Ketika sedang menjalani program diet, tentu Anda perlu memerhatikan menu makan siang sebaik mungkin. Pastikan agar tidak sembarangan, karena menu makan siang untuk diet yang sehat dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Berikut ini beberapa menu makan siang untuk diet yang bisa jadi rekomendasi. Apa saja? Yuk disimak!


1. Sandwich ayam alpukat





Sandwich ayam alpukat adalah menu makan siang untuk diet yang tidak hanya sehat tetapi juga praktis. Sama seperti membuat sandwich pada umumnya, siapkan roti, bisa roti gandum, roti sandwich, atau roti bap. Kemudian beri isian sesuai selera, ini termasuk sayur-sayuran, ayam pan-grilled, keju mozzarella (optional), dan pasta alpukat. 


Sebuah penelitian tahun 2013 membuktikan bahwa, orang yang makan alpukat dilaporkan merasa lebih kenyang dan tidak memiliki keinginan untuk makan berlebih setelahnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah ini. Maka dari itu, memasukkan alpukat ke dalam menu makan siang untuk diet Anda dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori, yang pada gilirannya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 


2. Green salad


Green salad menjadi salah satu menu andalan bagi kebanyakan orang yang sedang menjalani program diet. Makanan ini dinilai sehat dan juga praktis. Sesuai namanya, green salad hanya menggunakan sayur-sayuran yang berwarna hijau, seperti selada, baby spinach, timun, dan alpukat. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat atau tomat anggur. 


Tambahkan green salad dengan daging ayam atau ikan rebus kurang lebih 30-40 gram sebagai sumber protein. Anda juga bisa menambahkan kentang dalam porsi kecil sebagai sumber karbohidrat. Tidak lupa minyak zaitun, mayones rendah lemak, dan bahan dressing salad untuk diet lainnya.


3. Sup sayuran


Menu makan siang untuk diet yang sehat dan praktis berikutnya adalah sup sayuran. Sajikan sup dengan banyak sayuran berserat, seperti bayam, buncis, brokoli, yang dapat memberi energi ekstra dan membuat kenyang lebih lama. Sebagai sumber karbohidrat, Anda bisa menambahkan kentang ke dalam sup sayuran. Anda juga bisa menambahkan telur puyuh, bakso, atau ayam, sebagai sumber protein. 


4. Pasta wortel 


Sebagai variasi menu makan siang untuk diet, Anda bisa mencoba pasta wortel. Sesuai dengan namanya, alih-alih menggunakan saus bolognese atau saus carbonara, pasta wortel menggunakan saus wortel sebagai bahan utamanya. Rebus pasta seperti biasa, lalu campurkan dengan saus wortel yang terdiri dari wortel rebus yang sudah dihaluskan, bawang putih, oregano bubuk, lada, dan basil secukupnya. 


Supaya semakin kaya nutrisi dan mengenyangkan, Anda juga bisa menambahkan jamur, tomat, paprika merah, dan potongan ayam ke dalam pasta wortel. Pasta wortel termasuk menu makanan sehat rendah kalori yang sangat cocok untuk untuk diet. 


5. Tumis udang brokoli


Udang dan brokoli merupakan dua bahan pangan yang diketahui sangat bergizi tinggi. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran rendah kalori yang sangat bagus untuk program diet. Sementara itu, udang sangat kaya dengan protein dan vitamin D, dengan sedikit karbohidrat, yang juga sangat baik untuk Anda yang tengah menjalankan diet menurunkan berat badan. Tumis udang brokoli cocok sekali untuk makan siang bagi Anda yang ingin tetap bertenaga selama menjalani program diet. 




6. Kimbab beras merah


Buat Anda yang suka dengan makanan Korea, kimbab dengan beras merah bisa menjadi pilihan menu makan siang untuk diet yang tepat. Beras merah kerap kali dijadikan sebagai alternatif pengganti beras putih bagi orang yang sedang menjalankan program diet. 


Sumber karbohidrat dari beras merah dapat meningkatkan metabolisme, membuat Anda merasa lebih kenyang sekaligus membantu mengelola berat badan. 


Nasi roll khas Korea ini dapat diisi dengan timun, crab stick, wortel, dan kimchi. Berikan taburan nori dan wijen untuk menambahkan rasa gurih. 


7. Bento khas Jepang


Selain kimbab khas Korea, ada bento khas Jepang yang bisa jadi referensi menu makan siang untuk diet. Buat bento dengan komposisi seimbang antara sayuran dengan karbohidrat atau protein di dalamnya. Pilih sumber protein dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Tambahkan saus khas Jepang yang lezat untuk melengkapi menu makan siang bento.


8. Ayam saus lemon


Bagi Anda yang sedang mencari referensi menu makan siang untuk diet, coba ayam lemon! Menu makan siang untuk diet ini sangat tinggi protein dengan kadar lemak yang tidak berlebih. Goreng atau panggang ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan, lalu siram dengan saus lemon. 


9. Urap sayuran 


Urap sayuran memang jadi pilihan menu makan siang untuk diet yang baik. Urap sayuran dibuat dari berbagai jenis sayur-sayuran, seperti toge, sawi, kacang panjang, wortel, kembang kol, dan sayuran lainnya sesuai selera. Di atasnya beri campuran parutan kelapa yang terdiri dari kelapa parut, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, gula, dan garam. Ini menu makan siang untuk diet yang rendah kalori, namun tetap bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh. 


Itulah beberapa rekomendasi menu makan siang dari AlaCASA untuk diet yang sehat dan memberikan ekstra tenaga. Sebisa mungkin pilih makanan yang mengandung cukup kalori, serat dan nutrisi lainnya. Kurangi bahan makanan yang tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi karbohidrat agar tidak mengacaukan program diet yang Anda sedang dijalani.





Teks: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Sumber Photo: Photo by MART PRODUCTION on Pexels)