Sukses dengan Daikin Designer Awards 2020 silam, kini Daikin membawa konsep baru guna mengimbangi fokusnya pada penyediaan solusi tata udara di Indonesia. Daikin Designer Awards adalah ajang kompetisi untuk perancang hunian tempat tinggal dengan terapan solusi tata udara serta memperhatikan kenyamanan sekaligus estetika keseluruhan ruang.

Kegiatan yang berlangsung pertama kali pada tahun 2020 lalu ini sekaligus merayakan kehadiran Daikin Indonesia ke-50 tahun di Indonesia.

Kehadiran acara ini untuk mengapresiasi arsitek dan desainer interior Tanah Air terhadap karya terbaik mereka, sekaligus meluaskan wawasan tentang pentingnya tata udara. Karena selama ini masyarakat terbiasa mengenal AC hanya untuk pendingin udara, sedangkan fungsinya lebih dari itu. 

Air conditioning ciptaan Daikin mampu menyempurnakan tata udara dengan teknologi antibacterial serta dengan desainnya yang mendukung keindahan rumah tinggal. Penghargaan ini merupakan program lanjutan yang diselenggarakan oleh Daikin Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengapresiasi, mencari solusi dan merangsang ide-ide segar dari para Arsitek dan Desainer Interior yang dapat memperkaya pemikiran dan perkembangan khasanah arsitektur Indonesia.

Daikin sendiri memiliki produk yang mengedepankan solusi tata udara bagi hunian dan bangunan komersial seperti, unit Fresh Air untuk mewujudkan sirkulasi udara bersih dan sehat, hingga VRV HOME SERIES untuk menyejukkan udara. Dengan begitu, reputasi yang dimiliki Daikin sudah tidak asing lagi sebagai penyedia solusi tata udara bagi hunian. Setelah sukses berbisnis hingga 5 dekade di Indonesia, akhirnya Daikin Designer Awards (DDA) 2022 dimulai pada 14 Mei 2022 lalu. Acara yang bertajuk Technology for Your Imagination ini mengumumkan pemenang DDA pada tanggal 28 Oktober 2022.


Konsep baru!

Pada tahun ini Daikin Designer Awards 2022 akan menyelenggarakan tiga kategori penghargaan. Meliputi Kategori Kompetisi Konseptual Arsitektur, Kategori Kompetisi Konseptual Desain Interior, dan Kategori Proyek Terbangun. Selain itu, DDA 2022 menambahkan sesi sayembara desain arsitektur dan interior yang bekerjasama dengan Kimberly Ryder. Sebagai influencer yang menjadi sorotan publik karena kontennya yang family friendly dan juga menjadi user Daikin.

Sayembara ini berupa kompetisi konseptual desain arsitektur rumah tinggal milik Kimberly dan keluarga yang berluaskan 300-400 meter persegi. Rumah tersebut terdiri atas dua sampai tiga lantai, mempunyai taman yang besar untuk bermain anak, dapat menampung kebutuhan rumah tinggal di era pasca pandemi, sustainable, dan optimalisasi terhadap aspek teknologi dalam hal perencanaan tata udara yang ideal, baik alami maupun buatan. Lalu sayembara desain interior rumah tinggal milik Kimberly sendiri yang berada di cluster Nava Park, Tangerang. Semua itu harus mencakup dengan pendekatan yang modern dan kontemporer.



Sayembara ini juga berguna untuk rekomendasi Anda dalam menata hunian yang makin ke sini adanya pergeseran fungsi tata letak ruangan. Saat ini hunian tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat dan berkumpul dengan keluarga. Hunian juga menjadi area produktif, bekerja, rekreasi, ruang belajar, tempat ibadah dan sebagainya. Karena itu tidak hanya aspek arsitekturnya saja yang dinilai dalam kompetisi ini, namun juga tatanan interior yang didorong teknologi agar pengelolaan tata udara semakin baik dan sehat.

DDA 2022 juga memperuntukan para Arsitek dan Desainer Interior yang telah menyelesaikan proyek rumah tinggal terbangun untuk ikut berpartisipasi dalam penghargaan Kategori Proyek Terbangun. Dengan menggunakan Produk Home Central Daikin (VRV HS/S & Multi NX), serta proyek harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di daerah setempat.

Setiap karya yang di-submit telah dinilai langsung oleh para juri, di antara lain Budi Pradono (IAI), Alex Bayusaputro (HDII Jakarta), Andry Mulyono (Magran Group), Hiroaki Niikura (perwakilan Daikin Japan), Wenky Handono (perwakilan Daikin Indonesia). Kimberly Ryder pun turut hadir sebagai juri tamu sekaligus user Daikin.

Tepat pada tanggal 28 Oktober 2022 ini, Daikin secara resmi mengumumkan pemenang dari kompetisi bergengsi ini di Pullman Hotel Central Park.




 Sumber Foto: Daikin Indonesia
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira