tetap hidup walaupun Anda sedang tidak di rumah. Maka dari itu, bagi yang menggunakan token listrik, jangan lupa Isi ulang secukupnya agar listrik tidak mati mendadak.


Freepik


5. Bereskan semua jemuran

Jemuran adalah salah satu yang kerap dilupakan saat bersiap-siap meninggalkan rumah. Terutama bagi yang gemar mengeringkan cucian di area outdoor rumah. Simpan jemuran di dalam rumah karena pakaian berkemungkinan terkena air hujan jika ditaruh di luar dalam waktu lama saat rumah kosong. Tentu, Tetangga Online tidak menginginkan pulang ke rumah sambil menghirup bau lembap dari jemuran yang terabaikan.




Wall Sauce


6. Kunci Semuanya!

Cek semua jendela dan pintu satu-persatu serta pastikan semuanya tertutup rapat. Tetangga Online juga bisa memakai Smart Lock Handle di pintu untuk keamanan ekstra karena pegangan pintu seperti ini baru bisa dibuka jika menggunakan pin ataupun sidik jari pemilik rumah.


IF World Design Guide


Baca juga, 5 Produk Canggih yang Buat Rumah Makin Pintar


7. Buat yang suka parno

Bagi yang tinggal di landed house, terkadang suka cemas jika harus meninggalkan lampu teras dalam keadaan hidup mulai dari pagi, siang, dan malam. Dikarenakan kerap dijadikan penanda bahwa rumah sedang kosong dan rawan menjadi target maling. Biar hati Tetangga Online lebih tenang, Anda bisa invest untuk menggunakan Smart LED Lamp yang bisa diatur dari mana saja asal ada koneksi internet.


Freepik


Sudah dicek semuakah hal-hal yang AlaCASA sebut diatas? Untuk precaution, silahkan run through sekali lagi akan poin yang disebutkan di atas sebelum Tetangga Online berangkat untuk mudik, ya.

Have Fun selama liburan!



Foto teaser: Hey! Cheese / HAO Design