Menjadi negara destinasi impian orang selama 2 tahun ini, Korea Selatan bisa Anda kunjungi tanpa harus tes Covid-19 dari Indonesia dan sudah diperbolehkan membuka masker di area outdoor. Sebelum mengunjungi Korea Selatan alangkah baik mempersiapkan kebutuhan seperti pakaian yang disesuaikan musim keberangkatan kesana dan tidak lupa download  lima aplikasi di bawah ini untuk memudahkan perjalanan Anda. 







Naver Map

Aplikasi ini sangat berfungsi untuk turis mencari destinasi tujuan seperti kafe, restoran maupun hotel. Memiliki peta real time dan selalu update setiap 2 hari cocok untuk digunakan setiap membaca arah jalan tanpa harus ada salah alamat. Fitur menarik lainnya yaitu Smart Around dan Today’s Pick for you, membantu memilih tempat yang sedang trending jika Anda kehabisan ide untuk pergi.




Kakao T

Tidak harus daftar pakai nomor Korea, hanya registrasi lewat kakao talk dengan nomor Indonesia dan bisa langsung menggunakan Kakao T di Korea Selatan. Mengingat susahnya saat mencari taxi sendiri, aplikasi ini sangat membantu untuk berpergian jarak jauh, pastikan sudah mengetahui alamat tempat yang dituju dalam bahasa korea atau tunjukan langsung dari maps.




Mufko

Untuk teman muslim tidak perlu kebingungan mencari makanan atau minuman halal di Korea Selatan, Mufko bisa Anda andalkan selama berada di sana. Memiliki fitur food scanner yang bisa Anda gunakan saat berbelanja di minimarket atau supermarket dan kumpulan restoran halal dengan standar Muslim Certified, Self-Certified, Pork Free, veggie and Seafood.




Papago



Kesusahan saat membaca huruf hangeul di Korea Selatan, Papago bisa membantu hanya foto tulisan yang tidak dimengerti dan auto translate ke bahasa yang digunakan. Mendorong rasa percaya diri Anda untuk berinteraksi dengan warga lokal dengan fitur aplikasi ini dengan cara merekam suara mereka untuk saling memahami dan sebaliknya, namun izin terlebih dahulu. 



Subway Korea

Memiliki akses transportasi publik yang mudah ditemukan, aplikasi ini dapat melihat jadwal dan memesan tiket subway tanpa harus kesusahan membeli secara langsung. Dijamiin akurat jadwal transit keberangkatan kereta dan bisa diigunakan di daerah Seoul, Busan, Daejeon, Gwangjoo, dan Daegu




Sumber foto: Google dan Pinterest
Foto oleh: Nadia Dian Zahrani