Memasang dan menghias pohon natal menjadi salah satu tradisi wajib yang biasa dilakukan menjelang Hari Raya Natal. Tetapi ada kalanya Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang atau anggaran untuk pohon natal hidup, atau hanya tidak ingin membelinya karena alasan keberlanjutan. Untuk itu, AlaCASA punya pilihan alternatif pohon natal yang lebih praktis, lebih murah, dan dapat digunakan kembali selama bertahun-tahun yang akan datang. Simak!


1. Alternatif pohon Natal dari karton tebal

alternatif pohon natal

(Photo by lovelyindeed.com)





Pohon Natal dari karton tebal atau cardboard seukuran ini bisa menjadi alternatif pohon Natal yang lebih praktis, unik, murah, super festive, ramah lingkungan, dan tenang saja…ini masih bisa digunakan kembali hingga tahun berikutnya, asalkan dilipat dan disimpan dengan baik. Supaya lebih menarik dan meriah, Anda bisa mengecat pohon Natal dari karton tebal ini dengan warna-warna cerah khas Natal, dan jangan lupa tambahkan string led lights!


2. Alternatif pohon Natal dari ornamen-ornamen


(Photo by inspiredbycharm.com)


Jika Anda masih memiliki bekas ornamen Natal dari tahun lalu, Anda bisa menggunakannya untuk membuat hiasan dinding pohon Natal. Ini termasuk alternatif pohon Natal yang tidak kalah unik, meriah, tidak memakan banyak ruang, dan murah. Susun ornamen-ornamen membentuk pohon Natal pada sebuah bingkai. Kemudian, Anda bisa menggantungnya di ruang makan, ruang tamu, atau di hallway rumah Anda. 


3. Pohon Natal minimalis


(Photo by designingvibes.com)


Buat Anda yang mencari alternatif pohon Natal sederhana dan unik, pohon Natal minimalis satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pohon Natal ini dibuat dari daun pinus palsu yang disusun dan diikat membentuk pohon Natal pada sebuah dowel kayu, atau bisa juga menggunakan sebuah batang pohon yang akan menambah kesan estetik dan natural. Tambahkan pula lampu bohlam kecil untuk membuatnya terlihat lebih meriah. 


4. Tapestry pohon Natal


(Photo by Lucy / craftberrybush.com)


Tapestry pohon Natal yang Anda lukis sendiri bisa menjadi alternatif pohon Natal yang unik dan sangat cocok dengan desain interior apapun. Itu juga bisa disimpan untuk digunakan kembali tahun-tahun berikutnya, dan tidak memakan banyak ruang sehingga sangat pas buat Anda yang tinggal di hunian kecil atau apartemen studio. 


Anda hanya cukup menggantung tapestry pohon Natal di dinding, lalu pada bagian bawahnya, Anda bisa meletakkan karpet bulu kecil dan beberapa dekorasi kotak hadiah yang akan semakin menambah suasana Natal ke dalam hunian. 




5. Alternatif pohon Natal dari rak kayu macrame


(Photo by liagriffith.com)


Pohon Natal non-tradisional yang satu ini terbuat dari rak kayu macrame berbentuk segitiga mirip dengan pohon pinus. Rak kayu macrame ini bisa Anda hias dengan cabang pinus kering, lilin, dan ornamen Natal. Setelah hari perayaan Natal selesai, rak kayu macrame ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan tanaman hias, foto, atau koleksi buku Anda. 


6. Pohon Natal dari benang rajut


(Photo by abeautifulmess.com)


Suasana Natal yang meriah tetap bisa Anda hadirkan ke dalam rumah dengan alternatif pohon natal yang terbuat dari benang rajut. Rekatkan benang rajut berwarna-warni di sekeliling karton berbentuk kerucut. Lalu pada bagian atasnya beri ornamen bintang berwarna keemasan. Ini akan terlihat mencolok di dinding berwarna putih. Tidak terlalu sulit dibuat untuk hasil yang begitu manis, bukan?


Itulah beberapa alternatif pohon Natal untuk memeriahkan perayaan Natal Anda bersama keluarga. Selamat Natal!





(Teaser photo by Karolina Grabowska on Pexels)