Di tengah masa pandemi, minat orang untuk berkebun dan bercocok tanam menjadi meningkat. Tanaman janda bolong adalah salah satu tanaman hias yang menjadi primadona. Bagaimana tidak, tanaman hias ini memiliki keunikan sendiri yakni daunnya yang berlubang secara alami. Ini bisa mempercantik ruangan saat diletakkan di dalam rumah. Tak hanya itu saja, menanam tanaman janda bolong juga memiliki manfaat lainnya, lho! Apa saja? Berikut ini ulasannya!


1. Mempercantik ruangan


(Huy Phan / Pexels)


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat utama menanam tanaman janda bolong adalah dapat membuat ruangan di rumah tampak lebih cantik dan menarik dengan pola daunnya yang unik dan indah.  


Berkat bentuk daunnya yang unik, tanaman hias ini juga sering menjadi subjek populer yang direplikasi dalam seni, tekstil, dan wallpaper yang digunakan dalam mode dan desain interior.


2. Meningkatkan kualitas udara


(Cottonbro / Pexels)


Manfaat lainnya menanam tanaman janda bolong adalah dapat meningkatkan kualitas udara dan membantu mengontrol kelembapan di dalam rumah (humidity). Itu bisa membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih baik, bersih, dan sejuk. Berdasarkan penelitian NASA tentang udara bersih, tanaman berdaun besar dan lebar, termasuk tanaman monstera, dapat secara efektif menghilangkan racun tertentu dari udara seperti formaldehida, amonia, benzena, trichloroethylene, dan xylene


3. Mengurangi tingkat stres


(Thirdman / Pexels)


Menanam tanaman hidup seperti tanaman janda bolong di dalam rumah atau kantor dapat membantu menurunkan tingkat stres sekaligus mengurangi respons fisik stres, termasuk mengurangi kecepatan detak jantung dan tekanan darah, sehingga dapat meningkatkan kondisi mental dan fisik secara keseluruhan.


4. Membantu meningkatkan kualitas hidup


(Severin Candrian / Unsplash)


Tak hanya dapat membantu mengurangi tingkat stres, menanam tanaman hias janda bolong juga bisa memberikan manfaat terapeutik, termasuk mengurangi kecemasan, depresi, dan bahkan mengurangi tingkat keparahan gejala demensia pada penderita. Alasan inilah yang membuat menanam tanaman monstera dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan seluruh anggota keluarga di rumah.




5. Menjadi simbol panjang umur dan kebahagiaan


(Severin Candrian / Unsplash)


Dalam bahasa bunga Victoria, tanaman hias monstera menjadi simbol hubungan yang mendalam, kebahagiaan, dan rencana besar. Lebih lanjut, dalam tradisi Tiongkok, tanaman monstera juga menjadi simbol panjang umur, kesehatan, kemakmuran, dan penghormatan kepada orang tua dan leluhur. Dengan menanam tanaman ini di rumah, kebahagiaan dan kesejataran hidup diharapkan selalu menghampiri seluruh anggota keluarga. 


6. Membantu meningkatkan fokus dan produktivitas


(Darlene Alderson / Pexels)


Sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, menunjukkan bahwa bekerja dengan tanaman hidup, seperti monstera, di dekatnya dapat membantu mempertajam perhatian dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus, serta meningkatkan produktivitas. Alasan inilah yang membuat tanaman janda bolong sangat cocok diletakkan di ruang kerja. Bisa bikin ruang kerja juga semakin instagramable!


7. Meningkatkan kualitas tidur


(Cottonbro / Pexels)


Sebagaimana diketahui, tanaman janda bolong dapat meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan racun tertentu dari udara, sehingga dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Selain itu, menanam tanaman janda bolong juga terbukti dapat menurunkan tingkat stres, yang pada giliran dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.  

8. Menghilangkan bau


(Giorgio Marini / Unsplash)


Karena tanaman monstera dapat menghilangkan racun tertentu dari udara dan membantu mengontrol kelembapan di rumah, itu akan membantu menghilangkan beberapa bau dan mencegah rumah Anda menjadi apek karena terlalu banyak kelembapan, yang juga bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut.



(Teaser: Cottonbro / Pexels)