Tidak dipungkiri, bahwa sampai saat ini ada sebagian orang yang mempercayai ilmu feng shui yang bisa mendatangkan keberuntungan. Misalnya penempatan furnitur seperti posisi jendela, pintu, peralatan alat rumah tangga, kamar mandi, hingga posisi untuk ruang tidur. Selain itu, percaya atau tidak, ternyata keberuntungan seseorang bisa ditentukan dengan menanam tanaman pembawa rezeki.

Untuk menghindari taman rumah menjadi gersang dan kering, penambahan tanaman hijau merupakan solusi terbaik untuk membuat rumah dan halaman menjadi lebih segar dan adem? Bahkan, menurut feng shui ternyata ada tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan, kesehatan dan kemakmuran. Penasaran? Yuk kita simak informasi dari CASA Indonesia berikut!




1. Pohon Uang (Money Tree atau Pachira)



Pohon Uang (Money Tree atau Pachira) / The Spruce


Tamanan ini menjadi salah satu tanaman hias yang di popular khususnya untuk Anda yang mempercayai ilmu feng shui. Tanaman ini dipercaya bisa membanwa keberutungan, khususnya dalam soal finansial atau keuangan.

Untuk bisa membawa keberuntungan, dalam ilmu feng shui ini pemilik harus memilih batang pohon yang berangka ganjil misalnya tiga sampai 5 yang dikepang bersamaan. Jangan memilih pohon dengan batang empat yang dianggap sebagai sebagai angka sial.


2. Tanaman Bunga Kertas (Bougainvillea)



Tanaman Bunga Kertas (Bougainvillea) / Gardenista


Tanaman hias dengan bunga yang menyerupai kertas ini dipercayai akan membuat keluarga menjadi langgeng dan penuh kasih sayang. Selain itu, tanaman ini memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari bisa menjadi obat hepatitis hingga membantu mengatasi masalah kewanitaan. Tanaman yang bisa tumbuh setinggi 10 meter ini akan memberikan keteduhan dan menjadikan halaman rumah menjadi cantik.  


Baca Juga : 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!


3. Tanaman Karet (Rubber Plant)


Tanaman Karet (Rubber Plant) / Leon & George


Jika Anda menginginkan keberuntungan, sebaiknya tanaman hias ini diletakkan di halaman atau pada bagian "sudut atau pojok uang" di rumah karena ini adalah simbol leberuntungan, kemakmuran, dan juga uang yang berlimpah. Bentuk daunnya yang bulat pada bagian ujung, tanaman ini butuh banyak perawatan selain disiram secara rutin layaknya seperti kaktus dan sukulen. Sangat tepat sekali dan indah jika diletakkan di depan pekarangan terbuka di depan rumah.


4. Tanaman Peace Lily (Spatiphyllum)


Tanaman Peace Lily (Spatiphyllum) / Nurserylive


Sesuai namanya, tanaman ini bisa menjadi simbol "kedamaian" untuk area halaman dan juga seluruh rumah. Selain itu, tanaman ini bisa dikategorikan sebagai tanaman pembersih udara yang akan memberikan pengaruh pada kesehatan anggota keluarga setiap melewati halaman yang indah di depan rumah.


Baca Juga: Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda


5. Tanaman Jade (Crassula Ovata)


Tanaman Jade (Crassula Ovata) / FlorAccess


Menurut ilmu feng shui, tanaman ini dipercaya memiliki efek positif dalam hal kekayaan dan kesejahteraan untuk pemiliknya. Jika ditempatkan di halaman, tanaman ini seperti menyambut kesuksesan sang pemilik rumah tersebut. Maka tidak heran, jika tanaman jade sering dijadikan sebagai hadiah ketika pindah rumah.


6. Tanaman Bunga Anggrek


Tanaman Bunga Anggrek / Orchid Republic


Tidak hanya cantik, bunga anggrek yang biasa ditanam pada halaman rumah minimalis ini ternyata juga melambangkan cinta. Efeknya yang positif, ini akan memberikan keberuntungan asmara, sekaligus ketentraman untuk setiap orang yang melihatnya. Selain itu, bunga ini juga dipercayai bisa mempererat hubungan setiap anggota keluarga.

Jika dari tradisi kuno Yunani, bahwa bunga anggrek dikaitkan dengan fertilitas. Maka ini cocok untuk para pasangan yang baru saja menikah!


Baca Juga: 7 Hal Penting untuk Merawat Tanaman di Dalam Ruangan


7. Bambu Hoki (Bambusoideae)


Bambu Hoki (Bambusoideae) / Costa Farm


Tanaman ini bisa disebut sebagai pohon bambu dengan ukuran mini. Namun bamboo hoki ini justru masuk ke jenis Dracanea. Di samping lucu dan menggemaskan, tanaman ini dipercaya sebagai lambing kerimbunan yang memberikan kedamaian, kesehatan, cinta dan juga keberuntungan yang lama hingga ribuan tahun.

Tanaman ini bisa diletakkan di halaman atau di dalam rumah dengan menghadap ke bagian Timur untuk keluarga dan Tenggara untuk kekayaan.


8. Tanaman Palem


Tanaman Palem / Fabelio


Tanaman ini cocok jika diletaakan di sudut-sudut tertentu di area halaman rumah karena ini akan melengkapi elemen feng shui yang hilang. Selain itu tanaman ini cukup ampuh untuk menyerap zat-zat kimia negatif seperti xylene dan formaldehyde dari karpet atau perabot yang baru dibeli. Sehingga jika diteliti secara ilmiah tanama ini memiliki manfaat untuk kesehatan, baik di dalam ruangan maupun halaman.




Baca Juga: 8 Tanaman Berdaun Lebar ini Bagus untuk Dekorasi Rumah


9. Tanaman Bunga Teratai


Tanaman Bunga Teratai / Cool Garden


Bagi Anda yang memiliki kolam di rumah, menempatkan bunga teratai jadi pilihan yang bagus dan dapat menjadi pilihan dekorasi. Tak hanya soal estetika, namun bunga teratai dipercayai menjadi salah satu dalam tanaman pembawa rezeki. Kepercayaan tersebut telah ada dan dipercayai sejak dahulu kala. Jika tekad untuk menaruh bunga teratai di kolam rumah sudah bulat, maka ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dari sekarang.


10. Daun Kuping Gajah (Anthurium crystallium)


Tanaman Daun Kuping Gajah / Wikipedia


Bentuk daunnya yang lebar dan menyerupai kuping gajah, tanaman ini sangat terkenal oleh para pecinta tanaman hias. Tanaman dari salah satu satu spesies dari genus Anthurium ini dipercayai akan mendatangkan rezeki dan kekayaan materi berlimpah jika ditanam di taman rumah.


Baca Juga: Agar Tak Suntuk, Hadirkan 5 Tanaman ini di Kamar Kosan


11. Tanaman Jeruk Emas/Jinju (Fortunella japonica)



Tanaman Jeruk Emas/Jinju (Fortunella japonica) / Wikimedia Foundation


Tanaman ini selalu hadir dalam perayaan Imlek. Bahkan dipercayai bisa membawa keberuntungan meskipun hanya ditamana di halaman tumah. Warna kuning pada buah ini melambangkan kesuksesan dan kekayaan. Khusus untuk perayaan besar tertentu, buah ini sering dipilih menjadi kado atau hadiah.

Tanaman yang dikenal dengan nama Kumquat ini, perawatannya cukup merepotkan namun harus rutin. Mulai dari menyiram, menyiangi, dan juga memotong daunnya. Namun disaat Anda memiliki tanaman Jinju yang subur, maka keberuntungan tidak jauh-jauh dari Anda!


12. Sri Rezeki (Agalonema)


Sri Rezeki (Agalonema) / McLean Florist


Jika dilihat dari namanya, maka terbayangkan keberuntungan dan rezeki yang berlimpah ketika Anda memilikinya. Ciri dari tanaman ini terletak pada daun yang memiliki corak warna hijau yang berbeda. Mulai dari agak terang, hingga adanya guratan hijau tua yang terlihat sangat jelas.

Semakin terlihat jelas warna yang muncul, ini diyakini akan semakin banyak keberuntungan yang akan datang kepada si pemiliknya. Agar tanaman sri rezeki bisa tumbuh semakin indah, cukup letakkan di tempat yang strategis di halaman rumah dan lakukan perawatan yang sewajarnya.


Baca Juga: Sehat dan Segar, Inilah 15 Jenis Tanaman Hias Gantung


13. Tanaman Lidah Mertua (Sansevieira)


Tanaman Sansevieira / Old Farmer's Almanac


Dalam ilmu feng shui, tanaman ini bisa menetralisir energy chi yang negatif. Tanaman ini akan sangat cocok jika ditanam di depan halama rumah, karena mampu menetralisir dan menyeimbangkan chi yang masuk ke dalam rumah.

Selain menjadi tanaman pembawa rezeki, pohon sansevieria juga dipercayai bisa menjadi obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diidap penghuni rumah.


14. Pohon Bambu Air


Bambu Air / amazon


Tanaman bamboo air juga dipercayai sebagai tanaman pembawa rezeki dalam ilmu feng shui. Meski fungsinya bukan menarik rezeki namun justru tanaman ini dipercayai untuk menyeimbangkan aliran chi dalam urusan rezeki. Selain di rumah, banyak pemiliki toko yang menempatkan tanaman bambu air di dalam tokonya agar dapat menarik banyak pengunjung. 


Baca Juga: Tanaman Hias Apa yang Cocok di Dalam Rumah?


15. Tanaman Bunga Mawar


Tanaman Bunga Mawar / Roma Decade


Mawar identik dengan simbol kasih sayang dan lambang hubungan cinta. Usut punya usut, bunga yang satu ini ternyata bisa mendatangakan keberuntungan berupa rezeki yang berlimpah jika di tanam di halaman rumah. Tak hanya rezeki yang bersifat materi saja, Anda juga akan diberkati dengan kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidup.

Sekarang Anda sudah mengetahui tanaman pembawa rezeki! Tanaman yang mana yang Anda sukai dan akan ditanam di halaman rumah?


Foto teaser: Masifill