Semakin sering berada di rumah, ternyata membuat sebagian besar orang semakin gemar untuk masak sendiri di rumahnya. Ini bisa saja dikarenakan rasa bosan akibat hanya di rumah saja dan butuh aktivitas berbeda dari rutinitas yang biasa dijalani.

Godaan terbesar pagi penggemar masak selama pandemi ternyata adalah membeli alat masak yang baru. Apalagi dengan kehadiran peralatan masak dengan tampilan yang estetik dengan beragam pilihan warna menggemaskan, membuat godaan untuk belanja jadi semakin besar. Ditambah pula intensitas menggunakan internet yang seringkali menyuguhkan tampilan konten dengan alat masak yang stylish. Siapa sih yang tidak akan tergoda untuk beli alat masak baru?




Beli peralatan masak yang baru itu tidak apa, asal Anda mengingat poin-poin penting berikut ini. Sehingga tetap bisa belanja sesuai kebutuhan dan dalam budget yang realistis serta hemat.

1. Harus pintar memilih fry pan!

Saat membeli fry pan, sebaiknya pilih yang berdiameter 24 sentimeter. Ini khusus untuk fry pan yang digunakan hampir tiap hari karena produk ini cenderung ringan dan memudahkan Anda dalam mengontrol porsi makanan yang akan disajikan nantinya.

Beli Alat Masak Baca Tips Ini Biar Belanja Makin Hemat 1
Tefal Titanium 24 cm Frying Pan / Argos


Baca juga, Makin Rajin Masak Dengan 7 Alat Dapur Mudah Pakai Ini

2. Ukuran besar bukan berarti bagus

Gunakan fry pan berukuran besar (berdiameter lebih besar dari 24 sentimeter) jika Anda perlu memasak dalam porsi yang banyak atau melebihi jumlah anggota keluarga inti di rumah. Produk berukuran seperti ini kurang cocok untuk digunakan sehari-hari karena terlalu berat. Dengan demikian bisa membuat pergelangan tangan jadi mudah sakit jika digunakan terlalu sering. Selain itu, ukuran alat masak yang besar, mampu memicu penggunaan minyak yang lebih banyak sehingga masakan menjadi kurang sehat untuk tubuh.





Baca juga, Biar Tidak Salah, Ketahui Perbedaan Oven Dan Microwave

3. Cek ukuran “api” sebelum beli fry pan kecil

Kompor pada umumnya, sering kali dilengkapi 2 ukuran titik api. Berdasarkan titik api di kompor ini, Anda bisa menentukan lebar fry pan yang cocok untuk dipakai. Contohnya adalah alat masak dengan diameter sekitar 20 sentimeter cocok digunakan pada titik api yang lebih kecil. Jikalau Anda meletakkan fry pan ini di titik api berukuran standar, ini akan membuat pinggiran fry pan jadi cepat terbakar, sehingga hangus dan susah dibersihkan. Pasti Anda enggan kan, alat masak yang baru Anda beli malah jadi cepat kotor ataupun tidak kinclong lagi.

Beli Alat Masak Baca Tips Ini Biar Belanja Makin Hemat 2
Kitchen Aid

4. Alat masak estetik?

Beragam alat masak dengan warna pastel (putih gading, merah muda, biru muda, dan lain-lain) semakin hits berkat konten masak ciptaan Youtuber yang identik dengan gaya minimalis. Faktanya adalah Anda musti rajin membersihkan alat masak ini agar bisa menjaga kualitas warna pada produk. Maka dari itu, jika harus masak setiap hari, alat masak berwarna gelap justru lebih cocok karena saat produk terkena bekas api maupun noda, bisa terkamuflase seiring dengan waktu.


Beli Alat Masak Baca Tips Ini Biar Belanja Makin Hemat 3
Food52


Baca juga, Solusi Memasak di Mana Saja Tanpa Kabel yang Merepotkan

5. Tipe kompor mempengaruhi material alat masak

Jika di rumah Anda menggunakan kompor induksi, sebaiknya cek dahulu material dari alat masak sebelum membelinya. Kompor jenis ini hanya bisa memakai alat masak yang terbuat dari besi ataupun stainless steel karena memiliki daya magnet.

Beli Alat Masak Baca Tips Ini Biar Belanja Makin Hemat 4
Inerre Interior


Keseluruhan info mengenai alat masak untuk kompor induksi bisa Anda temuka dalam manual yang diberikan saat membeli kompor ini. Jadi, jangan lupa untuk membacanya terlebih dahulu sebelum membeli alat masak yang baru.







Foto teaser: Sur La Table