Memiliki area eksterior rumah yang indah merupakan dambaan bagi pemilik hunian. Salah satu area eksterior yang kerap membutuhkan perhatian lebih adalah area taman. Selain fungsi utamanya untuk menyimpan tanaman-tanaman kesayangan, taman juga sering kali digunakan untuk kegiatan lain seperti makan bersama keluarga, berkumpul atau hanya menikmati udara segar dengan secangkir teh.


Banyak cara untuk mempercantik area taman di rumah Anda. Salah satunya adalah dengan mendekorasi taman Anda dengan penerangan lampu yang menarik. Anda dapat menghias taman Anda dengan inspirasi dan kreasi lampu taman yang telah Tim CASA Indonesia rangkum di bawah ini. Yuk, simak inspirasinya!


Lampu Tumblr

Lampu tumblr merupakan pilihan paling instan namun dapat menghasilkan suasana yang hangat nan cozy. Lampu yang lazimnya digunakan sebagai lampu hias ini sebenarnya merupakan kumpulan lampu-lampu LED kecil yang terjalin dalam suatu rangkaian kabel. Jenis lampu ini tersedia dengan berbagai warna dan bentuk.



Tumblr Light / Bukalapak


Anda dapat mengkreasikan lampu tumblr sebagai lampu aksen di pergola kayu atau Anda dapat juga membentangkan lampu ini dari sudut rumah Anda ke sudut lainnya. Warna yang direkomendasikan untuk mendapat kesan cozy adalah warna-warna hangat seperti kuning atau warm white. Namun, jika Anda ingin mendapatkan suasana yang festive, Anda bisa, lho, membeli lampu tumblr berwarna-warni dengan gerakan lampu yang lebih meriah.


Lampu Bohlam yang Digantung

Pernah melihat lampu-lampu bohlam yang digantung seperti ini? Mungkin Anda seringkali menemuinya di cafe dengan konsep cozy dan hangat. Sama seperti lampu tumblr, Anda dapat menggunakan lampu bohlam ini dengan cara digantung atau dibentangkan di sekitar area taman Anda.



Lampu Bohlam atau Light Bulb / The Illuminated House


Lampu bohlam ini umumnya dapat menghadirkan suasana yang hangat, walaupun ada beberapa pilihan warna lampu yang lainnya, namun disarankan untuk memilih warna lampu kuning atau warm white untuk area taman Anda.


Baca juga: Rekomendasi dari Ahli! Ide Lampu Taman Rumah Minimalis


Lampu di Pohon

Apakah Anda memiliki pohon di area taman Anda? Jika ya, mungkin inspirasi ini cocok untuk Anda! Anda dapat mempercantik area taman dengan memberikan penerangan pada pohon yang ada di rumah Anda.



Lampu Bohlam di Pohon / nytimes


Anda dapat menggunakan tumblr light atau jenis lampu LED stripes yang dapat dipasang di sekeliling batang pohon Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengkreasikan berbagai lampu gantung seperti lampion yang diletakkan di antara dahan-dahan pohon untuk menciptakan kesan taman yang lebih meriah.


Lampion / IKEA


Lampu Lentera ala Vintage

Untuk mengkreasikan lampu di taman, Anda juga dapat menggunakan barang-barang bekas, lho! Jika Anda menyukai gaya penerangan ala vintage, Anda dapat menggunakan lampu lentera bekas yang digunakan sebagai lampu hias.



Lampu Lentera Vintage / LTD Commodities


Selain menambah suasana vintage di eksterior rumah Anda, lampu ini ternyata memiliki nilai tersendiri bagi para pecinta gaya vintage. Anda bisa mengkreasikan rumah lampu lentera dengan lampu bohlam atau lampu LED dengan warna kuning untuk mendapatkan kesan vintage yang maksimal!


Lampu LED Strips

Ingin membuat jalan di taman dengan suasana yang mewah? Anda bisa, lho, mengkreasikan jalur di area taman Anda menggunakan lampu LED Strips. Lampu ini berupa kumpulan lampu-lampu yang dihubungkan menjadi garis fleksibel yang dapat dibentuk sesuka hati.



LED Strips / Lina Saleski




Lampu ini memiliki beragam warna dan ketebalan. Biasanya, lampu LED Strips dipasang mengikuti jalur yang diinginkan. Jika Anda mempertimbangkan jenis lampu ini untuk area taman, pastikan Anda menempatkan soket lampu di area yang aman dari basah, ya!


Lampu Flicker atau Lampu Api



Lampu Flicker atau Lampu Api / Amazon


Coba perhatikan, ini api dari lilin yang menyala atau sebuah lampu, ya? Ternyata ada, lho, jenis lampu yang dapat menyerupai api seperti ini! Lampu flicker atau lampu api adalah lampu pijar dengan tipe fitting yang berbentuk jilatan api, sehingga cahaya yang ditampilkan dapat menyerupai cahaya api yang bergerak-gerak.


Baca juga: Coba Sendiri! Ini Tips Mendekorasi Interior Secara DIY


Lampu DIY


Selain lampu yang sudah tersedia di pasaran, Anda juga dapat mengkreasikan sendiri lampu Anda! Sudah banyak berbagai tips DIY yang beredar di internet untuk membuat lampu dengan kreasi sendiri. Beberapa di antaranya yang bisa Anda coba di rumah adalah:


1. Mason Jar Light



Mason Jar Light DIY / The Garden Glove


Menggunakan toples kaca atau mason jar, Anda bisa mendapatkan tampilan yang unik dan elegan dari lampu DIY yang satu ini, lho!


2. Lampu dari Karton Bekas



Kreasi Lampu dari Karton Bekas / Google


Punya karton bekas di rumah? Kreasikan saja jadi lampu taman! Berbagai bentuk dan desain bisa Anda ikuti. Jangan lupa untuk menyisakan lubang untuk masuknya lampu, ya!


3. Lampu dari Kaleng Bekas



Lampu dari Kaleng Bekas / Interior Design ID


Mudah sekali! Jika Anda memiliki kaleng bekas di rumah, Anda dapat mengecat kaleng-kaleng bekas tersebut dan membuat lubang dengan paku sesuai bentuk yang Anda inginkan. Simpan lampu di bawahnya dan kreasi lampu low budget ini siap bertengger di taman rumah Anda!


4. Lampu ala Macrame



Lampu Macrame / Rockmywedding


Tidak hanya tanaman kesayangan yang bisa digantung menggunakan macrame, namun Anda juga dapat mengkreasikan bentuk macrame sesuka hati Anda untuk lampu bergaya Boho.


Memilih lampu taman mungkin terdengar simpel dan mudah, namun Anda tetap harus memperhatikan konsep dan keinginan Anda untuk suasana taman yang lebih nyaman. Menyimpan lampu taman harus di tempat yang aman, terutama keberadaan stop kontak listrik yang tidak boleh terkena air atau lembab sekalipun. Jangan lupa untuk memperhatikan seberapa banyak voltase yang dibutuhkan oleh lampu-lampu tersebut, jangan sampai tak terkontrol, ya!


Foto teaser: Decoist
Teks oleh: Atsmara Tsaniya