Kamar tidur merupakan salah satu ruangan esensial di dalam rumah. Bagaimana tidak, setelah seharian beraktivitas, kamar tidur menjadi area privat untuk melepas rasa lelah dan beristirahat. Inilah mengapa, hampir semua orang memerhatikan desain kamar tidur dengan baik agar terasa lebih nyaman. 


Lantas, bagaimana dengan desain kamar tidur dengan konsep lesehan? Desain kamar tidur seperti ini tidak kalah nyaman dan bisa tetap terlihat estetik, lho. Ini juga cocok diterapkan di ruangan yang tidak terlalu luas. Berikut ini beberapa desain kamar tidur lesehan yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah. 


Kamar tidur lesehan ala Korea

(hitomi (@hichon) on instagram)


bagi anda penggemar k-drama, pasti sudah sering melihat kamar tidur ala drama korea berkonsep lesehan. biasanya didominasi furnitur bermaterial kayu, yang terlihat pada penggunaan nakas atau rak kayu. gunakan warna cat dinding putih atau krem agar tampak serasi dengan furnitur kayu yang ada. anda bisa menambahkan cermin besar seukuran tubuh yang bisa menciptakan efek ruangan lebih luas, tanaman hijau, dan karpet lembut agar kamar tidur lesehan terasa semakin nyaman dan estetik. 


kamar tidur lesehan gaya japandi


(suffolk home stylist (@sonya_the_home_stylist) on instagram)


kamar tidur bergaya japandi memang tengah menjadi tren dan dianggap bisa menjadi solusi untuk luas ruangan minim pada rumah mungil. japandi adalah gabungan konsep interior space-saving ala japanese dan fungsionalitas khas scandinavian. untuk menghadirkan kamar tidur lesehan bergaya japandi, aplikasikan warna-warna natural dengan furnitur lightwood atau rotan yang bisa membuat suasana rileks, hangat, dan clean. tambahkan tanaman hijau di sudut ruangan yang akan membuat ruangan terasa lebih hidup, asri, menarik, dan sejuk. 


kamar tidur lesehan bernuansa earth tone


(ilovelinen.com.au)


tampaknya ditahun ini, warna-warna earth tone masih akan diminati oleh banyak orang. anda bisa menerapkan warna-warna earth tone pada dinding atau sprei di kamar tidur lesehan. gunakan karpet berwarna nude dengan motif geometris sebagai alas tempat tidur lesehan yang akan membuat kamar tamu lesehan anda terasa semakin hangat dan nyaman. 


kamar tidur lesehan bergaya minimalis


(sofia m. (@saorimarinne) on instagram)




bagi anda yang lebih menyukai desain kamar tidur yang simple dan nyaman, kamar tidur lesehan bergaya minimalis mungkin bisa menjadi pilihan. ide desain kamar tidur ini tidak mengutamakan penggunaan furnitur yang berlebihan. anda cukup menggunakan furnitur sederhana berupa rak gantung dan laci. jika anda memiliki luas ruangan yang sedikit lebih besar, anda bisa menambahkan nakas di sisi tempat tidur. 


kamar tidur lesehan multifungsi

(the minimalist society (@theminimalistsociety) on instagram)


kamar tidur lesehan memang bisa menjadi solusi untuk luas ruangan terbatas pada rumah mungil. untuk semakin memaksimalkan fungsi kamar tidur, anda bisa menerapkan desain kamar tidur lesehan yang multifungsi. disebut multifungsi karena penggunaan tingkatan lantai kayu yang menyerupai panggung mini untuk meletakkan kasur dan sekaligus menjadi tempat penyimpanan (storage). meskipun tidak sepenuhnya berada di lantai, namun kesan lesehannya masih sangat terasa, kok. 


kamar tidur lesehan menggantung


(anthropologie.com)


Jika Anda tidak ingin benar-benar berada di lantai, namun tetap terasa lesehannya, hanging bed atau tempat tidur menggantung bisa menjadi pilihan tepat. Ini juga akan menambah kesan unik pada kamar tidur Anda. Buat rendah tinggi hanging bed agar suasana lesehannya semakin terasa, lebih nyaman, dan lebih aman. 




(Teaser: Dmitry Zvolskiy on Pexels)