Dalam menjalani kehidupannya, manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan asupan makanan.

Terdapat berbagai jenis makanan dari berbagai penjuru dunia. Masing-masing memiliki cita rasa yang khas, yang memberi kesan tersendiri bagi setiap orang yang menyantapnya.

Diolah dengan tangan-tangan terbaik, makanan-makanan tersebut berhasil menjadi buah bibir para penikmat kuliner di dunia. Beberapa di antaranya adalah:


1. Seafood Paella, Spanyol



Dok. La Tienda


Merupakan hidangan khas Valencia, Spanyol, Seafood Paella memiliki cita rasa khas pesisir yang unik. Seafood Paella terdiri dari kerang, kepiting, udang dan beberapa sayuran sebagai pelengkap. Di beberapa wilayah, Paella juga dikombinasikan dengan potongan daging ayam, babi, bebek, bahkan sosis.


2. Bruschetta, Italia



Dok. Daily Mail


Salah satu kudapan terbaik asal Italia ini terdiri dari bahan-bahan yang cukup sederhana. Bruschetta terdiri dari potongan-potongan roti panggang yang disajikan dengan taburan tomat cincang, bawang putih, oregano dan minyak zaitun


3. Hainan Chicken Rice, Singapura



Dok. Sorted


Hainan Chicken Rice merupakan makanan khas Singapura. Nasi beraroma kaldu dengan topping ayam di atasnya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut di Singapura, dari pusat jajanan sederhana hingga restoran besar, bahkan hotel-hotel mewah.


4. Arepas, Venezuela



Dok. Serious Eats / J. Kenji Lopez-Alt


Makanan khas Venezuela yang terbuat dari tepung jagung, dengan isian yang dapat disesuaikan. Arepa dapat diisi dengan ayam, tuna, sapi dengan kombinasi keju dan telur. Bila ingin lebih sehat, Arepa dengan kreasi buah-buah juga terdengar mengasyikan. Favorit Anda yang mana?


Baca juga, Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya


5. Peking Duck, Tiongkok



Dok. Lake Geneva Country Meats


Bagi sebagian besar orang tionghoa, bebek merupakan lambang kesetiaan dan kasih sayang. Tak heran, hidangan bebek panggang peking ini selalu hadir dalam acara-acara besar orang tionghoa seperti pernikahan, imlek, atau makan-makan besar keluarga.


6. Tom Yum Goong, Thailand



Dok. Zliving / Shutterstock




Menilik sejarah nama Tom Yum, Tom mengacu pada proses merebus, dan Yum merujuk pada salad asam pedas khas Thailand. Tom Yum Goong merupakan sebuah sup hangat berisi udang dengan perpaduan sayur dan bumbu rempah khas Thailand, menghasilkan cita rasa unik yang dapat di terima dunia.


7. Poutine, Kanada



Dok. Taste


Bukan kentang goreng biasa, Poutine merupakan kentang goreng bertabur potongan keju yang meleleh bersama saus panas kental berwarna cokelat. Awalnya hidangan Poutine hanya terdapat di wilayah Quebec, Kanada. Namun, kini banyak gerai-gerai fastfood di seluruh Kanada yang menyajikan makanan ini.


8. Pastel de Nata, Portugal



Dok. Ingamba


Pastel De Nata ditemukan pada abad ke-18, oleh para biarawan di Biara Jeronimos di Santa Maria de Belem, Lisbon, Portugal. Pada waktu itu, biarawan menggunakan sejumlah besar putih telur untuk membalut pakaian, seperti kebiasaan biarawati. Lalu kuning telur yang tersisa digunakan untuk membuat kue.


Baca juga, Seram dan Seru! Ayo Coba 8 Makanan Bertemakan Halloween


9. Pierogi, Poland 



Dok. Jennycancook


Pierogi terbuat dari adonan tepung yang digulung tipis dengan isi yang beraneka ragam, mulai dari yang popular berisi daging babi, sapi, atau ayam, hingga Piergo vegetarian yang berisi jamur dan kol. Makanan ini cocok menjadi hidangan pembuka sebelum makan berat. Untuk musim panas, Pierogi biasanya diisi dengan buah-buahan manis, seperti strawberry untuk kesegaran .


10. Ramen, Jepang 



Dok. Japan Info


Siapa yang tak kenal dengan mie asal negeri sakura ini? Kelezatan mie berkuah khas Jepang ini terkenal di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Keistimewaannya ada pada tekstur mie yang elastis, dan kuah kaldu yang menjadi ciri khasnya.


11. Souvlaki, Yunani



Dok. Theblackpeppercorn


Sate tusuk dari Yunani! Mungkin dapat dikatakan seperti itu. Souvlaki merupakan potongan-potongan daging yang dipanggang dalam tusukan sate dengan balutan bumbu rempah tradisional. Souvlaki merupakan makanan yang cukup popular di Yunani.


12. Chicken Tandoori, Pakistan



Dok. Food & Wine / Marcus Nilsson


Chicken Tandoori merupakan makanan yang cukup populer di Pakistan dan India. Ayam berbalut yogurt dan rempah ini biasa disajikan pada pesta-pesta pernikahan, acara kumpul keluarga, dan acara besar lainnya. Secara tradisional, Ayam Tandoori disiapkan dalam sebuah oven tanah liat yang disebut tandoor, dimana arang atau kayu digunakan sebagai pemanas. Hal itu yang membuat Tandoori memiliki rasa yang identik


Teks oleh Edwin Hartanto

Foto teaser: Bruschetta asal Italia / Dok. Daily Mail