Menyongsong liburan Natal dan akhir tahun yang kian mendekat, Anda tentu sudah menentukan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi bersama para keluarga atau sahabat.


Baca juga: 9 Fakta Unik tentang KonMari / Marie Kondo. Siapa Dia?


Namun sebelum Anda bisa berlibur, proses packing atau menyusun koper sering kali merepotkan. Anda memerlukan banyak barang dan pakaian, di sisi lain, koper Anda memiliki luas yang terbatas.


Mengutip Marie Kondo, penggagas seni merapikan ruang “KonMari”, CASA Indonesia akan memberikan solusi bagaimana sebaiknya Anda mem-packing koper untuk berlibur.


1. Lipat! Lipat!




Seni merapikan paling dasar dari Marie Kondo adalah melipat. Pastikan semua pakaian yang ingin Anda masukkan ke dalam koper Anda terlipat dengan rapi.


Baca juga: Ingin Rumah Nyaman? Ini Tips Bersihkan Rumah yang Tepat


Triknya, makin kecil Anda melipat pakaian Anda, makin banyak ruang koper yang tersisa. Lalu untuk barang-barang yang lebih kecil, Anda bisa melipatnya agar tidak lecek.


2. Manfaatkan Semua Ruang



Isi setiap ruang di dalam tas yang Anda bawa dengan pakaian / Pinterest




Jika Anda membawa banyak barang-barang dengan kompartemen di dalam koper, misalnya seperti tas selempang dan tas harian, juga pouch, jangan lupa untuk memanfaatkan kantong dan ruang-ruang di dalam barang tersebut.


3. Pastikan Bawa Barang yang Penting




Marie Kondo terkenal dengan istilah “spark joy”. Tidak hanya dalam menata interior rumah, istilah tersebut juga bisa digunakan Anda sebagai tips packing koper.


Jejerkan semua barang-barang Anda sebelum packing, pegang satu-satu barang tersebut dan berkontemplasilah, “apakah barang ini perlu dibawa? Apakah barang ini membuat diri saya senang?”


Jika Anda suka dengan barang tersebut silakan bawa, jika Anda berpikir tidak akan menggunakannya ketika berlibur, silakan tinggal saja di rumah.


4. Berkreasilah dengan Barang Bawaan




Marie Kondo selalu berkreasi dengan barang bawaannya ketika melakukan packing koper. Ia menyelipkan kaus kaki ke dalam cup bra, atau misalnya menyelipkan handuk kecil ke dalam kaus kaki. Intinya, berkreasi dan lihat barang-barang mana yang masih bisa dimaksimalkan ruangnya.


Sumber: Apartment Therapy
Teaser: Foto dok. Organizing Edge