Awal bulan Oktober 2016 lalu, Apple kembali membuka retail store di kota London, Inggris. Retail store yang merupakan toko pertama Apple di Eropa tersebut sempat ditutup sejak dibuka pertama kali tahun 2004 silam. Firma arsitek Foster + Partners ditunjuk untuk merombak arsitektur hingga interior retail store yang menempati area Regent Street di pusat kota London. Perubahan tata ruang yang frontal digubah oleh Foster + Partners dengan memanfaatkan kondisi spasial yang luas secara optimal.

Salah satu nilai atraktif yang disematkan arsitek pada retail store Apple itu adalah dengan menempatkan pepohonan di dalam ruangan. Ukuran langit-langit yang tinggi turut menjadi poin utama untuk menimbulkan nuansa ruang terbuka. Selain itu, desain yang lekat dengan kesan alami diperkuat oleh batuan alam dan material kayu sebagai pengisi interiornya.

Dalam penjelasannya untuk ArchDaily, arsitek Stefan Behling dari Foster + Partners mengatakan bila konsep retail store Apple di Regent Street merupakan dialog antara histori dan masa kini. Behling menyerap keunikan pada konsep awal bangunan yang telah berdiri sejak berabad silam, terpapar bersama produk Apple yang ultra moderen. Oleh karena itu, tim Foster + Partners memilih untuk mempertahankan fasad bangunan hingga detail-detail ukiran di setiap sudut ruangan. Keanggunan masa lalu yang tetap terlihat mewah diisi oleh tatanan ruang bergaya kontemporer, membuat retail store Apple di Regent Street menjadi perhatian penggiat desain saat ini.



Sumber: Arch Daily