Desain, ukuran dan letak suatu rumah biasanya merupakan ekspresi personal para pemiliknya. Ragam jenis dan tipe rumah ini yang menjadikan setiap rumah unik dengan karakternya masing-masing.

Salah satu tipe rumah yang juga unik adalah rumah dengan ukuran yang mungil atau sering disebut dengan istilah tiny house. Rumah mungil atau tiny house kini mulai populer karena segala kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkannya.

Kali ini, CASA Indonesia akan merekomendasikan 15 desain rumah mungil di Instagram yang bisa jadi inspirasi untuk Anda.




1. @adventure_abode

Tinggal di rumah yang mungil bukan berarti keseharian Anda akan terbatas karena area rumah yang sempit. Tinggal di rumah yang mungil justru akan menyadarkan Anda untuk hidup dengan lebih minimalis.



Christian Murillo (@adventure_abode)


Walaupun begitu, harus diingat bahwa hidup dengan minimalisme bukan berarti hidup dengan mengorbankan hal-hal yang Anda inginkan atau sukai. Hidup dengan minimalisme berarti hidup dengan lebih mementingkan hal-hal yang Anda perlukan.


2. @tinymissdollyonwheels

Memiliki rumah mungil bukan berarti Anda tidak bisa mengekspresikan diri melalui desain dan dekorasi pada rumah. Apabila Anda menyukai desain rumah yang airy, ceria dan dihiasi banyak tanaman, desain rumah mungil ini bisa jadi inspirasi Anda.



Tiny Miss Dolly On Wheels (@tinymissdollyonwheels)


Selain desainnya yang menarik, rumah mungil ini tidak berdiri secara langsung pada tanah melainkan pada roda. Rumah mungil dengan desain yang ceria ini dapat berpindah tempat dengan bantuan roda yang menopangnya.


3. @threetinyhams

Desain atap yang tinggi pada rumah mungil akan sangat membantu sirkulasi udara dan cahaya di dalam rumah. Atap yang tinggi juga dapat membuat rumah menjadi terkesan lebih luas dan lega.



Cunningham Fam & Home (@threetinyhams)


Selain itu, atap yang tinggi pada rumah mungil juga dapat dimanfaatkan untuk membangun area kamar tidur. Penempatan kamar tidur pada bagian atas rumah akan menambah kesan ruangan menjadi lebih private.


4. @tiffany_the_tiny_home

Tinggal di rumah mungil bukan berarti hidup dengan segala macam keterbatasan. Anda yang hobi memasak masih bisa memiliki dapur yang cukup luas dengan peralatan dapur yang lengkap.



Tiffany (@tiffany_the_tiny_home)


Hal ini dapat Anda wujudkan dengan perencanaan penempatan barang dan pemanfaatan ruangan yang compact dan matang.


5. @tinyhousemovement

Walaupun berukuran mungil, bukan berarti rumah mungil tidak bisa memiliki kesan yang mewah. Anda dapat menjadikan desain rumah mungil ini sebagai inspirasi untuk menghadirkan kesan yang mewah pada rumah mungil Anda.



Brian & Laura (@tinyhousemovement)


Rahasia terpenting dalam menciptakan kesan yang mewah adalah pemilihan material yang hendak digunakan. Setelah memilih material yang tepat, Anda dapat menyesuaikan desain dengan selera hati Anda.


6. @tinyhousebasics

Memasang banyak jendela dan kaca pada rumah mungil Anda akan menghadirkan nuansa yang lebih luas dan hidup. Pemandangan luar yang dapat dilihat melalui jendela akan menghadirkan kesan yang lebih luas sekaligus lebih segar.



Tiny House Basics (@tinyhousebasics)


Jendela dan kaca juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber cahaya alami yang dapat menghadirkan kesan lebih hidup pada rumah mungil Anda. Tidak hanya itu, menerima pencahayaan secara alami berarti Anda juga dapat menghemat pemakaian lampu.


7. @mauka_to_makai_rv_renovations

Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan pada suatu rumah mungil adalah tempat penyimpanan. Pemanfaatan lemari yang built-in akan sangat membantu keperluan penyimpanan.



RV Renovations & Van Builds (@mauka_to_makai_rv_renovations)


Lemari penyimpanan ini dapat terletak di tengah ruangan sebagai sekat atau tersembunyi pada bagian lantai atau di bawah tangga.


Baca juga, Tiru 5 Cara Menyimpan Barang untuk Rumah Kecil


8. @girlinatinyhouse

Inspirasi desain yang ini akan pas untuk Anda yang menyukai rumah dengan nuansa yang natural. Pemanfaatan kayu dan warna-warna alami pada rumah mungil ini berhasil menghadirkan kesan yang homey dan nyaman.



Ashlee’s Tiny House (@girlinatinyhouse)


Selain menghadirkan kesan yang homey dan nyaman, desain rumah mungil ini juga termasuk sederhana dan timeless sehingga tidak akan terlihat tertinggal zaman.


9. @midwestwanderers

Compact, itulah kata yang pas untuk mendeskripsikan sebuah rumah mungil. Salah satu hal terbaik dari rumah mungil adalah fakta bahwa semua yang Anda butuhkan hanya berjarak beberapa langkah saja.



Luke & Rachel (@midwestwanderers)


Sifat rumah mungil yang compact ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan praktis..


10. @moderntinyliving

Hidup secara modern dengan rumah yang mungil? Bisa! Anda dapat tetap hidup dengan cara yang modern di dalam sebuah rumah yang mungil.



Modern Tiny Living™(@moderntinyliving)


Pemanfaatan peralatan canggih nan modern dapat tetap dilakukan di dalam sebuah rumah yang mungil. Ukuran rumah yang mungil justru akan membuat rumah dengan fitur-fitur yang modern menjadi lebih efisien.


Baca juga, Rumah Kecil Terasa Besar? Bisa! Ini 12 Triknya


11. @tinyhavenspaces

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, tinggal di rumah yang mungil berarti selalu berada dekat dengan keluarga Anda.



Tiny Haven Spaces (@tinyhavenspaces)


Keakraban dan keharmonisan yang tercipta dalam rumah yang mungil akan membuat rumah menjadi lebih hangat dan nyaman.


12. @westcoasttinyhome

Rumah mungil juga bisa pet-friendly! Walaupun area rumah cenderung terbatas, Anda tetap dapat mengajak hewan peliharaan Anda untuk bermain dengan memanfaatkan area luar rumah yang luas.



Amy & Craig (@westcoasttinyhome)




Rumah mungil yang biasanya terletak tidak berdampingan dengan rumah lain memungkinkan Anda untuk memiliki halaman yang luas.


13. @belafish

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah mungil cenderung memiliki halaman luar yang cukup luas. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat teras sebagai outdoor extension dari rumah mungil Anda.



Bela Fishbeyn (@belafish)


Anda dapat memanfaatkan material kayu untuk lantai teras. Kayu adalah material yang kuat menahan cuaca dan akan mendatangkan nuansa yang nyaman dan alami.


14. @oddlifecrafting

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, rumah mungil dapat dibuat dengan memanfaatkan sebuah kontainer.



Duca & Ro? (Eduardo e Roberta) (@oddlifecrafting)


Ukurannya yang pas dan harganya yang cenderung lebih terjangkau menjadikan kontainer sebagai win-win solution.


15. @dreambiglivetiny

Sebuah rumah mungil dapat terlihat luas dengan penataan interior yang tepat. Tidak hanya itu, pemilihan warna perabotan juga dapat membuat rumah terlihat dan terasa lebih luas.



Dream Big Live Tiny® Co. (@dreambiglivetiny)


Warna-warna dengan nada yang lebih terang akan membantu mewujudkan kesan rumah mungil menjadi lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.


Sumber teaser: torahomedecor.com
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara