Sudah ada rencana untuk terbang ke Korea Selatan tahun Ini? jika iya pastikan kota Busan masuk ke dalam destinasi perjalanan Anda. Selama perjalanan akan disuguhi pemandangan gunung dan lautan.


Kegiatan seru yang bisa dilakukan salah satunya cafe hopping, berkunjung ke kafe yang sedang populer di Busan dan instagrammable. Berikut 5 kafe yang wajib dikunjungi sambil menikmati panorama kota Busan. Selamat mencoba!





1. Cafe Coralani 


@cafecoralani


Ramai didatangi pengunjung, kafe 4 lantai ini menawarkan pemandangan 180 derajat pantai busan yang berlokasi di pesisir Gijang-gu. Memilih konsep arsitektur brutalis dan asimetris, Cafe Coralani menjadi pemenang Busan Architecture 2022. 



Identik dengan warna putih dan biru memberikan kesan seperti berada di Santorini, terlebih dengan pemandangan pantai Busan. 



@cafecoralani


Setiap lantainya memilki fungsi seating area yang berbeda seperti anak tangga dengan platform kayu dipenuhi dengan beanbag biru cocok untuk menikmati sea view sedangkan untuk indoor menyediakan berbagai sofa nyaman dan ruangan khusus tanpa alas kaki. 



@cafecoralani


Kopi Salt Coral dan Salt Bread adalah menu signature mereka yang wajib dicoba memiliki rasa gurih yang unik. Selain itu, ada dessert manis kesukaan setiap pengunjung yang datang kesini yaitu strawberry pies dan apple pies. 


Alamat: Cafe Coralani, 32 Gijanghaean-ro, Gijang-eup, Gijang-gun, Busan


Baca juga, 5 Restoran di Korea Selatan Yang Paling Instagrammable


2. Tide Coffee Roasters


@tide_coffee_roasters


Tide Coffee Roasters menawarkan ambience yang tenang sembari meminum kopi racikannya yang berhadapan langsung dengan pantai Haundae. Aroma kopi yang kuat berasal dari roaster di meja bar menyelimuti udara di ruangan. 



Interior kafe terlihat classic dengan pencahayaan yang minim terisi beberapa art pieces dan pemutar Vinyl yang bisa dimainkan di sisi ruangan. 


Kafe ini terletak di dalam loft lantai 2, Anda dapat menikmati sunset di sore hari saat duduk di tepi kaca namun setiap hari selasa akan tutup.



@tide_coffee_roasters


Spesialis dalam mengolah kopi, semua menu yang disajikan langsung diolah dari bijinya menyesuaikan dengan rasa pahit atau asam. Bagi Anda yang tidak menyukai kopi bisa mencoba Lemongrass Vanilla Bean Ade dan Peach Rooibos penuh dengan kesegaran dari soda dan buah. 


Alamat: Tide Coffee Roaster, 53 Tide, Dalmaji-gil 62beon-gil, Haeudae-gu, Busan


3. Caffeine Charger


@caffeinecharger


Kali ini, berada di kawasan Gwangalli, puluhan kafe tersebar di sepanjang jalan yang menghadap ke pantai Gwangan. Namun, caffeine charger memberikan konsep berbeda yaitu Italiano espresso bar menyediakan kopi maupun wine. 





@caffeinecharger


Saat pertama kali masuk, Anda akan merasakan tiupan angin dari luar, kafe tanpa kaca ini tidak direkomendasikan saat musim dingin. Desain dari Interior sangat menarik karena kursi yang disediakan merupakan bebatuan yang menempel dengan lantai. 



@caffeinecharger


Menikmati kopi latte gone nuts dan sunset akan terasa nyaman dilihat dari lantai 2, caffeiner charger memberikan suasana kafe yang tenang.


Alamat: #202, 2nd floor, 237, Gwanganhaebyeon-ro, Suyeong-gu, Busan


4. Magnate Cafe

Berbeda dengan sebelumnya, cafe ini akan disukai oleh penggemar BTS (ARMY) karena pemiliknya adalah ayah dari Jimin BTS. Tidak heran jika sebagian ruangan kafe diisi oleh fanart dan merchandise




Mempunyai ukuran bangunan yang memanjang, Magnate cafe merupakan rekonstruksi dari sebuah manufacturing tanaman berumur 50 tahun diubah menjadi arsitektur industrial dengan pemilihan interior yang unik.




Sedangkan, bagian sisi dinding dihiasi beberapa art pieces karya seniman asal Korea Selatan dan yang menjadi pusat perhatian adalah lukisan wajah jimin karya Lee. K yang sebelumnya dipamerkan di Louvre.




Walaupun ramai, kafe ini tetap menyajikan kopi dengan kualitas yang baik dan bisa Anda coba Almond Cream Latte pairing dengan lembutnya Hallabong black tea cake. 


Alamat: 135, Jinnam-ro, Nam-gu, Busan, South Korea


5. P.ark Cafe & Bakery 

Menjadi tempat hangout favorit saat ini, P.ark Cafe & Bakery memliki luas bagunan sebesar 600m2 yang berlokasi di complex cultural space Yeongdo, Busan. Selain cafe, tempat ini menyediakan art galleries, toko bunga, hingga wedding venues



@bang_0208


Kafe ini berada di lantai 4 & 5, Anda dapat melihat panorama pulau Orykudo, pelabuhan industrial, dan pemukiman Yeongdo dari area seating dinding kaca. 



@bang_0208


Semua bagian tempat duduk memiliki karakteristik yang berbeda dengan konsep open space, namun yang banyak pengunjung ingin duduki berada pada bagian tangga yang menghadap lautan. 



Pastry yang dijual hampir lebih dari 20 jenis dan disajikan secara terbuka dengan berbagai dekorasi cantik. Anda bisa mencicipi beberapa menu best seller mereka seperti shine muscat tart, cooper ball, pine cone mousse cake, dan salt bread. 


Alamat: 180 Haeyang-ro 195beon-gil, Yeongdo-gu, Busan


Sumber teaser: Caffeine charger
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani