Dunia desain dan fashion dikejutkan dengan kabar meninggalnya desainer Virgil Abloh pada hari minggu tanggal 28 November 2021. Siapa yang menyangka bahwa founder dari brand Off-White ini telah bertarung menghadapi kanker ganas Cardiac Angiosarcoma sejak tahun 2019.

We are all shocked after this terrible news. Virgil was not only a genius designer, a visionary, he was also a man with a beautiful soul and great wisdom. The LVMH family joins me in this moment of great sorrow, and we are all thinking of his loved ones after the passing of their husband, their father, their brother or their friend.” – ucap Bernard Arnault dalam akun resmi LVMH





Turut mengemban posisi Direktur Artistik bagi Louis Vuitton menswear, Virgil meninggal di usia 41 tahun dan telah meninggalkan jejak karya yang ikonis, bisa dibilang semi radikal, serta beragam kolaborasi unik yang kerap mengundang perbincangan industri desain.


Virgil Abloh


Kolaborasi seperti apakah yang pernah diciptakan oleh Virgil? Berikut deretan karya ikonis beserta cerita lengkapnya.


1. IKEA Art Rug

Sebagai Direktur Artistik untuk lini pria di Louis Vuitton dan founder dari Off-White, Virgil Abloh sudah sering berkolaborasi dengan IKEA. Kali ini, ia sebuah merancang karpet persia dengan sebuah pesan protes terhadap tradisi di mana ruang tamu kerap diperlakukan layaknya sebuah showroom untuk hunian. Karpet ini pernah hadir pula di pameran CASA Indonesia 2019 sebagai salah satu produk yang dilelang dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 17 buah.


IKEA




2. IKEA x Virgil Abloh

Masih berkolaborasi dengan IKEA, mengusung tagline, "inexpensive yet fashionable objects", sang desainer merancang koleksi elemen interior bernama Markerad ini dengan pendekatan bahwa nilai seni bisa disematkan dalam setiap hal.

Berisi 15 produk interior yang dapat menjadi jembatan untuk budaya seni kontemporer, Virgil Abloh menggunakan typography untuk beberapa karya-karyanya seperti kalimat “Wet Grass” di atas karpet hijau. Konsep yang diusung founder Off-White tersebut seakan menyulap aksesori interior yang terkesan sederhana menjadi sebuah focal point untuk sebuah hunian.


IKEA


Koleksi Markerad IKEA x Virgil Abloh ini diproduksi sangat terbatas dan bahkan setiap orang hanya dapat membeli 1 item dari 15 produk yang dijual. Koleksi kolaborasi ini akan resmi dijual pada 1 November 2019 di beberapa store produsen furnitur asal Swedia yang tersebar di beberapa bagian dunia, salah satunya adalah Indonesia yang akan bertempat di Ikea Alam Sutera.


IKEA




Baca juga, Bersama Virgil Abloh, IKEA Perkenalkan Koleksi Markerad


3. Koleksi F/W 2021 untuk Louis Vuitton

Pernah mengemban studi master dalam jurusan Arsitektur di Illinois Institute of Technology, Virgil tampak menuangkan pengalamanya ini dalam koleksi Fall Winter 2021 untuk lini baju pria di Louis Vuitton. Termasuk sebagai rangkaian acara di Paris Fashion Week, desainer merilis puffer jacket yang menampilkan beragam landmark maupun skyscraper ikonis di kota Paris dalam bentuk 3D.


Louis Vuitton


4. Karpet Kontemporer bersama IKEA

IKEA menambah deretan home decorations unik dengan merilis karpet yang bergambar struk pembelian store tersebut. Proyek yang telah berjalan selama satu tahun ini diharapkan untuk merambah pada konsumen muda yang dinamis.


IKEA


5. Tas berbentuk pesawat terbang

Abloh menciptakan sebuah tas berbentuk pesawat terbang yang lengkap dengan sayap yang lebar dan detail khas Louis Vuitton. Produk ini awalnya dikenalkan oleh Abloh di Paris sebagai aksesori dari koleksi fall/winter 2021.

Selain bentuknya yang unik, tas ini juga menjadi sorotan banyak orang karena harganya yang cukup fantastis. Dibanderol dengan harga 39,000 US$, harga tas ini lebih mahal dari harga pesawat Cessna sungguhan.


Louis Vuitton


Baca juga, Wow! Tas Berbentuk Pesawat Seharga Pesawat Sungguhan


6. Wajah baru bagi karya ikonis milik Vitra

Sejumlah karya klasik dari brand Vitra, diterjemahkan kembali oleh Virgil Abloh dalam bentuk yang diharapkan dapat beresonansi bagi para young adult. Contohnya saja 1950s Anthony Armchair ciptaan Jean Prouvé dibuat menggunakan kerangka besi berwarna orange dengan sandaran serta dudukan terbuat dari kaca plexi yang transparan. Selain itu, instalasi bernama Ceramic Block turut menampilkan produk terbaru dalam koleksi ini, yaitu kabinet penyimpanan yang ingin merepresentasikan imajinasi Virgil akan rumah pertama bagi young adult pada tahun 2035.


Julien Lanoo / Dezeen



Foto teaser: Instagram Virgil Abloh