Telah terkenal sebagai desainer produk di Tanah Air, Abie Abdillah kembali mengharumkan nama Indonesia melalui karya terbarunya di FIND-Design Fair Asia yang berlangsung pada tanggal 21 - 23 September 2022 di Marina Bay Sands Expo & Convention Center Singapura.


View this post on Instagram

A post shared by studiohiji (@studiohiji)


Abie adalah desainer produk lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pendiri Studio Hiji yang berbasis di Jakarta. Kali ini, ia membawakan koleksi bernama bernama Clover Table, sebuah meja terinspirasi dari kelopak bunga semanggi. Produk ini memiliki visual yang terlihat kokoh dengan kombinasi kontras American white oak dengan kaki meja dari kayu kenari yang solid. Uniknya meja ini dibuat dengan konsep lepas pasang. 




bekerjasama dengan american hardwood export council (ahec), abie mulai menelusuri industri kayu dengan hardwood amerika dan ingin menggabungkan dengan bahan lokal untuk mempertahankan indentitas desain kayu indonesia di masa depan. dari segi komersial, penggunaan material kayu cukup menguntungkan karena mudah didapat dengan harga relatif murah namun masih dalam kualitas premium.






mengedepankan sustainabilitas, material kayu amerika ternyata memiliki dampak positif terhadap lingkungan. lebih dari 25 tahun lamanya, asosiasi ini turut membangun lingkungan kreatif bagi brand pengguna american hardwood serta berbagi informasi teknis bagi manufaktur, specifier, serta desainer di beragam belahan dunia. salah satunya adalah brand jotter goods untuk mempelajari lebih lanjut dapat dilihat melalui situs www.ahec.org




Melalui Studio Hiji, Abie ingin komunitas para pengrajin Indonesia turut berkontribusi melalui workshops menggunakan mesin yang bisa menghasilkan mebel dengan kualitas baik. Kilas balik tahun 2015, Abie Abdillah turut mengikuti pameran CASA menampilkan Pretzel bench berbahan rotan dan bagian dari alumni kompetisi CASA Design Challenge.


Sumber foto: AHEC
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani