Setelah disibukkan dengan segudang pekerjaan dan aktivitas, traveling adalah salah satu momen healing yang dinanti-nantikan untuk menyegarkan pikiran. Tetapi, banyaknya barang yang hendak dibawa seringkali membuat para traveler, khsusunya wanita, lupa membawa perlengkapan traveling wajib. Apa saja? Berikut ini beberapa perlengkapan traveling wanita yang wajib dibawa saat berlibur. Catat ya!


1. Tas kecil untuk bepergian


(Photo by Anna Tarazevich on Pexels)





Tas kecil bisa dipergunakan untuk meletakan banyak barang pribadi seperti kamera, dompet kecil, headset, dan barang lainnya. Tas kecil ini memudahkan Anda menyimpan berbagai barang yang diperlukan ketika menelusuri objek wisata. Jadi lebih praktis, bukan?


2. Tas atau koper cadangan


(Photo by Vlada Karpovich on Pexels)


Saat berlibur, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh dan berbelanja. Mempersiapkan tas atau koper cadangan ini bisa membantu Anda mendapatkan space lebih untuk membawa barang-barang belanjaan dan oleh-oleh untuk teman dan keluarga di rumah. 


3. Vitamin dan obat-obatan


(Photo by Polina Tankilevitch on Pexels)


Memang tidak ada yang mengharapkan hal-hal buruk terjadi ketika berlibur, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri. Bawa serta vitamin dan obat-obatan untuk penyakit ringan ketika pergi berlibur, seperti obat sakit kepala, obat diare, obat flu dan batuk, obat demam, plester, dan obat merah untuk luka. Masukan vitamin dan obat-obatan ke dalam organizer bag agar tidak tercecer dan lebih mudah ditemukaan saat dibutuhkan. 


4. Pembalut dan pantyliner


(Photo by Polina Zimmerman on Pexels)


Ketika bepergian bawalah beberapa pantyliner dan pembalut untuk berjaga-jaga jika tamu bulanan datang. Masukan pantyliner dan pembalut ke dalam organizer bag terpisah agar tidak tercecer. 


5. Travel size toiletries


(@minisoindo on Instagram)


Perlengkapan mandi atau toiletries adalah barang yang wajib dibawa saat bepergian. Supaya tidak memakan banyak tempat di koper, bawalah toiletries dalam ukuran kecil (travel size). Beberapa brand kini telah menyediakan produk toiletries dalam ukuran kecil, Anda bisa membelinya agar lebih praktis. Tetapi, Anda juga bisa memindahkan produk toiletries (dalam ukuran normal) ke botol-botol yang lebih kecil. 


6. Travel size skincare


(@minisoindo on Instagram)

Ini adalah perlengkapan traveling wanita lainnya yang wajib dibawa saat berlibur. Meskipun tengah berlibur, Anda juga tetap perlu merawat kulit. Matahari, polusi, debu, dan kotoran yang bisa menempel ke kulit selama berlibur dapat membuat kulit kusam, kering, dan menyebabkan munculnya jerawat. 


Untuk meminimalisir barang bawaan yang menumpuk, Anda bisa memindahkan isi skincare ke botol travel size, atau membeli produk perawatan kulit dengan ukuran yang lebih kecil. Itu dapat menghemat ruang di koper dan mengurangi beban barang bawaan Anda. 


7. Sandal dan sepatu


(Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


Saat bepergian, hindari menggunakan sepatu high heels, dan usahakan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sendal dan sepatu sneakers. Itu akan memberi Anda kenyamaan (dan mengurangi rasa sakit) saat harus berjalan kaki mengeksplorasi tempat wisata atau jalanan kota.  


8. Powerbank dan kabel charger


(@minisoindo on Instagram)


Saat mengemas barang bawaan yang hendak dibawa untuk berlibur, pastikan Anda memasukkan powerbank dan kabel charger gadget Anda ke dalam koper. Anda tentu tidak ingin kehilangan momen untuk diabadikan saat berlibur bukan?

Sebelum berangkat ke tempat wisata, pastikan selalu baterai kamera, ponsel, dan powerbank sudah terisi penuh, ya!

Namun perlu diperhatikan, ketika Anda hendak bepergian dengan menggunakan pesawat, maksimal daya powerbank yang diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat yaitu tidak melebihi 27.000mAh atau sekitar 100wh. 




9. Hygiene kit


(Photo by Artem Podrez on Pexels)


Hygiene kit adalah barang lainnya yang tidak kalah wajib dibawa saat bepergian. Hygiene kit, yang terdiri tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer, dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan atau sebelum menggunakan fasilitas bersama, misalnya dudukan toilet umum. 


Usahakan untuk membawa hygiene kit dalam ukuran travel size yang lebih mudah untuk dibawa-bawa. 


10. Uang tunai secukupnya 


(Photo by Ahsanjaya on Pexels)


Meskipun saat ini sudah banyak tempat wisata yang menerima pembayaran non tunai (cashless), tetapi Anda tetap perlu membawa uang cash secukupnya untuk berjaga-jaga. Pasalnya, masih ada beberapa tempat yang hanya menerima uang tunai sebagai sistem pembayaraannya, atau adanya technical issue yang tidak bisa dihindari.  


11. Payung dan jas ujan


(@minisoindo on Instagram)


Jika Anda berencana bepergian di waktu musim hujan, pastikan Anda membawa jas hujan atau payung ketika berlibur. Ini akan melindungi Anda dari guyuran air hujan yang bisa membasahi tubuh dan membuat Anda terserang penyakit. 


Supaya lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat di koper dan mudah di simpan di tas kecil, Anda bisa membawa payung kecil yang bisa dilipat.


12. Peralatan ibadah 


(Photo by Anastasia Shuraeva on Pexels)


Untuk wanita muslimah, jangan lupa membawa peralatan ibadah saat bepergian. Pilihlah peralatan ibadah berukuran kecil yang tidak memakan banyak ruang di koper, dan lebih mudah dibawa-bawa. 


13. Peralatan traveling ke tempat dingin


(Photo by Timur Weber on Pexels)


Selain peralatan traveling yang disebutkan sebelumnya, bagi Anda yang berencana traveling ke tempat dingin, pastikan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat Anda tetap nyaman dan hangat. Ini termasuk penutup telinga, kupluk, jaket winter, syal, long john, dan juga sarung tangan yang dapat digunakan untuk touch screen ponsel.



Itulah 13 perlengkapan traveling wanita yang wajib dibawa saat berlibur. Selamat berlibur!





Teks: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Sumber foto: Photo by Vlada Karpovich on Pexels