Apartemen menjadi solusi tempat tinggal di kota-kota besar. Keterbatasan lahan di perkotaan membuat apartemen semakin digemari sebagai tempat tinggal baik bagi keluarga muda maupun individu mandiri.


Kepraktisan menjadi faktor utama memilih tinggal di apartemen. Faktor ini juga pada akhirnya menggiring kebanyakan peminatnya untuk memilih tipe-tipe kecil, seperti loft, studio, alcove, dan convertible.


Namun meski terbilang minim ruang, bukan berarti apartemen kecil tidak bisa nyaman dan tampil gaya. Berikut adalah tip & trik agar interior apartemen kecil Anda tetap tampil maksimal.

1.Furnitur tersembunyi

 

tempatkan satu furnitur yang bisa disembunyikan atau disimpan dengan praktis ketika tidak sedang digunakan. seperti misalnya meja makan kecil untuk empat orang ini yang bisa dilipat ke dinding.


2.multifungsi



baik furnitur maupun elemen interior lainnya dapat dimainkan untuk menciptakan fungsi dan suasana ruang yang berbeda. hal ini seperti kisi-kisi kayu yang bisa menjadi pintu geser tv cabinet.


3.ruang-ruang penyimpanan


manfaatkan setiap celah yang ada secara maksimal. cara paling mudah adalah menjadikannya sebagai media penyimpanan, seperti rak mini di samping tempat tidur.


4.integrasi ruang








minimalisasi sekat dan pembatas ruang. hubungkan ruangan yang satu dengan yang lainnya secara terintegrasi. ruang makan dengan dapur misalnya atau justu kamar tidur dan ruang tv.


5.susunan vertikal



karena memperluas ruangan ke samping tidak mungkin, buatlah penataan ke atas. permainan leveling lantai di kamar tidur dengan undakan misalnya, dapat digunakan sebagai media penyimpanan. bagian atasnya dapat ditempatkan tempat tidur dengan konsep sejajar dengan lantai.


6.bentuk dapur “u”



Bagi Anda yang gemar beraktivitas di dapur dan membutuhkan banyak perlengkapan di dapur, bentuk dapur yang cocok adalah "U".

Selain lebih efisien secara ruang, bentuk ini juga memudahkan pergerakan, seperti mengambil barang, mencuci bahan makanan, memasak, dan menyiapkan makanan.


(Foto: Dok. CASA Indonesia)