Meletakkan tanaman hias adalah salah satu cara terbaik untuk menghadirkan kesan natural dan fresh ke dalam rumah. Dan, semakin besar tanaman hias, maka itu semakin baik. Siapa tidak suka memiliki tanaman hias besar yang indah sebagai focal point sebuah ruangan? Itu tidak hanya memberikan kesan cantik, natural, fresh, dan estetik, tetapi juga bisa mengisi sudut-sudut kosong agar ruangan terasa lebih hidup. 


Berikut ini adalah beberapa tanaman hias besar yang pasti akan membuat ruangan di dalam rumah Anda tampak lebih menakjubkan. 





1. Monstera Deliciosa


(Photo by Jade Stephens on Unsplash)


Dikenal karena daunnya yang besar dan berlubang, monstera deliciosa adalah tanaman hias besar yang cocok diletakkan di dalam rumah. Tanaman hias ini dapat tumbuh subuh dengan kondisi tanah yang lembap (tetapi tidak tergenang air) dan cahaya terang. 


Namun perlu dipertimbangkan kembali untuk meletakkan monstera deliciosa di dalam rumah karena tergolong tanaman beracun, khususnya bagi Anda yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan. 


2. Rubber Plant


(Photo by Elle Lumière on Unsplash)


Rubber plant, atau yang memiliki nama ilimiah Ficus elastica, adalah tanaman hias besar yang harus dimiliki untuk mempercantik ruang tamu Anda. Pasalnya, tanaman hias ini memiliki daun yang besar, berbentuk oval, dan mengkilap. Benar-benar sangat menarik dan mencolok.


Plus, penelitian juga telah membuktikan bahwa rubber plant adalah salah satu tanaman terbaik untuk membantu membersihkan udara dengan menyaring racun, termasuk karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene, dan masih banyak lagi. 


Rubber plant termasuk tanaman hias rendah perawatan yang dapat tumbuh subur pada kondisi cahaya sedang tidak langsung dan membutuhkan air secukupnya. 


3. Majesty Palm


(potterybarn.com)


Mencari tanaman hias indoor besar yang dapat tumbuh subur bahkan di tempat yang teduh seperti ruang tamu? Nah, majesty palm adalah pilihan yang sempurna untuk Anda! Meskipun saat toleran terhadap kondisi cahaya teduh, tetapi tanaman palem majesty sangat membutuhkan kondisi tanah yang lembap—tapi, pastikan tidak tergenang air, ya


4. Bird of Paradise


(flowerpower.com.au)


Tanaman hias bird of paradise memiliki daun besar yang mirip seperti daun pisang. Tanaman hias ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 180 sentimeter di dalam ruangan dengan perawatan yang tepat; Mendapatkan sinar matahari yang cerah dan tidak langsung, serta jaga agar tanah tidak terlalu lembap. 


5. Snake Plant


(Photo by Jake Goossen on Unsplash)


Snake plant, atau dikenal juga dengan tanaman lidah mertua, dapat tumbuh dengan baik hingga mencapai 100 sentimeter. Tanaman hias besar ini memiliki bentuk daun seperti pedang panjang berwarna hijau dengan guratan-guratan horizontal pada daunnya.


Jika ditaruh di dalam ruangan, sebaiknya letakkan tanaman snake plant di tempat yang terkena sinar matahari cukup banyak, misalnya di dekat jendela. Hal ini dilakukan agar tanaman snake plant dapat tumbuh dengan maksimal dan mencegah warna daunnya memudar. Untuk penyiraman, tanaman hias ini tidak butuh terlalu sering disiram karena dapat membuat akarnya membusuk. Idealnya, siram tanaman hias ini satu sampai dua kali seminggu.


6. Tanaman Schefflera


(bloomscape.com)


Tanaman schefflera, atau disebut juga dengan umbrella plant, adalah tanaman hias yang dapat tumbuh tinggi hingga 1,5 meter di dalam ruangan. Dinamakan umbrella plant karena daunnya yang berbentuk lonjong panjang mengkilap terkulai anggun dari tangkainya, menyerupai sebuah payung. 


Schefflera bukanlah tanaman yang sulit untuk tumbuh asalkan mendapat banyak cahaya matahari tidak langsung dengan intensitas sedang dan siram secara teratur (namun jangan terlalu banyak). Daun yang menguning dan gugur adalah tanda bahwa Anda mungkin sudah terlalu banyak menyiram tanaman schefflera ini. 




7. Tanaman Ara Biola


(Photo by Tessa Wilson on Unsplash)


Tanaman ara biola (Fiddle leaf fig) merupakan tanaman hias besar yang bagus untuk mempercantik ruang tamu atau kamar tidur Anda. Tanaman ara biola dikenal karena daunnya yang lebar menyerupai biola dan dapat tumbuh cukup tinggi. 


Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya matahari tidak langsung namun sangat terang. Untuk penyiraman, tanaman ara biola cukup menyukai air, tetapi biarkan mengering sepenuhnya di antara penyiraman. Maka dari itu, cukup lakukan penyiraman seminggu sekali. 


8. Tanaman Ara Afrika


(hortology.co.uk)


Selain mampu menjadi focal point saat diletakkan di dalam ruangan, tanaman ara Afrika juga berfungsi sebagai salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan. Tanaman hias ini memiliki bentuk daun lonjong panjang berwarna hijau mengkilap. 


Dengan perawatan yang tepat, tanaman ara Afrika ini dapat tumbuh dengan baik. Jaga agar tanah tetap lembap setiap saat, tetapi jangan terlalu banyak air karena ini akan menyebabkan daun-daunnya rontok. Meskipun tanaman ara Afrika menyukai kondisi cahaya terang, tetapi tanaman hias ini juga baik dalam mentolerir kondisi cahaya teduh. 


Please note untuk hindari tanaman ara Afrika dari sinar matahari langsung karena dapat membakar daun-daunnya. 


9. Tanaman Sweetheart


(plantvine.com)


Sesuai dengan namanya, tanaman sweetheart (Ficus Triangularis) memiliki bentuk daun yang unik, seperti tanda hati (love). Tanaman hias besar ini termasuk mudah dirawat dan tidak rewel, serta sangat indah saat diletakkan di dalam ruangan. 


Tanaman sweetheart menyukai sinar matahari yang terang dan tidak langsung, sehingga cocok diletakkan di dekat ??jendela dengan tirai tipis untuk menghalangi sinar UV matahari. Tanaman ini bisa terbakar sinar matahari yang masuk melalui kaca, jadi yang terbaik adalah melindungi tanaman sweetheart Anda dari terik matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu panas dapat menyebabkan warna daunnya memudar dan bahkan membuatnya rontok.


Pastikan untuk tidak menyiram tanaman sweetheart secara berlebihan karena dapat menyebabkan busuk akar dan rontok daun. 


10. Kentia Palm


(hortology.co.uk)


Tanaman kentia palm adalah salah satu tanaman hias besar yang cukup populer. Meskipun terbilang tumbuh lambat, tetapi akhirnya bisa mencapai ketinggian hingga 12 meter. Tanaman hias ini mampu beradaptasi diberbagai kondisi, tetapi sangat baik tumbuh dalam kondisi cahaya matahari terang tidak langsung dan tanah yang sedikit lembap. Tanaman ini tidak mentolerir kekeringan parah atau overwatering





(Teaser: Photo by coco tafoya on Unsplash)