Selain berlibur, akhir pekan juga pas bila dimanfaatkan untuk berolahraga, misalnya saja jogging. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jogging juga baik untuk meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, Anda menjadi lebih siap dan semangat menghadapi awal minggu baru. 


Saat ini, di kota besar seperti Jakarta sudah banyak tersedia jogging track atau lintasan lari yang nyaman untuk Anda berolahraga. Bahkan, beberapa tempat jogging ini dikelilingi oleh banyaknya tanaman dan pepohonan rindang, serta danau indah, yang bisa memberikan pemandangan menyegarkan untuk Anda. 





Berikut ini 7 tempat jogging di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berolahraga di akhir pekan. Simak!


1. Gelero Bung Karno (GBK)


(gbk.id)


Gelora Bung Karno (GBK) menjadi salah satu tempat jogging favorit warga Jakarta. Bagaimana tidak, GBK memiliki lintasan atletik stadion utama yang boleh digunakan masyarakat umum. Lintasan atletik dibuat untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta olahraga. Lokasinya juga strategis yang berada di pusat kota, menjadikan GBK jadi pilihan tempat yang pas untuk jogging di akhir pekan. 


Untuk merasakan pengalaman baru jogging di lintasan lari berstandar internasional, Anda perlu melakukan pemesanan online dan membayar biaya sebesar Rp.100.000 untuk dua jam. Harga yang sepadan untuk mendapatakan pengalaman baru sekaligus menyehatkan tubuh. 


2. Taman Suropati


(@temantaman.jkt on Instagram)


Selain berfungsi sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta, taman suropati juga menyediakan jogging track yang nyaman untuk para pecinta olahraga. Banyaknya tanaman dan pepohonan rindang bisa membuat Anda merasa lebih tenang, rileks, segar, dan nyaman berolahraga di tempat ini, sehingga Anda lebih siap dan segar memulai minggu baru. 


3. Taman Ayodya


(@temantaman.jkt on Instagram)


Tempat jogging lainnya di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berolahraga di akhir pekan adalah Taman Ayodya, yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Ayodya memiliki lintasan jogging yang cukup panjang, sekitar 1.700 meter. Di tempat ini, setelah lelah berlari, Anda bisa bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia sambil menikmati hijaunya pepehonan rindang. 


4. Taman Cattleya


(ayoketaman.com)


Mencari tempat jogging yang nyaman dan refreshing di Jakarta? Coba kunjungi Taman Cattleya! 




Taman Cattleya yang berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat, adalah satu dari sekian banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dimiliki oleh Pemrov DKI Jakarta. Taman ini dilengkapi dengan jogging track yang dikelilingi dengan pepohonan rindang, serta danau buatan yang indah. Anda bisa mengelilingi danau sambil berlari di jogging track. Sangat nyaman dan refreshing, bukan?


5. Taman Lapangan Banteng


(jakarta-tourism.go.id)


Taman Lapangan Banteng menjadi salah satu tempat jogging (dan olahraga) favorit warga Jakarta. Selain terdapat lintasan untuk jogging, di tempat ini juga terdapat lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan bola. Tanya hanya berolahraga, di Taman Lapangan Banteng Anda juga bisa menemukan sudut-sudut menarik untuk berswafoto, mempelajari monumen bersejarah, hingga menonton pertunjukkan air mancur yang berada di tengah-tengah taman.


6. Epicentrum Kuningan


(Photo by @pitrapics on Instagram)


Meskipun berada di kawasan perkantoran, tetapi Epicentrum Kuningan memiliki jogging track yang nyaman untuk Anda berolahraga di akhir pekan. Anda bisa berlari mengeliling tempat ini Anda akan disajikan pemandangan deretan gedung bertingkat dan pusat perbelanjaan modern. Di sepanjang lintasan jogging terdapat danau yang menambah cantik pemandangan saat Anda berlari. 


7. Taman Menteng


(@temantaman.jkt / Instagram)


Satu lagi tempat jogging favorit di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berolahraga di akhir pekan, yaitu Taman Menteng. Berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Taman Menteng memiliki lintasan lari untuk Anda jogging dengan nyaman. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan bermain basket atau futsal di lapangan basket dan lapangan futsal yang juga tersedia di tempat ini. Sebelum pulang, Anda bisa berfoto dengan latar rumah kaca yang menjadi daya tarik utama Taman Menteng. 


Itulah tujuh tempat jogging di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berolahraga di akhir pekan. Saat berkunjung ke tempat-tempat ini, gunakan fasilitas di dalamnya dengan bijak, ya. Jangan sampai merusak fasilitas di dalamnya. 




(Teaser photo by Taryn Elliott on Pexels)