Jika Anda berencana untuk menata ulang taman di rumah agar terlihat lebih cantik dan unik, coba bereksplorasi dengan menambahkan tanaman hias berdaun hitam. Anda bisa menempatkan tanaman hias berdaun gelap di sekitar tanaman berdaun terang untuk membuatnya terlihat sangat menonjol. 


Nah, berikut ini beberapa pilihan tanaman hias berdaun hitam yang bisa menghiasi taman di rumah Anda. 





1. Black petunia


(Jess @holisticseedtosprout on Instagram)


Pada dasarnya, Black petunia memiliki bunga berwarna ungu yang sangat gelap (dark purple) hingga cenderung berwarna hitam. 


Dari segi perawatan, tanaman hias Black petunia tergolong cukup mudah, hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak, setidaknya enam jam sinar matahari langsung, dan berikan penyiraman secara teratur agar dapat tumbuh dengan baik. Meskipun dapat tumbuh di tempat dengan pencahayaan rendah, namun pertumbuhan tanaman hias eksotis ini mungkin akan terhambat. 


Satu lagi, hati-hati terhadap sinar matahari yang berlebihan, karena daun tanaman hias ini mungkin akan rusak dan terbakar saat terkena sinar matahari langsung untuk jangka waktu yang lama.


2. Raven ZZ Plant


(@digginginthegarden on Instagram)


Tanaman hias Raven ZZ adalah pilihan yang tepat ketika Anda mencari tanaman hias berdaun hitam yang mudah dirawat. Tanaman hias ini dapat tumbuh sempurna dalam pencahayaan yang baik dan frekuensi penyiraman yang rendah. Penyiraman terlalu sering justru dapat menyebabkan pembusukan akar. 


Jika diperhatikan secara seksama, daun tanaman Raven ZZ ini sebenarnya memiliki warna hijau sangat gelap (dark green) yang seringkali disalahartikan sebagai warna hitam. Menempatkan tanaman hias ini di taman rumah Anda, itu akan membuatnya terlihat semakin menarik dan unik. 


3. Alocasia Black Velvet


(Mariandl @mariandl.and.me on Instagram)


Jika ingin mencari tanaman hias berdaun hitam yang juga bisa ditempatkan di dalam rumah, Alocasia Black Velvet adalah pilihan yang sempurna. Ini akan memberikan kesan menarik dan menonjol pada ruangan kecil. Alocasia Black Velvet terkenal karena daunnya yang besar berbentuk panah atau hati, bertekstur beludru dan agak kasar saat disentuh, serta memiliki garis berwarna putih yang kontras pada daunnya. 


Perlu diperhatikan, tanaman hias ini sangat rentan membusuk terutama saat disiram terlalu sering, namun dapat hidup dengan baik meskipun tidak terpapar sinar matahari langsung. 


Jika Anda tinggal dengan hewan peliharaan atau anak kecil, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk memiliki tanaman hias ini di rumah. Pasalnya, daun Alocasia Black Velvet beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.




4. Tanaman Hias Keladi Hitam (Black Caladium)


(Sasi @vert_werk on Instagram)


Tanaman hias keladi hitam, atau dikenal juga sebagai black caladium, merupakan tanaman hias tropis berdaun hitam yang menakjubkan dan sangat mencolok. Sempurna untuk memberi kesan statement pada taman hunian Anda. 


Dalam perawatannya, sangat penting untuk menyirami tanaman hias keladi hitam secara teratur untuk menghindari pengeringan tanah. Dan, agar tumbuh subur, tanaman hias ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung parsial hinggal penuh. Hal ini karena, daun caladium sangat sensitif terhadap sinar matahari langsung yang dapat membakar daun dan memudarkan warnanya. 


5. Black Mondo Grass  


(@dennis7dees_seaside on Instagram)


Jika Anda ingin menghadirkan kesan dramatis dan unik ke dalam taman hunian, Black Mondo Grass adalah pilihan yang sempurna. Sesuai dengan namanya, tanaman hias berdaun hitam ini memiliki tampilan seperti rumput, dengan daun ramping panjang berwarna hijau gelap, hampir berwarna hitam. 


Meskipun idealnya ditanaman di luar ruangan, tetapi rumput hitam ini juga mungkin ditanam di dalam ruangan dengan menggunakan pot besar dan memerlukan pemangkasan secara teratur. 


Dalam perawatannya, Black Mondo Grass membutuhkan sinar matahari langsung maksimal enam sampai delapan jam sehari. Namun hati-hati, sinar matahari yang terlalu panas dapat merusak dan membakar daunnya. Untuk itu, Anda disarankan untuk menanam Black Mondo Grass di tempat yang teduh, atau jika di dalam ruangan tempatkan tepat di sebelah jendela dengan tirai tipis untuk mengurangi intensitas sinar matahari.


Selain itu, tanaman rumput hitam ini juga membutuhkan penyiraman banyak, tetapi tidak terlalu menggenang, agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.


 



(Teaser: @plantsinsider on Instagram)