Banyak orang ingin memiliki taman yang dapat sepanjang tahun terlihat cantik dan segar, tetapi memikirkan estetika tidaklah cukup. Memiliki taman tidak seharusnya hanya sekadar sebuah dekorasi alami untuk rumah tetapi juga bisa dibuat sebagai perkebunan kecil untuk tanaman-tanaman yang dapat dimakan seperti sayur-sayuran, rempah, dan buah-buahan ataupun bunga.





Better Homes & Gardens

Menyiasati rooftop rumah untuk membuat sebuah kebun menjadi tempat yang pas jika ingin mendekorasi lahan yang cukup luas dan memanfaatkan area yang biasa dibiarkan kosong.


The New York Time Style Magazine: Singapore


Kali ini, CASA Indonesia akan membagi tips untuk membuat perkebunan kecil di atas rooftop yang dapat menghadirkan keasrian pada hunian dan juga berdampak baik terhadap lingkungan. 


1. Membangun sebuah ekosistem


HGTV

Masalah yang biasa dialami banyak orang dalam hal menanam kebun bukan karena tidak dapat merawatnya dengan baik tetapi karena pemilihan tanaman yang musiman. Menanam tanaman yang beragam yang dapat membangun sebuah ekosistem sepanjang tahun tidak hanya memberikan Anda pilihan bahan makanan yang beragam setiap bulannya tetapi juga dapat berdampak baik terhadap lingkungan. 


AD Middle East


Menanam tanaman yang bersiklus sepanjang tahun akan melewati proses yang saling berhubungan dari proses germinasi biji, tumbuhnya bunga, sampai layunya suatu bunga sebagai generator kompos yang dapat menyuburkan siklus pertumbuhan berikutnya.


The New York Times Style Magazine: Singapore


2. Menerapkan sistem modular 


Hôtel du Vieux Québec




Sistem modular kerap kali dikaitkan dengan urban farming, sistem ini bisa diterapkan pada rooftop karena dapat disesuaikan dengan lahan atau area yang ada. Pilihan untuk memproduksi makanan dan menumbuhkan tanaman untuk diri sendiri bertambah populer seiring berjalannya waktu. Sistem modular yang memperbolehkan tanaman bertumbuh kepada satu sama lain membuat taman Anda tidak memerlukan perawatan yang banyak. 


SCHONER WOHNEN

3. Manfaatkan material daur ulang


AD Middle East


Membuat sebuah kebun yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan menggunakan palet atau kayu bangunan yang biasa disingkirkan atau dibuang. Kayu palet dapat digunakan sebagai tempat berjalan dan sebagai alas pada lantai rooftop. Selain itu, kayu palet jika dibalikkan pada satu sisi dapat dijadikan sebagai wadah untuk kebun Anda. 


AD Middle East


4. Mengutamakan kecantikan alam


Melati Citrawireja / Berkeleyside

Membuat kebun biasanya akan terlihat polos jika hanya menanam sayur-sayuran yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin membuat kebun Anda penuh warna, tidak harus membeli beragam furnitur atau printilan yang dapat mempercantik rooftop Anda.


SCHONER WOHNEN

Tanamkan beragam pohon buah, seperti jeruk, lemon, dan jambu batu dan pilihan sayur-sayuran yang segar seperti tomat, wortel bayi, dan mentimun antara lain agar dapat memperoleh beragam warna yang cantik dan asri pada kebun Anda hanya dengan mengandalkan warna alami alam. 


Melati Citrawireja / Berkeleyside


Sumber teaser: Green and Vibrant
Teks oleh: Annika Fathma