Hari Raya Imlek atau perayaan tahun baru Cina tinggal menghitung hari, walaupun jatuh di hari weekend yaitu Minggu, 22 Januari 2023 dan satu hari cuti bersama di hari Senin, 23 Januari 2023 Anda tetap bisa menjelajahi berbagai karyawisata di sekitar kawasan metropolitan Jakarta. Simak ulasan 6 rekomendasi destinasi wisata dari AlaCASA untuk perayaan Imlek semakin festive!


1. Museum Date di Museum MACAN

Museum date atau berkencan dan menghabiskan waktu di museum menjadi tren akhir-akhir ini. Museum MACAN ikut meramaikan festiveness Imlek dengan CUAN di MACAN untuk merayakan Tahun baru Kelinci Air. 






Uncertain Journey by chiharu/Museummacan.org


Accumulation by Chiharu/Museumacan.org


Setiap pengunjung Museum MACAN berhak untuk mengambil satu amplop angpau yang berisi beragam hadiah mulai dari tiket museum, keanggotaan MACAN Society selama satu tahun, cendera mata pameran, kupon belanja dari shop at MACAN, dan hadiah menarik lainnya

Jangan sampai ketinggalan! catat tanggalnya mulai dari 20–22 Januari 2023





Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5 Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 


2. Kulineran di Pasar Lama Tanggerang

Pasar lama Tanggerang menjadi surga untuk wisata kuliner dan kawasan pecinan. Dalam satu daerah pasar terdapat 3 destinasi yang bisa dijelajahi, ada pasar tradisional yang berisi beragam bahan makanan khas Tionghoa, ada area kuliner street food camilan, makanan berat, minuman, bahkan menu ekstrem dapat dijumpai di sini, dan yang terakhir ada Klenteng Tionghoa tertua di Tanggerang, Boen Tek Bio.


Klenteng Boen Tek Bio/@frp2016

Klenteng Boen Tek Bio/Wonderful Indonesia


Alamat: Jl. Bakti Saham, Kota Tangerang


3. Belanja di Petak Sembilan

Belum lengkap jika tidak merekomendasikan Petak Sembilan sebagai destinasi perayaan Imlek. Di sini terasa the original kawasan pecinan, mulai dari kehidupan bertetangga antar tionghoa, dan jadi industri perdagangan yang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata.


AlaCASA


Aneka kebutuhan untuk perayaan Imlek, kue, permen, camilan khas Tahun Baru Cina, dan kedai legendaris juga tersedia di sini. Seperti Kopi Tak Kie, Bakmi Amoy, Rujak Shanghai Encim, Cingcongfan Pak Karim, dan masih banyak lagi.




Bakmi Amoy legendaris/pegipegi


Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, Kota Jakarta Barat


4. Sembahyang di Kelenteng "Thian Sin Lo"

Kelenteng Boen San Bio menjadi kelenteng thian sin lo atau tempat hio persembahyangan paling berat yang pernah ada di Indonesia dengan bobot mencapai 4.888 kilogram. Keunikkan lainnya juga di kelenteng ini memiliki petilasan Raden Surya Kencana, seorang tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat. Banyak masyarakat yang datang ke kelenteng untuk bersembahyang dan berziarah ke petilasan tersebut.


 Wonderful Indonesia


Alamat: Jl. KS Tubun No. 43 Kota Tangerang


5. Berburu Promo dan Perform LIVE Barongsai di Mall 

Salah satu mall yang selalu hadir dalam perayaan Imlek adalah Pondok Indah Mall, tahun ini kembali dirayakan dengan live performance barongsai dan rangkaian promo dari outlet yang ada diseluruh PIM 1-3

Mulai hari Jumat, 13 -  Minggu, 29 Jan 2023, info lengkapnya bisa cek di postingan bawah ini



Alamat: PIM 3, Jl. Kartika Utama No.1 Kota Jakarta Selatan


6. Berburu Pernak-Pernik Gaya Oriental di Bazaar Imlek

Perlengkapan dari baju sampai hidangan khas Imlek ada di bazzar ini, bertempat di Old Shanghai Kelapa Gading. Untuk yang mau cari berbagai variatif jajanan di luar khas Imlek tersedia di sini, dari jajanan import sampai jajanan tempo dulu. Tepat dipergantian Tahun Baru Imlek Minggu, 22 Januari 2023 akan ada penampilan live performance barongsai.


Sedayu City


Sedayu City


Alamat: Old Shanghai Sedayu City, Jl. Boulevard Bar, Kelapa Gading Kota Jakarta Timur



Foto Teaser: Museum MACAN
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira