Pameran yang dinanti - nanti oleh penikmat seni dan kawula muda yang memperhatikan perkembangan seni Indonesia, Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD) ke-12 kembali dengan tema “Fragmenting Yesterday, Reshaping tomorrow” menampilkan karya seni dari 59 pelaku kreatif di tahun ini.




Team Kuratorial ICAD12 yang terdiri atas para kurator muda, Lead Curator Amanda Ariawan dan Guest Curator Prananda L. Malasan, “Diantara realita isu - isu sosial yang ditawarkan melalui karya - karya yang ditampilkan, dapat ditemukan pandangan kritis dan imajinas para peserta. Berbagai gagasan dari para peserta dapat kita pahami dalam pameran ini, mulai dari aspek humor hingga politis, analitis hingga spekulatif; ide - ide mereka berkontribusi terhadap spektrum pengetahuan dan diskusi tentang topik - topik hangat seputar lingkungan, sejarah, teknologi, dan peradaban.”




Karya yang ditampilkan, memiliki dinamik beragam seperti yang dilakukan PLAYO bersama Erasmus Huis menggunakan bio-based material yang digagas oleh British Council.

Adapun karya dengan konsep open space yang mendukung aksesibilitas tunanetra dari Tactogram dan Tab Space berkolaborasi bersama seniman muda dan ilustrator penyandang disabilitas. Di dalam Kemendikbudristek Immersive Box, terdapat ragam budaya dan instalasi produk UMKM berkerja sama dengan desain studio. 







Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 20 Oktober hingga 27 November 2022 di Grand Kemang. ICAD 12 dibuka untuk publik secara gratis, bisa anda kunjungi dengan cara registrasi online melalui website ICAD di www.arturaicad.com.

ICAD 12 berkerjasama menghadirkan program dengan Koalisi Seni, MPA (Motion Picture Association), dan Ganara Art serta Lembaga Pendidikan Seni dan Budaya yang fokus pada manajemen seni dan kurikulum kreatif. Aktivitas yang bisa Anda dihadiri yaitu talkshow, workshop, dan masterclass




Untuk mengenalkan kawasan Kemang sebagai pusat seni pasca pandemi, Kemang 12730 yang digagas oleh Ibu Diana Nazir turut kembali. Bekerja sama dengan lebih dari 50 venue yang akan berpartisipasi dalam pameran, workshop, menu spesial, pertunjukan seni hingga weekend market.


Sumber foto: Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD)
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani