Dapur minimalis dengan granit hitam menjadi desain favorit bagi banyak pemilik rumah. Alasan utamanya karena granit hitam terkenal sebagai salah satu material permukaan meja dapur yang kuat, tahan lama, mudah dibersihkan, memberikan kesan mewah, dan cocok diaplikasikan dengan berbagai jenis desain interior rumah, baik itu gaya modern, minimalis, hingga futuristik. 


Jika Anda tertarik untuk menerapkan desain dapur minimalis dengan granit hitam, ini beberapa inspirasinya untuk Anda!





Dapur minimalis dengan granit hitam bertema monokrom

Dapur minimalis dengan granit hitam

(Arsitek: Studio Wet (@studio_wet) / Photo by Fernando Alda (@fernandoaldafotografo))


Dapur minimalis tema monokrom dengan granit hitam akan semakin menonjolkan kesan elegan, minimalis, dan modern pada dapur Anda. Gunakan granit hitam pada permukaan meja island dapur atau countertop, dan padukan dengan warna putih pada kabinet. 


Dapur minimalis dengan granit hitam dan tone earthy

Dapur minimalis dengan granit hitam

(Photo by @stanzajaczkowskiphoto / Arsitek: Kohlrabi Architektura ( @kohlrabi_architektura ))


Anda bisa memadukan warna granit hitam pada countertop dengan tone warna earthy, seperti hijau lumut, pada kabinet di bagian bawah di dapur untuk menciptkan kesan dapur modern dan minimalis. Ini juga dapat menciptakan kesan hangat pada dapur Anda. Untuk mengimbangi paras gelap warna ini, gunakan warna abu-abu pada backsplash dapur dan warna putih dinding dapur, agar membantu membuat ruangan tetap berkesan terang.


Dapur minimalis dengan granit hitam pada backsplash

Dapur minimalis dengan granit hitam

(Photo by Max Vakhtbovych on Pexels)


Granit hitam tidak hanya bisa Anda aplikasikan pada countertop atau permukaan meja island dapur saja, tetapi juga pada backsplash. Karakteristik granit hitam yang mudah dibersihkan menjadi salah satu alasan utamanya—backsplash sangat mudah sekali kotor terciprat cairan atau bahan masakan. 


Untuk menciptakan kesan modern, padukan granit hitam pada backsplash dapur dengan warna putih pada kabinet atas dan warna cokelat kayu pada kabinet bawah. 


Dapur minimalis dengan granit hitam dan kayu bercorak

Dapur minimalis dengan granit hitam

(Photo by Mario Wibowo ( @mariowibowo_ ) / Desainer Interior: Inerre Interior ( @inerre_interior ))


Memadukan granit hitam pada countertop dan backspalash, dengan kayu bercorak pada kabinet bisa menjadi pilihan desain tepat untuk menciptakan kesan dapur yang tidak monoton dan lebih mewah, tanpa berlebihan. 


Dapur minimalis dengan granit hitam bertema all black

Dapur minimalis dengan granit hitam

(@thepacific.group on Instagram)


Keseluruhan hitam pada dapur, kenapa tidak? Dapur minimalis dengan granit hitam bertema all black benar-benar bisa membuat dapur Anda terlihat sangat elegan, berkelas, dan memberi kesan misterius. Agar tidak terkesan gelap dan “tidak berjiwa”, pastikan Anda memasang pencahayaan yang baik dan cukup memadai. 


Dapur minimalis dengan granit hitam dan kombinasi abu-abu-pink pastel

Dapur minimalis dengan granit hitam

(Photo by Max Vakhtbovych on Pexels)


Perpaduan granit hitam dengan kombinasi abu-abu-pink pastel akan menciptakan nuansa dapur yang lembut dan juga unik. Gunakan granit hitam pada permukaan meja island dan countertop, lalu padukan dengan kabinet dengan warna kombinasi abu-abu dan pink pastel. Sungguh sangat menarik dan unik!


Hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih granit hitam untuk dapur. 


1. Granit cocok untuk dapur yang luas




Jika Anda menginginkan dapur dengan nuansa elegan dan mewah, tanpa terkesan berlebihan, maka menggunakan granit hitam untuk dapur adalah pilihan yang tepat!


Kendati demikian, penggunaan granit hitam ini akan lebih baik jika diaplikasikan pada dapur yang luas. Materialnya yang terlihat besar dan berat menjadi alasan utama material ini kurang cocok ditempatkan di dapur yang sempit. 


Akan tetapi, jika Anda memiliki dapur yang sempit, jangan berkecil hati dulu. Anda masih bisa menggunakan material granit untuk dapur sempit dengan memadukannya dengan warna putih dan tambahan cermin, yang bisa memberikan ilusi dapur yang luas. 


Apalagi, warna putih pada keseluruhan dinding dapur (dan kabinet) yang dipadukan dengan warna hitam dari granit pada permukaan meja atau countertop akan membuatnya terlihat seakan-akan mengapung, dan menjadi titik fokus utama di dapur Anda. 


2. Gunakan pencahayaan yang baik dan cukup memadai


Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan granit hitam di dapur, Anda harus memerhatikan pencahayaan di dalam ruangan tersebut. Adapun pencahayaan yang disarankan yaitu lampu terang berwarna putih.


Hal ini karena, pencahayaan yang baik dan cukup memadai akan semakin menonjolkan corak unik dan kilauan pada granit hitam. Ini juga akan membuat dapur Anda terkesan lebih hidup dan tidak gelap. 


3. Memiliki harga yang mahal


Kesan elegan dan mewah yang ditampilkan granit hitam membuatnya dihargai dengan harga yang mahal. Tetapi itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan; sangat kuat, tahan panas, tahan lama, dan mudah dibersihkan. 


4. Membutuhkan perawatan rutin


Supaya granit lebih tahan lama dan tetap kuat, Anda perlu merawatnya secara rutin. Selain harus dibersihkan setelah digunakan, material ini juga membutuhkan pelapisan secara berkala untuk melindunginya dari noda dan menjaga kilau indahnya. 



Itulah beberapa ide desain dapur minimalis dengan granit hitam yang bisa Anda tiru di rumah. Ada banyak jenis granit hitam yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan konsep interior, serta budget Anda sendiri. Perlu diketahui, material ini sangat tidak yang ramah DIY (Do It Yourself)?, sehingga Anda harus mengandalkan profesional dalam proses pemasangannya. 




Teks: Calvin Tedja
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Sumber foto: Photo by @stanzajaczkowskiphoto / Arsitek: Kohlrabi Architektura (@kohlrabi_architektura)