Tampaknya, memasang air conditioner atau pendingin ruangan dinilai menjadi solusi terbaik untuk membuat rumah terasa lebih sejuk dan adem di kala cuaca sedang panas. Padahal, hal ini bukanlah sepenuhnya solusi terbaik karena tidak ramah lingkungan dan menggunakan banyak energi listrik. 


Nah, tahukah Anda kalau ternyata menanam pohon peneduh di sekitar rumah dapat menjadi solusi terbaik membuat rumah adem dan sejuk, tetapi tetap hemat listrik dan ramah lingkungan. Pohon peneduh dapat menghalau sinar matahari yang bisa membuat rumah terasa lebih adem. 





Berikut ini beberapa jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di rumah untuk membuat rumah terasa lebih teduh dan adem, terutama saat cuaca panas. 


1. Pohon pucuk merah


(Commons Wikimedia. Photograph taken by Wagino)


Bagi Anda yang gemar berkebun atau bercocok tanam, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pohon berdaun merah ini, atau dikenal sebagai pohon pucuk merah. Pohon ini dapat tumbuh dengan diameter hingga 30 cm dan tinggi mencapai 7 meter, yang siap membuat halaman di rumah Anda menjadi teduh, rimbun dan asri. Selain itu, warna merahnya yang cantik dapat memperindah halaman rumah Anda, yang tentu saja bisa memanjakan mata saat melihatnya. 


2. Pohon kersen


(urbantropicals.com)


Anda pasti sudah sangat familiar dengan pohon peneduh yang satu ini, pohon kersen. Pasalnya, pohon kersen sangat mudah ditemukan, termasuk di tepi-tepi jalan. Daunnya yang lebar dan rimbun membuat pohon ini sudah pasti akan membuat rumah Anda terasa lebih teduh dan sejuk. Tinggi pohon kersen ini bisa mencapai 12 meter. Menariknya, pohon kersen memiliki buah berwarna merah menyerupai ceri yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 


Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, pohon kersen juga bisa menjadi pilihan pohon peneduh yang tepat karena dapat tetap tumbuh subur meskipun tidak diberi pupuk dan disiram setiap hari.  


3. Pohon mangga


(sowexotic.com)


Memiliki rumah yang lebih teduh, asri, dan bisa memanen buah tentu sangat menyenangkan, bukan? Itulah yang akan Anda dapatkan jika menanam pohon mangga di rumah. Tinggi pohon mangga bisa mencapai 10 meter, dengan daun berukuran panjang, berjumlah banyak, dan rapat satu sama lain. Tak heran jika pohon ini bisa menjadi pilihan pohon peneduh terbaik untuk ditanam di halaman rumah. 


Perawatan pohon mangga tidak boleh diabaikan, karena pohon yang tidak dirawat dengan baik sangat mungkin terserang hama dan penyakit, serta tidak akan menghasilkan buah yang nikmat. 


4. Pohon tabebuya


(Picture by: Jess Hannum (@love2snap) On Instagram)




Pohon peneduh rumah berikutnya yang wajib masuk ke dalam daftar adalah pohon tabebuya, atau pohon terompet emas. Bahkan kebanyakan orang menyebut pohon ini mirip dengan bunga sakura di Jepang. Pohon tabebuya termasuk kategori pohon besar karena tingginya yang bisa mencapai 8 meter, dan dapat tumbuh dengan baik di wilayah tropis maupun sub tropis.


Apabila Anda menginginkan rumah yang lebih teduh dan asri, sekaligus memiliki halaman rumah yang terlihat cantik, pohon peneduh tabebuya bisa menjadi pilihan yang tepat. Bunga dari pohon peneduh ini sangat rimbun dan terdiri dari berbagai warna, seperti kuning, pink, ungu, dan putih. 


5. Pohon tanjung


(National Parks Singapore)


Anda mungkin sudah sering melihat pohon peneduh yang satu ini di pinggir jalan-jalan besar. Tetapi tahukah Anda, kalau ternyata Anda juga bisa menanamnya di halaman rumah, lho, terlebih jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas. Pohon peneduh ini memang terkenal karena dapat membuat suasana rumah terasa lebih sejuk dan teduh. Tinggi pohon tanjung bisa mencapai 15 meter. 


Selain bisa membuat rumah lebih teduh dan sejuk, menanam pohon tanjung di halaman rumah juga diklaim ampuh menangkal persebaran nyamuk Aedes aegypti yang berbahaya bagi kesehatan, yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Jika Anda memutuskan untuk menamam pohon peneduh ini, Anda tidak perlu khawatir tumbang saat tertiup angin kencang. Ini karena batang dan ranting pohon tanjung dinilai cukup tebal, yang membuatnya tidak mudah patah dan tumbang. 


6. Pohon Angsana


(National Tropical Botanical Garden)


Sama seperti pohon tanjung, pohon angsana juga termasuk pohon peneduh yang banyak ditanam di pinggir jalan-jalan besar. Namun, Anda juga bisa menanamnya di halaman rumah. Jika dirawat dengan baik, tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter, sehingga sebaiknya ditanam di halaman rumah yang cukup luas. Bunganya yang berwarna kuning akan membuat halaman rumah Anda tampak lebih cerah dan cantik. Daun pohon angsana yang rapat satu sama lain akan membuat rumah Anda lebih teduh, adem, dan terlindungi dari teriknya sinar matahari. 


7. Pohon ketapang kencana


(bibitonline.com)


Jika Anda memiliki halaman rumah terbatas, pohon peneduh ketapang kencana mungkin bisa menjadi pilihan. Hal ini lantaran, pohon ketapang kencana memiliki batang ramping, lurus, berdiameter kecil, dan  tumbuh memanjang ke samping membentuk kanopi. Pohon ketapang kencana dapat tumbuh hingga 20 meter. Selain bisa meneduhkan halaman rumah Anda, bentuk pohonnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang bisa mempercantik eksterior hunian Anda.




(Teaser: Timothy Eberly on Unsplash)