Siapa yang tak kenal dengan Kota Malang? Sebuah Kota di Jawa Timur dengan beragam pesona wisata yang dimilikinya. Udara yang sejuk, masyarakat setempat yang ramah, membuat orang betah berlama-lama di Kota Malang. Melalui artikel ini, CASA Indonesia mencoba merangkum beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi:


1. Coban Rondo


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Air Terjun Coban Rondo / Ricky Liew

Penggemar wisata alam wajib berkunjung ke sini! Berjarak 12 Km dari Kota Batu, tepatnya berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Air Terjun Coban Rondo menyuguhkan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Selain menikmati air terjun, pengunjung dapat menelusuri taman labirin, menyewa sepeda gunung, dan menaiki kuda dengan harga yang terjangkau.


2. Museum Angkut


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Museum Angkut / Data Wisata


Jika Anda penggemar otomotif, Museum Angkut dapat menjadi pilihan wisata Anda. Museum berkonsep edukatif ini mengajak Anda untuk lebih mengenal sejarah perkembangan transportasi, baik dalam maupun luar negeri. Museum Angkut memiliki koleksi lebih dari 300 koleksi transportasi tradisional maupun modern.


3. Pantai Balekambang


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Pemandangan Pantai Balekambang yang mirip dengan Tanah Lot di Bali / Pariwisata.id

Dijuluki sebagai “Tanah Lot di Jawa Timur”, Pantai Balekambang hingga saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung dapat melakukan beberapa aktifitas pantai seperti, bermain pasir, bermain flying fox, menikmati sunset hingga mencoba aneka ragam makanan seafood lokal. Fasilitas di Pantai Balekambang ini juga cukup lengkap, mulai dari penginapan, rumah makan, toko oleh-oleh, area parkir luas hingga musholla.


Baca juga: Menarik! 10 Cafe Unik yang Wajib Dikunjungi di Malang


4. Batu Secret Zoo


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Tiger Land di Batu Secret Zoo / Jawa Timur Park Group

Sesuai dengan Namanya, Batu Secret Zoo adalah rumah bagi beragam jenis binatang. Satwa-satwa yang ada di Batu Secret Zoo didatangkan langsung dari Amerika Selatan dan Afrika. Selain itu, Batu Secret Zoo juga menjaga satwa-satwa yang terancam punah seperti gajah Sumatera, orang utan, burung rangkok, burung cenderawasih. Pengunjung juga dapat bertemu dengan harimau putih Siberia, kangguru, leopard hingga jaguar.


5. Pantai Batu Bengkung


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!



Pemandangan di Pantai Batu Bengkung / Anom Harya

Satu lagi, destinasi wisata pantai di Malang, yaitu Pantai Batu Bengkung. Pantai ini menjadi salah satu primadona wisata berkat pemandangan pantai yang didominasi batu karang yang eksotis. Dengan batuan karang alami yang membentuk kolam, pengunjung dapat berendam dikelilingi birunya laut Indonesia.


6. Masjid Tiban


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Arstitektur unik Masjid Tiban / KumoroMedium.com


Berkat arsitektur unik yang dimilikinya, Masjid Tiban ini ramai dikunjungi wisatawan, baik yang mau beribadah atau sekedar berkunjung menikmati keindahan arsitekturnya. Begitu datang, pengunjung disambut dengan gerbang gapura setinggi 30 meter. Dalam perancangannya, Masjid Tiban mengadopsi seni arsitektur dari Timur Tengah, Eropa, dan China.


Baca juga: 5 Hotel di Malang yang Nyaman untuk Keluarga


7. Gunung Bromo


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Milky Way di Bromo / Royal Tour Bromo

Gunung Bromo sampai saat ini masih menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Status aktif gunung api yang disandangnya, tak menyurutkan minat pengunjung berkat pesona keindahan yang dimilikinya. Pengunjung dapat menikmati indahnya panorama sunrise di ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, pengunjung dapat menelusuri lereng Gunung Bromo dengan menaiki mobil jip. Pengunjung juga dapat menelusuri berbagai tempat cantik di Gunung Bromo, seperti Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Bukit Kingkong, dan lainnya.


8. Jatim Park 1


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Wahana Airborne Shot / Jawa Timur Park

Sebuah taman hiburan berkonsep edukasi, Jatim Park 1 memiliki berbagai wahana yang siap mengisi aktifitas liburan Anda di Malang. Anda dapat mengajak buah hati Anda ke Science Park, tempat mempelajari hal-hal terkait fisika, kimia, dan biologi dengan cara yang menyenangkan. Terdapat juga kolam renang dengan berbagai permainan air untuk Anda yang gemar aktifitas air. Selain itu, di Jatim Park terdapat berbagai wahana permainan yang dapat memacu adrenalin Anda, seperti Flying Tornado, Pendulum 360, Superman Coaster, Sky Swinger, dan masih banyak lagi.


9. Batu Night Spectacular


9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!

Wahana Kursi Terbang di BNS / Trip Advisor

Tak seperti taman hiburan lainnya, Batu Night Spectacular buka pada malam hari. Terdapat berbagai wahana yang dapat membuat jantung  berdegub kencang, seperti Drag Race, Slalom Test, Mouse Soaster, Galeri Hantu, dan beberapa permainan lainnya. Buat Anda yang membawa anak-anak, tersedia juga juga Kids Zone dengan 25 wahana permainan. Selain itu, terdapat night market yang menjual aneka oleh-oleh khas Batu. Berdekatan dengan night market, terdapat food court yang menyajikan aneka makan dan minuman menarik.


Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Milkyway di Bromo / Afriandi Syahfril