Pintu geser atau sliding door kini menjadi pilihan paling populer dalam home decor. Bagaimana tidak, model pintu yang memiliki mekanisme yang memungkinkan Anda untuk membuka pintu dengan menggesernya ini dianggap lebih praktis, hemat ruang, sekaligus bisa meningkatkan estetika. 


Tetapi, apakah model pintu sliding adalah pilihan yang terbaik untuk rumah Anda? Nah untuk alasan itu, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan pintu sliding, yang bisa jadi pertimbangan buat Anda. 





Kelebihan pintu sliding


1. Bisa menghemat ruang


(Photo by Alex Perz on Unsplash)


Salah satu kelebihan utama menggunakan pintu sliding di rumah adalah mampu menghemat ruang cukup banyak. Pasalnya, untuk membuka pintu, Anda cukup menggesernya ke samping alih-alih mengayunkannya ke dalam. Oleh karena itu, pintu sliding sangat ideal diaplikasikan pada hunian dengan ruang minimal. 


2. Bisa meningkatkan estetika ruang


(Photo by Vecislavas Popa on Pexels)


Kelebihan lainnya dari pengaplikasian pintu sliding pada hunian Anda yakni dapat meningkatkan estetika ruang. Pintu geser biasanya tersedia dalam berbagai model dan desain yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan gaya rumah Anda. Saat diaplikasikan, pintu sliding selalu bisa membawa kesan elegan ke dalam ruangan. Inilah yang dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian Anda. 


3. Bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas


(Photo by Max Vakhtbovych on Pexels)


Dikutip dari laman Doorfit UK, menggunakan sliding door, terutama yang bermaterial kaca, bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Ini karena, pintu geser kaca membawa lebih banyak cahaya masuk dan bisa memberi kesan seakan-akan dua ruangan menyatu. Alasan inilah yang membuat ruangan tampak lebih luas. 


4. Bisa memaksimalkan cahaya masuk


(Photo by Kirill Slavetski on Unsplash)


Bagi sebagian besar pemilik rumah, pencahayaan yang baik di dalam rumah itu penting, dan pintu geser yang terbuat dari kaca menawarkan kelebihan tersebut. Dari laman Decortips, pintu geser kaca dapat memaksimalkan pencahayaan di suatu ruangan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya tagihan listrik setiap bulannya. 


Kekurangan pintu sliding


1. Tidak mampu meredam kebisingan


(Photo by Jon'Nathon Stebbe on Unsplash)


Tidak seperti pintu konvensional, pintu sliding dinilai tidak mampu meredam kebisingan.


Sementara kaca menghantarkan suara dengan baik, kayu yang digunakan untuk pintu sliding umumnya lebih tipis dari pintu kayu konvensional. Alasan itulah yang membuat pintu sliding tidak mampu mengisolasi kebisingan. 




Meskipun kini terdapat jenis kayu atau kaca tertentu yang mampu mengisolasi kebisingan, tetapi itu akan meningkatkan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan. 


2. Membutuhkan perawatan yang tidak mudah


(Photo by Curtis Adams on Pexels)


Supaya berfungsi dengan baik, pintu geser biasanya dipasang jalur khusus yang memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup pintu dengan lebih mudah dan lancar. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, debu dan kotoran akan sangat mungkin untuk mengumpul di jalur khusus ini, yang kemudian bisa menghambat pintu saat digeser. 


Selain itu, pintu geser yang terbuat dari kaca juga biasanya sangat rentan terhadap noda, sidik jari, debu, dan goresan. Untuk itu, Anda harus lebih sering melakukan pembersihan dan perawatan. 


3. Harga lebih mahal


(Photo by Max Vakhtbovych on Pexels)


Pintu sliding, terutama yang terbuat dari kaca, umumnya memiliki harga yang lebih mahal daripada pintu konvensional. Pemasangan pintu sliding juga biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ini mungkin kekurangan terbesar dari pintu geser. 


Menggunakan kaca berkualitas rendah dengan harga yang murah dapat mempersingkat umur pakai dan tidak menutup kemungkinan Anda perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup tinggi di kemudian hari. 


4. Menghilangkan privasi


(Photo by Dayvison de Oliveira Silva on Pexels)


Seperti yang dibayangkan, menggunakan pintu sliding yang terbuat dari kaca memungkinkan orang lain untuk melihat dengan jelas ke dalam ruangan Anda. Inilah yang membuat Anda kehilangan privasi. Tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan memasang curtain


Selain itu, seringkali kunci pada pintu sliding tidak sekuat kunci pada pintu konvensional yang bisa meningkatkan peluang kejahatan. 





(Teaser: Photo by Alex Perz on Unsplash)