Balenciaga baru saja meluncurkan koleksi hasil kolaborasi dengan Harry Nuriev yang merupakan seorang seniman, arsitek, dan juga desainer furnitur asal New York. Koleksi furnitur bertajuk Balenciaga Sofa tersebut dibuat khusus untuk ajang Design Miami 2019 yang berlangsung pada 4 - 8 Desember mendatang. Dengan persona Harry Nuriev yang selalu menggaungkan kesadaran lingkungan, Balenciaga menggaet dirinya untuk mendesain sofa yang konstruksinya dibuat menggunakan produksi tidak layak pakai milik rumah mode asal Prancis tersebut.

Desain Balenciaga Sofa dirancang layaknya sofa yang biasa ditemui pada rumah pada umumnya dengan kulit memakai material vinyl transparan yang memperlihatkan gumpalan bakaian tidak layak pakai atau tidak layak jual hasil produksi Balenciaga. Tumpukan pakaian yang ada di dalam sofa tersebut masih dilengkapi dengan label hingga motif khas Balenciaga yang sedang tren saat ini.

Melalui peluncuran sofa ini, Balenciaga ingin memaparkan bila desain yang ramah lingkungan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan menggunakan apa saja. Sebagai salah satu rumah mode raksasa dunia, isu lingkungan terutama mengenai produksi pakaian yang tidak layak pakai atau jual selalu menjadi isu yang harus ditanggapi secara bijak oleh Balenciaga. Bahasa desain selalu memberikan solusi untuk menjawab isu-isu seputar pemanfaatan material limbah layak pakai dan Balenciaga mencoba mewujudkannya lewat produk furnitur yang tetap memperlihatkan sisi stylish rumah mode legendaris itu.



Sumber: Hypebeast
Foto: dok. Balenciaga