Begadang seringkali dianggap remeh yang sebetulnya sangat berbahaya. Lalu, apakah begadang bisa ditangani? Simak fakta unik dan rekomendasi AlaCASA berikut ini

Begadang atau disebut Delayed Sleep Wake Phases Disorder (DSWPD)

Setiap tubuh manusia memiliki jam tidurnnya masing-masing yang mengatur kapan Anda bangun dan mengantuk. Ketika mengalami DSWPD, jam tidur ini yang tidak disinkronkan dengan diproduksinya hormon melatonin. Inilah mengapa anda memiliki jam tidur yang terbalik.




Baca juga, Susah Tidur? Pakai Seprai Ini Biar Tidur Jadi Pulas

Tubuh membutuhkan Hormon melatonin untuk tertidur

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak untuk mengontrol jam tidur dan membuat Anda mengantuk. Melatonin akan berkurang diproduksi oleh tubuh ketika berada di cahaya terang dan meningkat saat keadaaan gelap, seperti malam hari. Itulah mengapa lebih baik tidur dalam keadaan gelap. Telatnya produksi melatonin dapat menyebabkan pergeseran jam tidur yang ideal. Seseorang yang memiliki jam kerja di malam hari akan memproduksi melatoninnya dalam keadaan terbalik dari semestinya, pagi akan merasa kantuk dan malam terasa segar.



CASA Indonesia


Begadang bukan berarti insomnia

Seseorang yang begadang mengira mereka mengidap insomnia. Justru, terjadinya Insomnia dikarenakan tubuh begadang. Jadi begadang dan insomnia adalah 2 hal yang berbeda. Seseorang yang sering begadang memiliki peluang lebih tinggi mengalami insomnia.




Baca juga, 4 Tips Menata Kamar Untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Perhatikan kenyamanan bahan tempat tidur Anda

Gunakan bahan tencel untuk bedding set. Bahan tencel terkenal akan kelembutannya karena kelembutan itulah yang akan menghantarkan Anda kepada tidur yang lebih pulas dan terhindar dari begadang


Sleep Buddy Set Sprei Moon Drop Tencel 40s

Gunakan Lampu Kamar yang Temaram 

Pemilihan lampu kamar tidur juga merupakan faktor penting untuk keberlangsungan kualitas tidur. Pilihlah lampu kamar tidur yang berwarna hangat kekuningan dan tidak terlalu terang. Dengan pencahayaan yang lembut dan hangat bisa membangun suasana menjadi kantuk.

Baca juga, 5 Lampu Tidur yang Akan Buat Anda Tidur Nyenyak



Foto Teaser: Manser Greenwich
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira