Tanaman hias memang tampak begitu indah; Warnanya atau aromanya, bisa sangat memanjakan dan menenangkan. Tetapi, jangan biarkan Anda terbuai dengan keindahannya. Pasalnya, ada beberapa tanaman hias yang ternyata terlalu berbahaya bagi Anda, anggota keluarga, dan hewan peliharaan di rumah. Apakah Anda tahu tanaman hias apa saja yang harus Anda hindari? Berikut ini 11 tanaman hias beracun yang sebaiknya Anda hindari. 


1. Lily of the Valley


(Photo by Jeffrey Hamilton on Unsplash)





Salah satu bunga favorit mendiang Ratu Elizabeth II, Lily of the Valley, memiliki bentuk bunga seperti lonceng berwarna putih dan aroma yang khas. Bunga ini seringkali digunakan sebagai salah satu dekorasi dan bunga tangan pada pernikahan. 


Meskipun tanaman hias ini bisa membuat siapa saja jatuh cinta, tetapi ternyata Lily of the Valley tergolong tanaman hias beracun, karena kandungan senyawa cardiac glycosides yang dapat membuat pusing, muntah, ruam, diare, dan bahkan kematian jika tidak segera ditangani. 


2. Daffodil


(Photo by Anton Darius on Unsplash)


Menempatkan tanaman hias Daffodil tentu tampak seperti ide sempurna untuk memperindah rumah Anda dengan bunganya yang berwarna kuning. Akan tetapi, jika Anda memiliki anjing peliharaan di rumah, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memiliki tanaman hias berbunga ini. Faktanya, umbi bunga Daffodil terkenal sangat beracun yang dapat menyebabkan anjing peliharaan Anda muntah, kejang, diare, dan aritmia jantung. 


3. Hydrangea


(Photo by Summer Quinn on Unsplash)


Tanaman hias berbunga yang cantik ini mengandung racun yang tidak main-main: Sianida. Ketika Anda ataupun hewan peliharaan Anda menelan bunga Hydrangea dalam jumlah yang sangat banyak, itu dapat menimbulkan efek fatal. 


4. Rhubarb


(Photo by kaori nohara on Unsplash)


Pada umumnya, batang tanaman Rhubarb dapat dikonsumi dan diolah menjadi pie yang sangat lezat. Tetapi, pastikan Anda hanya menggunakan batangnya dan menghindari daunnya, ya karena mengonsumsi terlalu banyak daun Rhubarb dapat mematikan fungsi ginjal dan bisa berakibat fatal.


5. Wisteria


(Photo by Jenny L on Unsplash)


Mungkin Anda sudah sering melihat tanaman hias cantik berwaran lilac ini. Warnanya yang indah dan bunganya yang panjang menjuntai bisa membuat siapapun yang melihatnya pasti ingin memilikinya— di pekarangan rumah. Boleh saja. Tetapi, tanaman hias ini sangat tidak direkomendasikan apabila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Pasalnya, polong biji tanaman Wisteria diketahui sangat beracun bagi anjing, kucing, dan kuda. 


6. Tanaman Castor


(selectseeds.com)


Biji tanaman castor yang sudah melalui proses ekstraksi merupakan bahan utama dalam pembuatan castor oil. Seperti yang diketahui, minyak ini bermanfaat untuk banyak hal, termasuk mencegah rambut rontok, melembapkan kulit, dan sebagai anti inflamasi. 


Namun di samping itu, biji tanaman castor ini juga bisa sangat berbahaya apabila tidak sengaja tertelan, baik itu untuk manusia atau hewan peliharaan. Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University College of Agriculture and Life Sciences, biji tanaman castor mengandung zat ricin, zat alami paling beracun, yang dapat menyebabkan dehidrasi parah, muntah-muntah, dan diare. 




7. Philodendron


(Photo by feey on Unsplash)


Tanaman hias Philodendron belakangan ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias dan home decor. Namun ternyata, getah tanaman hias Philodendron dapat mengiritasi kulit dan mulut, menyebabkan pembengkakan tenggorokan, kesulitan bernapas, nyeri terbakar, dan sakit perut. Reaksi yang lebih parah memang jarang terjadi, tetapi tetap yang terbaik adalah dengan menjauhkan tanaman hias ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda.


8. Foxglove


(Photo by Julie Blake Edison on Unsplash)


Jangan tertipu dengan warna bunganya yang sangat cantik. Tanaman hias berbunga Foxglove, atau dikenal juga dengan nama Digitalis, memang terkenal karena warna dan bentuk bunganya yang cantik dan unik, seperti berbentuk lonceng. 


Tetapi, tanaman hias ini menghasilkan senyawa glikosida beracun yang dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan, seperti mual muntah, diare, sakit perut, dan sakit kepala, menurut Poison Control.


9. Lantana


(Photo by Jeremy Horvatin on Unsplash)


Memiliki tanaman hias Lantana di pekarangan rumah memang bisa membuatnya terlihat lebih indah, berkat warna bunganya yang mencolok. Namun, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memiliki tanaman hias Lantana di pekarangan rumah karena tergolong tanaman hias beracun terutama bagi hewan perliharaan dan anak-anak. Apabila tidak sengaja tertelan, tanaman hias ini dapat menyebabkan mual, muntah, diare, sesak napas, hingga gagal jantung. 


10. Jimson Weed


(Photo by Zoosnow on Pixabay)


Tanaman Jimson Weed, atau dikenal juga dengan Kecubung, adalah tanaman hias yang memiliki bentuk bunga unik seperti terompet berwarna putih. 


Berbeda dengan tampilan luarnya, ternyata tanaman ini sangat tidak aman apabila tidak sengaja tertelan atau terhirup karena mengandung alkaloid yang memiliki efek narkotika pada tubuh manusia. Tidak sengaja mengonsumsi tanaman ini bisa menyebabkan gejala seperti dehidrasi, mulut dan tenggorokan kering, mual muntah, vertigo, kejang, dan halusinasi. 


 11. Monstera Deliciosa


(Photo by 20750684 on Pixabay)


Bentuk daunnya yang besar dan unik memang bisa menjadi focal point saat diletakkan di rumah. Akan tetapi, semua bagian tanaman hias ini, mulai dari daun, getah, batang, hingga akarnya sangat beracun untuk hewan peliharaan dan berbahaya bagi anak-anak apabila tidak sengaja tertelan. 



(Teaser: Photo by Julia Kicova on Unsplash)