Sedang mencari inspirasi ruang makan minimalis untuk hunian Anda? Dengan bentuk rumah yang semakin mengecil, pentingkah sebuah meja makan di sebuah rumah? Jawabannya adalah penting!


Sejak dulu, ruang makan menjadi tempat yang mempererat keluarga. Di saat seluruh keluarga terkumpul di satu meja dan bisa saling berbagi cerita. Konon, meja makan dianggap sebagai saksi bisu dari seluruh cerita dari sebuah keluarga, terutama jika meja makan itu diwariskan ke keturunan berikutnya. 


Terkadang, keterbatasan area di apartemen membuat masyarakat menjadikan sofa sebagai pengganti ruang makan. Sesuai riset, makan sambil menonton televisi mampu menyebabkan obesitas dan interaksi antar anggota keluarga yang semakin menurun. Maka, pastikan Anda menyediakan meja makan.


Terutama bagi yang memiliki anak kecil, karena ini sekaligus mendidik mereka untuk makan bersama di ruang makan. Jika dirasa area yang tersedia terlalu kecil dan membosankan, aplikasikan keramik dinding bermotif menarik, lukisan, dan sentuhan flora. Pilih warna yang terang agar ruangan terlihat lebih luas.


Simak 12 desain ruang makan minimalis yang bisa Anda aplikasikan di rumah agar keluarga semakin akrab dan harmonis:


1. Pintu geser untuk akses antar taman dan ruang makan

Memiliki taman hijau bisa menjadi pemandangan yang indah sembari menyantap hidangan bersama keluarga. Jangan biarkan keindahan tersebut dan udara sejuk terhenti begitu saja dengan jendela dan pintu kecil.


Maksimalkan dengan sliding door besar, bahkan hingga 2 meter. Pastikan gunakan kusen dan rel yang kuat untuk memegang lembaran kaca yang besar. 


12 Ruang Makan Minimalis

Ryan Leidner / Mariko Reed


2. Ruang makan yang berintegrasi

Efisiensi penggunaan ruang dapat dimaksimalkan dengan membagi satu ruang menjadi dua area, yaitu area untuk makan serta ruang televisi untuk bersantai. Begitu pula dengan pencahayaan alami dapat dioptimalkan dengan bukaan jendela luas menghadap taman. 

Sedangkan artificial lighting juga akan lebih efisien dengan menerapkan lampu spotlight dengan track line. Fitur ini membantu Anda untuk mengatur posisi lampu sesuai kebutuhan di antara kedua area di ruang.


12 Ruang Makan Minimalis

CO-AP / Murray Fredericks


3. Ruang makan yang mungil

Desain ruang makan pada hunian dengan lahan terbatas dapat diciptakan tanpa harus terasa sempit. Dengan bukaan yang serba lebar dan rancangan tangga yang unik, ruang makan berukuran mungil dapat menjadi lokasi favorit bagi keluarga untuk berkumpul.



4. Tips menjadikan dapur terasa bersih dan alami namun tetap berkarakter


Warna putih dan elemen kayu merupakan dua formula yang telah terbukti dapat menghadirkan kesan bersih dan alami, khususnya pada dapur. Sementara untuk membuatnya lebih berkarakter, Anda dapat memanfaatkan pola garis geometris yang diwujudkan melalui bentuk frame lampu maupun profil kayu.


12 Ruang Makan Minimalis

Techne Architects / Tom Blachford


Jangan lupa untuk menempatkan cermin dan jendela besar sehingga area dapur memiliki akses cahaya yang cukup serta berfungsi sebagai ventilasi saat dibutuhkan. Dan terakhir, gunakanlah furnitur dengan bentuk yang minimalis namun tetap nyaman saat digunakan.


5. Desain island table yang unik

Desain island table pada dapur yang ideal perlu dapat untuk mengakomodasi fungsi, seperti penyimpanan, persiapan memasak serta penyajian. Agar membuat island table lebih menarik, rancang struktur kaki meja secara menyilang sebagai penyimpang ruang agar ruangan tidak terasa terlalu penuh.


12 Ruang Makan Minimalis

Whiting Architects / Derek Swalwell


6. Ruang makan di bawah tangga

Papan kayu menjadi material utama dalam membagi volume ruang menjadi dua lantai. Kayu tersebut diterapkan pada tangga yang secara langsung terhubungkan dengan attic di lantai dua serta lemari kabinet dan island pada area dapur di lantai satu.


12 Ruang Makan Minimalis



Christopher Polly Architect / Brett Boardman Photography


7. Jadikan suasana makan menjadi menyenangkan di sebelah taman

Lahan merupakan salah satu pertimbangan dalam membangun rumah idaman. Untuk lahan terbatas, konsep minimalis bisa menjadi opsi terbaik bagi hunian. Desain jenis pintu dapat menentukan bukaan ruang yang diinginkan. Pintu lipat atau geser merupakan alternatif untuk bukaan lebar yang memberi koneksi antara ruang dalam dan halaman belakang.


12 Ruang Makan Minimalis

Metamoorfose Studio


8. Tips memilih meja makan yang tepat

Sesuaikan furnitur dengan kebutuhan dan ukuran ruang. Bagi yang memiliki keluarga besar atau sering mengundang kerabat, meja makan berkapasitas 8-10 orang mungkin dirasa cukup untuk waktu berkumpul bersama.


Umumnya, meja makan berkapasitas 10 orang mencapai 120 x 215 cm. Jarak ideal untuk sekitar meja makan adalah minimal 120 cm, maka jangan letakkan furnitur lain ataupun dinding pada jarak tersebut. Clearance area ini adalah jarak nyaman orang bergerak serta membuat proporsi ruangan terlihat lebih elegan.


12 Ruang Makan Minimalis

Arsitek Felipe Gonzales, Desainer Interior Biombo Architecture & Interiors / Stylist: Tami Christiansen / Sheila Man dari Bali Interiors


Baca juga, 5 Meja Makan Kayu Minimalis Paling Gaya


9. Dekorasi ruang makan yang personal

Ingin memajang lukisan secara abstrak, namun bingung caranya? Memasang lukisan dengan ragam ukuran memang seperti bermain puzzle dan memberi tantangan.


Langkah utamanya adalah dengan memasang lukisan berukuran besar terlebih dahulu, lalu iikuti dengan dua bingkai yang diletakkan di sekitarnya. Jadikan lukisan besar sebagai panduan utama. Kreasikan penataan lukisan kreatif ini dengan bentuk bingkai lukisan yang berbeda-beda. Jarak antar lukisan bisa sekitar 2-3 cm.


12 Ruang Makan Minimalis

Kasia B?dzi?ska


Baca juga, Cara Menyusun Bingkai di Dinding Yang Rapi dan Cantik


10. Memilih karpet untuk ruang makan

Untuk menambah kesan hangat, gunakan karpet bermotif di tengah-tengah ruang makan. Ruang makan yang terdiri dari meja dengan beberapa kursi yang mengitarinya, merupakan fokus utama dalam memasang karpet di dalamnya. Karpet yang cocok untuk digunakan dalam ruang makan adalah karpet yang mampu menampung ruang bagi meja dan kursi-kursinya.

Jadi jangan terlalu kecil dalam memilih ukuran karpetnya, agar suasana hangatnya yang terbangun dapat dirasakan sata sedang bersantap bersama keluarga.


12 Ruang Makan Minimalis

Ashley Marti


Baca juga, Siasat Dalam Memilih Karpet Lantai Untuk Dekorasi Ruang


11. Furnitur di ruang makan yang menyambung hingga ke tangga

Optimalkan ruang dengan merancang tangga sekaligus furnitur built-in yang terletak di sepanjang samping jendela. Furnitur ini bisa difungsikan sebagai sofa dan laci di ruang makan. Kitchen set berwarna hitam memberikan aksen di antara interior ruang makan yang bernuansa lembut.


12 Ruang Makan Minimalis

Haptic Architects / Inger Marie Grini


12. Meja makan untuk 5 orang

Anda akrab atau mempunyai rumah lama dengan struktur ruang memanjang ke belakang serta halamannya? Ya, bangunan rumah seperti itu memang akrab kita temui di tahun 1970 sampai 1980-an. Apabila Anda ingin merenovasi agar tampilannya lebih modern, berikan sentuhan desain dengan warna-warna monokrom serta pemilihan material yang bernuansa alam.


Pemakaian lantai terrazzo, cabinetry pada dapur yang minimalis, serta pemilihan furnitur bergaya skandinavia dapat memberikan wajah baru bagi hunian tanpa menghilangkan nilai asli bangunannya.


12 Ruang Makan Minimalis

Architecture for London / Christian Brailey


Foto teaser: Mande Austriono dari Dform / Kiearch