Pernahkah Anda merasa jenuh dengan tampilan interior rumah? Mungkin ini waktunya untuk mengubah tampilan interior rumah Anda. Tidak perlu renovasi besar-besaran, namun cukup mengganti elemen interiornya saja, seperti lapisan sofa, model curtain, warna tembok, karpet atau bahkan hal kecil seperti throw dan bantal saja sudah cukup mengubah suasana hunian.







Tekstil menjadi bagian yang sangat penting di dalam interior. Lalu tren apa yang perlu diikuti tahun 2023 ini? AlaCASA berkesempatan datang ke pameran tekstil terbesar di dunia, yaitu Heimtextil di Messe Frankfurt pada tanggal 10-13 Januari ini. Dengan 44.000 pengunjung dan 2.400 peserta pameran dari 129 negara, pameran internasional ini telah menampilkan banyak inspirasi.




Telah dikenal sejak tahun 1971, Heimtextil terus hadir sebagai pameran tekstil terbesar di dunia dan memberikan jutaan inspirasi skala internasional. Di artikel ini, AlaCASA akan merangkum 4 hal menarik yang Heimtextil hadirkan sebagai inspirasi Anda.




Trend 2023 & Longlasting Mindset 

Sustainability dipilih sebagai tema utama dari pameran ini sebagai respon yang serius terhadap kondisi bumi. Istilah sustainability sudah digaungkan selama bertahun-tahun lalu demi kesehatan bumi, namun penting untuk terus dibina agar menjadi perilaku yang terbiasa di kehidupan sehari-hari.




Detlef Braun selaku Member of the Executive Board Messe Frankfurt pada acara press conference pun mengakui bahwa sustainability bukan saja menjadi sebuah tren, namun mindset. "At Heimtextil 2023, circular approaches can be experienced and green innovations are condensed. This shows: Trade shows are a business model with impact. For global partnerships and for the environment,” papar Braun di tengah-tengah acara.




Dengan demikian pameran Heimtextil menghadirkan empat tema penting di zona Trend Space, yaitu Make and Remake, Continuous, From Earth, dan Nature Engineered. Keempat tema ini berada di satu payung yang diberi nama Textiles Matter: bear responsibility. Trend Space ini menghadirkan berbagai inovasi dan menghasilkan produk atau material yang “bertanggung jawab” kepada alam.




Trend Space 2023 melibatkan FranklinTill Studio (London), Stijlinstituut Amsterdam, dan Denmark’s SPOTT Trends & Business agency. Caroline Till selaku Director & Co-Founder Franklin Till Studio turut hadir di press conference sebagai perwakilan yang menjelaskan tentang inovasi tahun ini.



1. Make & Remake menggunakan existing resources, memaksimalkan fabric waste, dan mix ‘n’ match. Prinsipnya adalah extending life dan zero waste




2. Continuous ingin menjelaskan bahwa barang sintetis tidak selamanya buruk untuk alam, namun tergantung bagaimana produk atau material tersebut bertanggung jawab kepada alam. Dalam arti, tidak merusak dan bisa bermanfaat dalam rupa lain.




3. Nature Engineered cukup menarik karena para desainer menggunakan food waste menjadi produk interior, bahkan koper. Tema ini menggabungkan material alam, advanced technology, dan material pendukung lainnya.




4. From Earth ingin berkolaborasi dengan alam, bukan mengaturnya. Proses pewarnaan yang diterapkan di zona ini menghormati keistimewaan alam dengan output yang variatif.






Tidur dengan Teknologi

Saat mengikuti Sleep Tour with Markus Kamps di Sleep & More, banyak brand yang memperlihatkan koleksi teranyarnya yang ternyata telah mengedepankan sustainability. Brand Boyteks dari Turki memperlihatkan koleksi matras bernama Vegan (Isirgan) yang dirancang untuk membuat tidur nyenyak dan sehat tanpa membahayakan manusia, planet, atau hewan berkat teknologi canggih Boyteks dan pendekatan ramah lingkungan.



Kain kasur vegan Boytek dikembangkan tanpa mengandung bahan mentah hewani dan tidak ada uji hewan yang dilakukan. Produk ini telah disertifikasi oleh organisasi internasional dan bertujuan untuk melindungi hak-hak hewan dan produksi berkelanjutan.




Brand Mlily dari US juga dengan bangga meluncurkan koleksi matras bernama Air yang bekerja sama dengan Seaqual Initiative. Seaqual Initiative telah mengolah 200 ton of marine litter dan 60 tons of waste menjadi produk olahan yang lebih berguna. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, matras ini dibuat agar suportif, bernapas, dan membantu mengatur suhu tubuh manusia.




Fitur-fitur ini membantu menyebarkan panas dan menghilangkan kelembaban di malam hari sehingga pengguna dapat tidur lebih lama dan lebih nyaman. Mlily juga merupakan official partner dari klub sepakbola Manchester United sebagai penyedia matras di tempat pelatihan mereka.




Taste of Asia

Brand asal Asia terbagi di hall 6 dan 10 dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Tekstur dan warnanya justru banyak yang calm dan towe down. 




Terdapat tiga brand dari Indonesia yang turut berpameran di Heimtextil. PT Ateja Tritunggal asal Bandung adalah satu-satunya brand Tanah Air yang produknya terpilih sebagai bagian dari Trend di Heimtextil. Tak hanya satu, namun ada enam koleksi, salah satunya koleksi Edho Drapery dan Ateja Upholstery. Ateja juga merupakan perusahaan yang telah bersertifikat GRS dan telah mendistribusikan ke lebih dari 90 negara setelah 42 tahun berdiri.

Dua brand lainnya adalah PT Harvestindo Internasional dan PT Jinter Indonesia Jaya yang memiliki pabrik di Indonesia, namun berstandar skala internasional.




Kreasi Baru untuk Interior & Arsitektur

Area Interior.Architecture.Hospitality memberi pengunjung gambaran menarik dari banyak peserta pameran internasional dengan solusi desain terbaru. Dalam tur, kurator di area Library menjelaskan kepada pakar perhotelan internasional tentang kekuatan inovatif, desain yang mengesankan, dan sifat fungsional dari tekstil seperti "flame-retardant", "sound-absorbing", "light-resistant", "antimicrobial" dan "water-repellent".




Dari ratusan material yang di-submit, masing-masing section memilih beberapa produk unggulan. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah produk dari Birce Insaat Tekstil dari Turki yang menghasilkan kain anti air yang berbeda daripada yang lain. Biasanya kain anti air akan terlihat mengkilap namun brand ini menggunakan sheer yang see through. Kain ini terbuat dari 80% polyester, 9% acrylic, 7% viscose dan 46% recycle.




Di zona Interior.Architecture.Hospitality, terdapat juga area Textile Talents Show yang mengajak pengunjung untuk menikmati instalasi berunsur kain namun dalam rupa yang out of the box, seperti Naturalists, Kings of Colour, Hardwearing, Sound Managers, dll. 




Sumber foto: AlaCASA, Messe Frankfurt GmbH