Hijau sage (sage green) adalah warna yang sekilas tampak seperti hijau keabu-abuan. Belakangan, warna ini menjadi sangat populer untuk mempercantik hunian. Kesan lebih luas, sejuk, dan klasik sangat terasa saat mengaplikasikan warna ini ke dalam interior rumah. 

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan warna ini, berikut beberapa ide desain warna hijau sage untuk interior rumah Anda. 





1. Kombinasi warna hijau sage dan cokelat 


(kityandb.com)


Buat Anda yang suka tampilan interior rumah yang lebih earthy, warna hijau sage yang dikombinasikan dengan warna cokelat kayu sangat cocok Anda terapkan ke dalam hunian. Anda bisa mengaplikasikan warna hijau sage pada keseluruhan dinding yang akan memberikan kesan segar dan hangat, lalu kombinasikan warna cokelat kayu dari beberapa furnitur. 

Tambahkan pot tanaman hias di sudut ruangan untuk semakin menonjolkan kesan segar pada ruangan. 


2. Padukan warna hijau sage dengan pink pastel


(Photo by Ezymore on Pinterest)


Warna sage green termasuk salah satu warna yang mudah untuk dipadu padankan dengan warna lain, seperti warna pink pastel. Warna pink kalem yang memiliki tone terang berpadu apik dengan hijau sage yang cenderung memiliki tone gelap.

Aplikasikan warna hijau sage pada bagian keseluruhan dinding dan berikan sentuhan warna pink pastel untuk menghasilkan tampilan yang manis dan anti-mainstream. Suasana di dalam kamar pun akan terasa lebih nyaman, manis. dan hangat dengan dua kombinasi warna ini. 


3. Padukan warna hijau sage dengan biru


(roomdesign.com)


Warna hijau sage ini juga tidak akan kalah bagus ketika dipadukan dengan warna biru. Buat interior rumah lebih unik, aplikasikan warna hijau sage ke seluruh dinding rumah, dan berikan aksen dekoratif berwarna biru seperti pada vas bunga, karpet, furnitur, gorden, atau lainnya. 

Apabila Anda lebih menyukai tampilan ruangan yang bold, Anda bisa menggabungkan warna hijau sage dengan warna biru dongker. Perpaduan warna hijau sage yang lebih cerah dengan biru dongker yang lebih gelap akan terlihat kontras dan sangat mencolok. 


4. Warna hijau sage untuk dinding bata ekspos


(braveneweco.com.au)


Jika umumnya, dinding bata ekspos dibiarkan dalam warna aslinya, kenapa Anda tidak bereksplorasi dengan memberikan warna hijau sage pada dinding bata ekspos? Itu akan memberikan kesan ruangan yang lebih unik dan estetis!


5. Warna hijau sage untuk menghadirkan kesan elegan 


(ikea.com)


Warna sage green juga bisa digunakan untuk menghadirkan kesan elegan dan mewah ke dalam ruangan. Warna hijau keabu-abuan ini sangat cocok diaplikasikan untuk konsep interior modern. Anda bisa mengaplikasikan warna hijau sage dan padukan dengan furnitur berwarna abu-abu. Meskipun warna hijau sage memiliki hint keabu-abuan, tetapi Anda tetap bisa memadukan warna sage green dengan abu-abu—baik itu abu-abu gelap ataupun terang. Alasannya, kombinasi dua warna ini akan menciptakan kesan modern, elegan, dan kalem ke dalam ruangan. 




6. Gunakan warna hijau sage untuk kamar yang cozy


(@sandramade on Instagram)


Ketika diaplikasikan di kamar tidur, warna hijau sage akan menciptakan suasana kamar yang nyaman, hangat, dan cozy

Warna hijau sage ini dapat bekerja dengan baik untuk ruangan yang tidak terlalu luas agar terasa lebih nyaman dan lega, terlebih saat dikombinasikan dengan warna putih. Apabila warna putih dirasa mudah kotor, Anda bisa menggantinya dengan warna krem yang juga sangat cocok disandingkan dengan warna hijau sage.


7. Memadukan warna hijau sage dengan hitam


(Lucy Sharpe @asharpefamilyhome on Instagram)


Memadukan warna hijau sage dengan hitam, kenapa tidak? Kombinasi dua warna ini akan memberikan tampilan interior yang lebih tegas dan unik. 

Warna hijau sage dengan warna hitam dapat menghasilkan kombinasi yang seimbang. 

Warna hitam untuk kombinasi unik ini bisa diambil dari furnitur maupun dekorasi ruangan. Anda juga bisa menambahkan pot tanaman hias berdaun hijau untuk menyempurnakan tampilan ruangan yang unik ini. 



Itulah beberapa ide desain warna hijau sage untuk interior rumah Anda. Mana ide desain warna sage green yang paling Anda sukai? 





Teks: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Sumber foto teaser: Photo & Produk: Vivere (@viverecollection) x Cottonink (@cottonink) / Desain Interior: Alvin Tjitrowirjo (@alvin_tjitrowirjo @alvint_id)