Menuju akhir tahun, saatnya merencanakan liburan seru akhir tahun bersama keluarga. Kota Bandung bisa menjadi salah satu destinasi alternatif untuk berlibur bersama keluarga, selain Bali, Jogja, atau Nusa Tenggara. Tidak kalah menarik, Bandung juga memiliki banyak destinasi wisata outdoor seru untuk Anda dan keluarga. Mana sajakah itu, berikut ini beberapa rekomendasi tempat liburan outdoor keluarga di Bandung. Simak!


1. Glamping Legok Kondang Lodge


(@glamping_ciwidey on Instagram)


Glamour camping, atau glamping, bisa menjadi pilihan tempat berlibur yang seru dan nyaman di Bandung. Meskipun sama-sama bermalam di dalam sebuah tenda seperti camping pada umumnya, tetapi tenda glamping memiliki suasana yang lebih terjaga kenyamanan dan kebersihannya. 


Tidak menghilangkan elemen alam dari kegiatan camping, tenda glamping juga biasanya dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasana menjadi lebih sejuk, segar, dan menyatu dengan alam. 


Anda dan keluarga tidak perlu khawatir karena glamping sudah dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap, ini termasuk WiFi, air panas, perapian, restoran, dan pengamanan selama 24 jam. 


Ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan tidak terlupakan!


Alamat: Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


2. Kampung Singkur Pangalengan


(@ayorizqi on Instagram)

Kampung Singkur berada di tengah-tengah hutan pinus, itu menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Di sini terdapat penginapan dengan pemandangan sungai (dan tentu saja hutan pinus) yang bisa Anda dan keluarga sewa untuk bermalam. 


Selain bisa menikmati alamnya yang menakjubkan, Anda dan keluarga juga bisa menikmati ragam wisata di Kampung Singkur, ini termasuk rafting & tubing, camping, offroad, paintball, flying fox, dan masih banyak lagi. 


Alamat: Jl. Raya Situ Cileunca KM. 4 Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.


3. Imah Seniman Resort


(@imahseniman on Instagram)


Imah Seniman Resort merupakan salah satu tempat sempurna untuk berlibur bersama keluarga di Bandung. Kamar-kamar penginapan di tempat ini dilengkapi dengan pemandangan danau yang sangat indah dan menyejukkan. Tersedia juga berbagai fasilitas lainnya seperti cafe, galeri, hingga tempat rekreasi yang membuat Imah Seniman Resort begitu nyaman ditinggali selama berlibur. 


Alamat: Jl. Kolonel Masturi No. VIII, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


4. Villa Air Natural Resort


(@resarasyadan / @vilaairnaturalresort on Instagram)


Salah satu daya tarik utama tempat penginapan yang satu ini yaitu desain bangunannya yang unik ala Jepang. Tak hanya menarwarkan suasana asri, di vila ini Anda juga akan merasakan suasana calming dan rileks, sehingga sangat cocok untuk berlibur singkat bersama keluarga. 


Di sini, Anda dan keluarga juga dapat melakukan sejumlah aktivitas bersama, mulai dari jalan-jalan di kebun teh, memetik stroberi, hingga berkuda. Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia di sini, mulai dari coffee shop, cafe, indoor sport, WiFi, bahkan gift shop.


Alamat: Kompleks Vila Istana Bunga, Jl. Kolonel Masturi No.KM. 09, Karyawangi, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat. 




5. Dago Dream Park


(@dagodreampark on Instagram)


Dago Dream Park menjadi tempat liburan keluarga di Bandung berikutnya yang bisa Anda pilih. Tempat ini sangat cocok buat Anda dan keluarga yang ingin mengabadikan momen-momen kebersamaan, karena banyaknya spot foto menarik dan unik seperti wahana anti-gravity, sky tree, aladdin carpet, up house, dan masih banyak lagi.


Selain itu, ada juga berbagai aktivitas outdoor yang bisa Anda dan keluarga lakukan, seperti ATV, flying fox, dan permainan outdoor lainnya. Meskipun tidak memiliki penginapan sendiri, tetapi tempat ini dikelilingi sejumlah penginapan yang bisa Anda pilih. 


Alamat: Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


6. The Lodge Maribaya


(Photo by @meizalrossi / @thelodgemaribaya on Instagram)


Satu lagi tempat liburan keluarga di Bandung yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan; The Lodge Maribaya. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa merasakan sensasi menginap seperti camping dengan kamar yang unik. 


Ada banyak spot foto menarik untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan. Serta, terdapat ragam aktivitas wisata yang bisa Anda dan keluarga lakukan, mulai dari menaiki wahana balon udara yang menjadi ikon The Lodge Maribaya, menaiki wahana zip bike, hingga mencoba gantole. Dijamin, momen liburan keluarga kali ini tidak akan pernah terlupakan!


Alamat: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 


7. Dusun Bambu Lembang


(@ayorizqi on Instagram)


Dusun Bambu Lembang berada di kaki Gunung Burangrang, yang membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan memiliki pemandangan alam yang sangat menawan. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa menyewa penginapan pinggir danau yang sangat cantik, sekaligus menikmati sejumlah aktivitas outdoor seperti crazy kart drift, e-scooter, merasakan sensasi menaiki sampan, e-bike, dan berwisata kuliner. 


Alamat: Jalan Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.



Itulah tujuh rekomendasi tempat liburan keluarga di Bandung yang bisa Anda dan keluarga pilih. Selamat berlibur!






Teks: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Foto teaser by @@thecozycorner__ / @vilaairnaturalresort