Berbeda dengan dinding di area rumah lainnya, dinding kamar mandi lebih sering terkena siraman air. Itulah mengapa, Anda tidak bisa menyamakan material dinding kamar mandi dengan dinding area rumah lainnya. Salah dalam memilih material dinding kamar mandi bisa menyebabkan munculnya masalah kelembapan, misalnya dinding berjamur. Material dinding kamar mandi haruslah yang tahan air, kuat, serta tahan jamur dan lumut. 


Untuk itu, berikut ini lima pilihan material untuk dinding kamar mandi terbaik. Catat, ya!





1. Wallpaper vinyl 


Wallpaper vinyl tahan air adalah salah satu pilihan material yang lebih baik untuk dinding kamar mandi. Pasalnya, wallpaper vinyl mampu bertahan di tempat yang memiliki kelembapan cukup tinggi, seperti kamar mandi. Ini juga adalah jenis wallpaper yang dinilai paling tahan lama. Dan, terdapat banyak motif yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep interior kamar mandi rumah Anda. Motif vertikal pada wallpaper vinyl akan membuat ilusi kamar mandi terlihat lebih tinggi, sementara motif horizontal pada wallpaper vinyl akan membuat ilusi kamar mandi lebih lebar. 


2. Ubin keramik dan glass tile


(Desainer Interior: Muhly Studio / Ann Edgerton (@muhly.studio @annedgerton)


Ubin keramik dan glass tile adalah pilihan klasik (dan terbaik) untuk material dinding kamar mandi. Dengan ubin keramik dan glass tile, asalkan diterapkan dengan benar, kelembapan tinggi tidak akan menjadi masalah. Jadi, itu akan sangat cocok diaplikasikan pada dinding kamar mandi. Untuk tampilan yang tidak monoton, Anda bisa memilih ubin keramik bermotif atau berwarna, dan glass tile dengan warna-warna cerah sebagai dinding kamar mandi Anda. 


3. Beadboard


(Photo by Rumah Aila (@rumah_aila))


Seperti yang diperhatikan, bagian bawah dinding kamar mandi menjadi bagian yang paling sering terkena siraman air—jadi masalah kelembapan paling utama. 


Bearboad yang biasanya hanya dipasang pada sebagian dinding bawah kamar mandi menjadi pilihan material yang paling baik karena dinilai cukup tahan air. Anda dapat melapisi beadboard dengan car semi-gloss atau glossy, yang secara menyeluruh dapat melindungi bagian bawah dinding dari kelembapan. 


Beadboard sangat cocok Anda aplikasikan untuk semua konsep interior kamar mandi, baik itu kamar mandi bergaya tradisional ataupun modern. Itu akan memberikan tampilan klasik ala cottage house pada kamar mandi Anda. 




4. Stone tile

(Photo & Desainer Interior: @liumudesign)


Satu lagi pilihan material yang paling baik untuk dinding kamar mandi, yaitu stone tile. Tekstur batu yang unik pada stone tile akan memberikan kesan mewah ke dalam kamar mandi Anda. Ini juga sangat kuat, tahan air, dan tahan lama. 


5. Plywood


(Photo by Felipe Fontecilla / Arsitek: Ampuero Yutronic)


Plywood adalah material yang tidak terlalu tebal namun kokoh, menjadikannya pilihan menarik buat panel dinding kamar mandi. Jika ingin diterapkan di area kamar mandi yang sering terkena siraman air, sebaiknya teliti memilih jenis plywood yang tepat, yaitu Marine Plywood. Ini memang bukan tipe plywood yang waterproof, namun cocok untuk ruangan yang cenderung memilki kelembapan tinggi seperti kamar mandi. 






(Teaser Photo by The Palm Co Design (@the.palm.co) / Desainer Interior: Bone Made (@_bonemade))