Cuaca panas yang kerap terjadi belakangan ini seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih saat kita berada di dalam ruangan. Studi telah menunjukkan bahwa, cuaca yang panas dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi, memengaruhi suasana hati dan agresivitas. 


Salah satu solusi sederhana untuk menciptakan rumah yang sejuk saat cuaca sedang panas adalah dengan meletakkan tanaman hias penyerap panas di dalam ruangan. Selain berfungsi sebagai pendingin alami yang ramah lingkungan, tanaman hias penyerap panas juga bisa memberikan visual yang menarik ke dalam ruangan. 





Ini delapan tanaman hias penyerap panas di dalam ruangan yang Anda butuhkan untuk menjaga rumah tetap sejuk. 


1. Tanaman lidah mertua (Sansevieria)


(Photo by Charlotte May on Pexels)


Tanaman lidah mertua, atau dikenal juga sebagai tanaman ular, terkenal sebagai salah satu tanaman hias penyerap panas sekaligus pembersih udara terbaik. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di luar maupun di dalam ruangan. 


Saat diletakkan di dalam ruangan, tanaman hias ini dapat mengatur suhu ruang dan menjernihkan udara, terutama di malam hari, saat mikroskopis pori-pori daunnya terbuka untuk bertranspirasi. Itulah yang dapat membuat udara di dalam rumah Anda lebih sejuk dan bersih. 


2. Ficus benjamina


(Viktoria A-k @tthese_beautiful_thingss on Instagram)


Ficus benjamina adalah salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman hias ini dapat membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap sejuk dan lembap, memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan saat cuaca panas. Serta, dapat mendekontaminasi udara dengan menyerap partikel logam berat yang ada. 


Ficus benjamin dapat tumbuh sekitar dua hingga tiga meter ketika disimpan di dalam ruangan. Itu bisa menjadi titik focal menarik untuk ruang tamu Anda!


3. Ficus elastica (Rubber plant)


(Photo by Denley Photography on Unsplash)


Semakin besar ukuran dan banyaknya daun yang dimiliki suatu tanaman, maka semakin banyak uap air yang akan dilepaskan kembali ke udara. Ini akan membuat ruangan tempatnya disimpan menjadi lebih sejuk dan lembap. Alasan itulah yang menjadikan Ficus elastica sebagai salah satu tanaman hias penyerap panas di dalam ruangan terbaik; Memiliki ukuran daun yang besar dan banyak. 


Tanaman hias ini akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun. Meningkatkan kelembapan di dalam ruangan akan memberikan efek cooling yang Anda butuhkan saat cuaca panas.


4. Aglaonema


(Photo by Tiia Pakk on Pexels)


Jika Anda mencari tanaman hias penyerap panas yang mudah dirawat, sekaligus memiliki visual yang menarik, Aglaonema bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, tanaman hias ini memiliki tingkat transpirasi tinggi, sehingga mampu memurnikan dan meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya. Serta, warna daunnya yang unik dan beragam bisa membuat sudut ruangan di rumah Anda tampak semakin menonjol. 


5. Palem (Palms)


(Photo by Max Vakhtbovych on Pexels)


Tanaman palem (palms) bisa menjadi pilihan pendingin ruangan alami ramah lingkungan, yang sekaligus bisa memberikan nuansa tropical vibe ke dalam sudut ruangan Anda. Tanaman yang termasuk ke dalam famili pinang-pinangan ini mampu menyerap karbondioksida (CO2), dan melepaskan oksigen ke udara. 


Karena alasan itu, Anda dapat mengandalkan tanaman ini untuk membantu menjaga udara di dalam rumah tetap sejuk, bersih, dan lembap.




Ada banyak varietas tanaman palem yang bisa Anda pilih, seperti Areca palms, Fern palem, Livistona, Fishtail palms, dan Lady palms. Agar terlihat lebih menarik dan unik, Anda dapat menggabungkan beberapa varietas tanaman palem yang berbeda menjadi satu. 


6. Lidah buaya (Aloe vera)


(Photo by Tara Winstead on Pexels)


Sejak lama, aloe vera terkenal karena manfaat kecantikan dan kesehatannya, ini termasuk melembutkan kulit, memperbaiki kerusakan pada rambut, dan mengurangi peradangan. Tetapi ternyata, tanaman lidah buaya juga terkenal karena manfaat lainnya: Menyerap panas di dalam ruangan. 


Karena kandungan air yang tinggi pada daunnya, ketika bertranspirasi, tanaman lidah buaya ini akan melepaskan uap air dingin yang banyak ke udara—membuat udara menjadi lebih sejuk dan lembap. 


Selain itu, tanaman lidah buaya juga mampu memurnikan udara dengan menyerap karbondioksida (CO2), dan melepaskan lebih banyak oksigen ke udara. Serta, para ilmuwan mengatakan bahwa tanaman lidah buaya mampu menghilangkan formaldehida dan benzena, membuat udara menjadi lebih bersih. 


7. Devil's ivy (Pothos)


(@sun.roots on Instagram)


Tanaman Devil’s ivy ini memiliki daun berukuran besar yang menjadikannya pilihan ideal sebagai tanaman penyerap panas di dalam ruangan. Ini bisa membantu meningkatkan kelembapan di rumah Anda. 


Dan seperti beberapa tanaman hias lainnya, Devil’s ivy juga termasuk ke dalam tanaman pembersih udara karena kemampuannya menyerap polutan, seperti formaldehida, benzena, xylene dan karbon monoksida (CO). 


Tetapi, daun tanaman ini diketahui sangat beracun. Jadi, alangkah lebih baiknya jika meletakkan tanaman hias ini di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 


8. Spider plant


(Photo by Mathias Reding on Pexels)


Fakta bahwa tanaman hias ini dapat tumbuh subur dengan sedikit perawatan, hanyalah salah satu dari banyak alasan Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan spider plant ke dalam sudut rumah Anda. 


Tanaman hias ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk membantu menyejukkan udara di dalam ruangan dan menyerap beberapa racun yang ada, seperti formaldehida dan xylene. Selain berfungsi sebagai pendingin ruangan alami, spider plant juga bisa berfungsi sebagai elemen dekoratif di dalam ruangan. 






(Teaser: Photo by Jordan Benton on Pexels)