Hidup manusia tidak bisa terlepas dari tekstil. Jika memulai dari manusia, pakaian adalah produk utama yang menggunakan material kain. Jika berlanjut membahas tentang rumah, mayoritas elemen interior atau furnitur diselimuti oleh tekstil, seperti curtain, sofa, bed cover, dan masih banyak lagi. 







Semua memang kembali kepada selera penggunanya, tapi terkadang perubahan material dan warna yang kita gunakan dapat mengubah mood manusia. Apalagi jika berkaitan dengan bisnis retail. Tren warna dan material akan berpengaruh besar pada kesuksesan brand tersebut. 




Tekstil adalah bagian integral dari kehidupan modern, dalam berbagai rupa, tekstur, warna hingga detail-detail yang terus berinovasi. Telah dikenal sejak tahun 1971, Heimtextil terus hadir sebagai pameran tekstil terbesar di dunia dan memberikan jutaan inspirasi skala internasional. Lingkup industri yang digagas oleh Heimtextil terfokus pada bidang tekstil untuk produk rumahan, pelapis lantai, dan industri tekstil rumah tangga. 




Pengunjung dapat menemukan global trend forecast dan wawasan tentang topik desain populer, mulai dari kain dekoratif dan furnitur, tekstil untuk kamar tidur dan kamar mandi hingga wallpaper dan sun protection systems.






Tahun 2021 lalu seharusnya menjadi selebrasi besar sebagai anniversary ke-50, namun pameran ini diundur ke Juni 2022 karena kondisi pandemi. Bertempat di Messe Frankfurt, Jerman, pameran Heimtextil 2023 akan berfokus pada topik penting yang saat ini memengaruhi industri, yaitu sustainability, Heimtextil Trends, Sleep & More, dan Contract Business.



Lebih dari 2.200 peserta pameran internasional telah mendaftar untuk acara yang berlangsung pada tanggal 10-13 Januari 2023. 




Yang paling ditunggu-tunggu adalah area Trend Space yang menampilkan Heimtextil Trends. FranklinTill Studio (London), Stijlinstituut Amsterdam, dan Denmark’s SPOTT Trends & Business agency menawarkan wawasan tentang masa depan pasar nasional dan internasional, khususnya untuk home and contract textiles. Topik yang diangkat antara lain Textiles Matter: bear responsibility, Make and Remake, Continuous, From Earth, dan Nature Engineered.




Sumber foto: FrankinTill, Pietro Sutera, Thomas Fedra / Messe Frankfurt Exhibition GmbH