Daikin Designer Awards (DDA) Indonesia kembali digelar tahun ini dan diikuti lebih dari 300 arsitek maupun desainer interior Indonesia. Penjurian dilakukan sejak 1 - 17 Oktober 2022.







Juri yang berkesempatan terlibat dalam DDA 2022 ini adalah Budi Pradono (IAI), Alex Bayusaputro (HDII Jakarta), Andry Mulyono (Magran Group), Hiroaki Niikura (perwakilan Daikin Jepang), Wenky Handono (perwakilan Daikin Indonesia), dan Kimberly Ryder sebagai juri tamu sekaligus user Daikin.

Menciptakan sebuah tren budaya baru, dalam tata udara bagian hunian modern menjadikan tema tahun ini. Memanfaatkan semua partisipan ikut kontribusi dalam pengembangan desain sistem AC DAIKIN HOME CENTRAL, yang memperhatikan kenyamanan dan estetika interior ataupun desain arsitektural rumah.

Rumah Navapark Lakewood, Tangerang menjadi lokasi pilihan hunian yang akan didesain dan ditinggali oleh Kimberly Ryder beserta suami dan kedua anaknya. Terdiri dari 2 hingga 3 lantai, Kimberly menginginkan adanya taman yang besar untuk tempat bermain anak dan kebutuhan rumah paska pandemi. Dengan ideal rumah bergaya modern kontemporer, family friendly dengan sirkulasi udara yang lebih sehat serta pengoptimalan dalam penggunaan teknologi di setiap kebutuhan ruang.

Pada malam penghargaan Daikin Designer Awards 2022 tanggal 28 Oktober telah diumumkan hasil pemenang dari beberapa kategori yaitu, kategori Conceptual Architecture, Conceptual Interior Design, dan Finished Project.

Kunci penilaian penjurian dilihat dari segi sustainability dan penggunaan green material. Dengan proses penjurian yang sangat ketat, pemenang diumumkan di awarding night yang berlangsung di Pullman Hotel Central Park, serta melalui microsite Daikin “DESIGNER AWARD GALLERY” di www.daikin.co.id serta media sosial dan website dari media desain, salah satunya AlaCASA.

Semua pemenang dan partisipan akan diberi kesempatan untuk menampilkan karyanya di dalam katalog Daikin Home Central serta Showroom Proshop Indonesia selama 1 tahun dan uang tunai untuk setiap pemenang. Khusus partisipan kategori Finished Project, hasil karyanya akan di unggah dalam akun Instagram dan Facebook Daikin Proshop Indonesia’s serta 25 akun Instagram dari Daikin Proshop Indonesia.

Kategori Conceptual Architecture

Juara 1: PT Sysu Desain Arsitektura




Berasal dari Jakarta, biro desain ini berhasil memenangkan Juara 1, mendapatkan beberapa reward mencakup uang tunai sebesar Rp 40.000.000, piagam serta penghargaan yang diumumkan di Instagram IAI Jakarta, HDII Jakarta, Daikin Indonesia, dan Proshop Indonesia.

Amir Syafril Djajadiningrat dan Mohammad Hikmat Subarkah selaku founder PT Sysu Desain Arsitektura telah mendirikan perusahaan ini sejak 20 tahun lalu dengan menanamkan visi membangun arsitektur Indonesia melalui desain kontemporer dengan menambahkan elemen dari masa lalu.

PT Sysu Desain Arsitektura berhasil memenangkan juara 1 untuk kategori Conceptual Architecture berkat karyanya yang bernama Gadang Rotation House. Memiliki daya tarik di mata juri, desain rumah ini menggabungkan unsur geometri dan sustainabilitas.

Dalam hunian rumah ini, PT Sysu Arsitektura menggunakan rangkaian produk Daikin VRV Home Series di setiap ruangannya. Penaruhan Ceiling 3D Moisture Control Intelligent secara tersembunyi di dalam kamar membantu mengendalikan tingkat kelembaban.

Sedangkan area dapur dan kamar mandi, rancangan ini menggunakan unit Durability Moisture Control Kitchen Ceiling Mounted Cassette untuk menjaga kualitas udara tetap optimal. Memperhatikan isu polusi dan hawa panas di sekeliling rumah, PT Sysu Desain Arsitektura memilih produk Daikin Fresh Air untuk meningkatkan kualitas sirkulasi udara.

Kategori Conceptual Interior Design

Juara 1: Anima Interior




Mengangkat konsep desain ruang nyaman dengan pilihan warna netral dan timeless, membawa Anima Interior terpilih menjadi pemenang juara 1 di kategori Conceptual Interior Design. Sebuah kejutan yang menyenangkan juga bahwa Anima Interior menjadi satu-satunya biro yang membawa pulang 2 piagam di awarding night, yaitu Juara 1 dan Kimberly's Choice.

Jessy Limanto selaku founder memiliki karakteristik desain yang bernuansa elegan dengan detail interior unik. Ciri khas yang dimiliki Anima Interior ini terlihat pada penaruhan Indoor Ceiling Mounted Duct dengan rancangan motif kotak-kotak yang menyamarkan titik saluran udara di ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Pemilihan VRV Home Series pun ikut memberikan nilai estetika desain ruang secara keseluruhan tanpa mengganggu fungsi untuk memberikan udara sejuk.

Sebagai pemenang juara 1, biro yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini membawa pulang uang tunai sebesar Rp 40.000.000, piagam, dan penghargaan yang diumumkan di Instagram IAI Jakarta, HDII Jakarta, Daikin Indonesia dan Proshop Indonesia.



Kategori Finished Projects (Arsitek dan Desainer Interior)

Juara 1: Cowema Studio




Firma arsitektur & desain interior, Cowema Studio mendapatkan penghargaan juara 1 untuk karya yang bernama AG Residence untuk kategori Finished Projects. Dengan tampilan arsitektural bergaya klasik modern dan banyak menggunakan bentuk ruang yang organik, Hunian ini menggunakan AC Daikin Super Multi NX dengan 4 unit outdoor terkoneksi 5 unit Indoor Ceiling Mounted Duct dengan grill dan 4 unit Indoor Wall Mounted yang dirancang tersembunyi dan nampak padu dengan desain ceiling.

Firma asal Jakarta Barat ini membawa pulang uang tunai sebesar Rp 50.000.000, piagam, penghargaan, dan turut diumumkan di Instagram IAI Jakarta, HDII Jakarta, Daikin Indonesia, dan Proshop Indonesia.

Selain itu, karya yang berlokasi di Jakarta ini juga akan berkesempatan berkolaborasi dengan Mario Wibowo Video Project Story untuk pengambilan video. Segudang pengalaman selama 8 tahun mendesain hunian rumah, karya Cowema Studio dapat dilihat melalui Instagram @cowemastudio.

Kunjungi akun instagram resmi @daikinproshopindonesia untuk mengetahui para pemenang juara 2, 3, People's Choice serta Kimberly’s Choice.