Untuk Anda yang rumahnya memiliki kerusakkan atau out of date segi desainnya, penting sekali untuk memperhatikan tips dibawah ini sebelum akhirnya merenovasi. Resiko budget yang membengkak memang wajar, tapi bisa diantisipasi dengan persiapan yang matang.

Kali ini AlaCASA punya tips untuk Anda yang lagi atau sedang persiapan renovasi agar tetap hemat budget, simak ulasannya di sini


1. Tentukan Skala Prioritas

Mendengarkan saran dari pengalaman mereka yang sudah renovasi memang tidak ada salahnya. Akan tetapi, setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Untuk Anda yang memang sudah berkeluarga lebih dari 3 orang bisa prioritaskan untuk ruang kumpul keluarga.

Baca juga, Yuk, Intip Inspirasi Ruang Keluarga Multifungsi

Hal ini penting direncanakan sebelum akhirnya mencatat bagian mana saja yang harus direnovasi, dan juga pemilihan material masuk ke skala prioritas yang harus diperhatikan. Tidak baik memfokuskan renovasi besar-besaran tetapi menggunakan bahan yang tidak berkualitas.



Estúdio BRA / Maira Acayaba
Baca juga, 8 Cara Jitu Renovasi Rumah dengan Cat Putih. Berhasil!


2. Utamakan Penggunaan Ceiling Sesuai Fungsi

Rumah dengan ceiling yang tinggi memang terasa luas dan terang, terlebih jika ditambahkan mezzanine. Tapi sebetulnya cukup dengan tinggi 3 meter tetap membuat rumah nyaman. Penggunaan lampu dan dekoratif juga hal penting agar memiliki kesan atap tinggi yang sebetulnya hanya 3 meter.



One Kindesign




3. Ganti Pakai Lampu LED

Keunikkan lampu LED ini adalah watt kecil tapi penerangannya lebih besar dari pada lampu biasa. Jangan lupa tentukan juga warnanya agar sesuai fungsi dekoratif atau penerangan utama. Akan lebih praktis jika menggunakan lampu yang bisa berubah-ubah warna.



Nickolas Gurtler / Dion Robeson
Baca juga, Solusi Rumah Murah: Tips Memilih Lampu LED Hemat Energi


4. Beli Perabotan yang Desainnya Timeless

Daripada setiap tahun ganti desain, lebih baik saat renovasi mulai membeli barang yang sifatnya timeless, apalagi pemilihan wallpaper sampai kap lampu yang sifatnya semi permanen & jarang direparasi.



Tanja van Hoogdalem


Foto Teaser: Sefval Mogalana
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira