Ketika berencana untuk mendekorasi ulang kamar kosan Anda, menambahkan tanaman hias bisa menjadi cara yang bagus untuk membawa warna dan suasana baru ke dalam ruangan. Kehadiran tanaman hias di dalam kamar kosan tidak hanya mempercantik dekorasi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produktivitas, meningkatkan suasana hati, dan membantu menjernikan udara. 


Akan tetapi, tidak semua tanaman hias cocok diletakkan di kamar kosan, lho! Tanaman hias dengan perawatan yang rendah adalah pilihan yang terbaik mengingat aktivitas sehari-hari Anda yang sibuk. 




Nah, berikut ini 6 tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok diletakkan di kamar kosan Anda. Check the list!


1. Lucky Bamboo (Dracaena sanderiana)


(Photo by Jean da Silva on Unsplash)


Lucky bamboo, atau Dracaena sanderiana, adalah salah satu jenis tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di kamar kosan. Pasalnya, tanaman hias ini lebih toleran terhadap cahaya yang terlalu sedikit daripada cahaya yang terlalu banyak. 


Tanaman bambu hoki dapat ditanam dalam pot dengan tanah yang terjaga kelembapannya, tetapi jangan sampai terlalu basah. Tanaman ini juga bisa ditanam di pot berisikan kerikil (batu hias) atau vas berisikan air —tetapi, pastikan air tidak mengandung klorin.


Bambu hoki menyukai suhu yang cenderung hangat. Oleh karena itu, hindari meletakkan tanaman ini di tempat yang terkena banyak angin, termasuk di depan AC atau di dekat jendela terbuka. 


Anda hanya perlu menyiram tanaman lucky bamboo setiap dua hari sekali untuk menjaga kelembapan tanahnya. Gunakan air kemasan atau air suling untuk menyiram tanaman bambu hoki, karena tanaman ini sangat sensitif terhadap klorin dan bahan kimia lain yang biasa ditemukan dalam air keran. 


Sementara itu, jika Anda menanamnya di vas air, maka gantilah air setiap minggu untuk mencegah tanaman bambu hoki terserang penyakit.


2. Succulent


(Photo by Tina Simakova from Pexels)


Jika Anda mencari tanaman hias kecil yang mudah dirawat dan dekoratif, succulent adalah pilihan yang tepat. 


Untuk menumbuhkan succulent yang sehat, Anda hanya perlu meletakkannya ditempat yang terkena sinar matahari penuh, seperti di dekat jendela kamar kosan. 


Menariknya, succulent tidak membutuhkan banyak air sehingga dapat bertahan hidup meskipun satu atau dua kali Anda lupa menyiraminya. Plus, ada ratusan jenis succulent yang berbeda untuk dipilih! 


3. Lidah mertua (Sansevieria)


(Photo by Kate Amos from Pexels)


Berbicara mengenai tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok diletakkan di dalam ruangan, tak lengkap rasanya jika tidak memasukan tanaman lidah mertua (Sansevieria) ke dalam daftar. 




Tempatkan tanaman lidah mertua di tempat yang terang, namun tidak menerima cahaya matahari langsung untuk pertumbuhan terbaik. Serta, berhati-hatilah untuk tidak menyiram tanaman lidah mertua terlalu banyak, karena akarnya cenderung mudah membusuk di tanah yang lembap.


Tanaman lidah mertua juga merupakan salah satu tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari, sehingga dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat. Kualitas inilah yang menjadikan tanaman ini ideal diletakkan di kamar kosan. 


4. Pothos (Devil’s ivy)


(Photo by Severin Candrian on Unsplash)


Pothos, atau dikenal juga sebagai Devil’s ivy, adalah jenis tanaman hias paling populer untuk diletakkan di dalam ruangan. Bagaimana tidak, tanaman hias ini tergolong tahan banting alias dapat bertahan berminggu-minggu tanpa air dan cahaya. Pothos dapat tumbuh baik dalam berbagai kondisi cahaya yang berbeda, dari cahaya rendah hingga sinar matahari penuh, dan sangat toleran terhadap kekeringan.


Meskipun begitu, agar tumbuh dengan baik letakkan tanaman Pothos di tempat yang terang dengan cahaya matahari tidak langsung, dan siram setiap minggu dengan air secukupnya, atau setiap kali tanah terasa kering.


Menurut studi udara bersih yang dilakukan oleh NASA, tanaman Pothos termasuk tanaman yang dapat menghilangkan polutan-polutan dari udara, sekaligus membantu menghilangkan bau tak sedap pada ruangan. Cocok diletakkan di kamar kosan, kan?


5. Philodendron Heartleaf


(bloomscape.com)


Sesuai dengan namanya, tanaman philodendron heartleaf memiliki bentuk daun yang unik, yakni berbentuk hati. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang tidak memerlukan perawatan ekstra dan dapat tumbuh dengan baik meskipun dalam kondisi pencahayaan rendah serta toleran terhadap kekeringan. Ini adalah pilihan tanaman hias yang bagus untuk kamar kosan Anda!


6. Lidah buaya


(Photo by J. Kelly Brito from Pexels)


Tanaman lidah buaya adalah jenis tanaman lainnya yang dapat diletakkan di dalam kamar kosan. Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh dan dirawat, serta dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Umumnya, tanaman lidah buaya harus dilengkapi dengan tingkat pencahayaan sedang hingga langsung jika memungkinkan.


Tanaman lidah buaya tahan terhadap kekeringan, sehingga tidak perlu sering disiram. Penyiraman yang berlebihan justru dapat menyebabkan pembusukan akar. Plus, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut, lho!





(Teaser: Photo by cottonbro from Pexels)