Di tengah sulitnya kehidupan selama pandemi, industri makanan dan minuman terus berkembang dan bahkan kerap menjadi penyelamat perekonomian masyarakat, terutama di kawasan Jakarta. Tersedianya bahan baku, perlengkapan kemasan, serta beragam jasa ekspedisi turut memudahkan individu maupun kelompok untuk mengembangkan usaha rumahan. Ditambah pula kehadiran media sosial yang mempermudah dalam memasarkan produk-produk tersebut.






Fakta ini juga tercermin dalam perkembangan brand makanan lokal yang tak hanya mengedepankan cita rasa lokal, tapi juga mampu bersaing dengan brand major saat diperjual belikan di supermarket dan pusat perbelanjaan lainnya. Salah satu faktor yang meningkatkan daya saing tersebut bisa dilihat melalui desain kemasannya. Dengan desain kemasan yang kece dan bergaya trendy, kerap kali beberapa brand makanan lokal yang populer dikonsumsi dikira sebagai produk buatan luar negeri. Namun nyatanya, makanan tersebut merupakan hasil produksi brand asal Indonesia.


Baca juga, 5 Menu Makanan/Minuman yang Lahir Saat WFH


Dari sekian produk makanan lokal yang muncul di pasaran, AlaCASA memilih 5 rekomendasi makanan lokal yang tak hanya enak, tapi juga memiliki desain kemasan yang kece. Apa sajakah itu?


1. Melts

Termasuk dalam makanan berbasis nabati, produk cemilan dari Melts merupakan cemilan yang tak hanya enak namun juga lebih sehat ketimbang makanan manis yang sering Anda beli di supermarket. Diprakarsai mulai dari produk Melts with crunch, kini brand lokal ini telah merilis berbagai bentuk cemilan termasuk Dark Chocolate Cookies yang menjadi favorit AlaCASA.


Melts


Dalam merepresentasikan produknya, desain kemasan Melts terlihat lugas dengan pemilihan 3 warna utama, yaitu coklat tua, putih, dan orange. Dikombinasikan dengan gambar berupa outline, desain kemasan brand ini semakin terlihat modern dan memudahkan saat disimpan berkat kemasan tipe Zipper Bag.


2. Oatside

Si dark horse dalam dunia produk susu versi plant-based, yaitu Oatside. Di produksi di Bandung, Jawa Barat, brand ini memperkenalkan produk i yang terbagi atas tiga rasa, yaitu Barista Blend (produk terpopuler saat ini), Chocolate, dan Chocolate Hazelnut. Menggunakan kemasan terbuat dari karton kertas hasil daur ulang, Oatside memiliki desain kemasan berkesan sederhana tapi impactful.


Oatside


Dengan basis satu warna antara putih, coklat, dan hitam, brand ini secara frontal menyuguhkan nama mereka dengan tulisan Oatside berukuran besar yang memenuhi tampak depan produk susu ini. Yang membuat produk ini terlihat menggemaskan adalah tiga potong gambar kartun di bagian samping yang menampilkan cerita dari si beruang, karakter utama dalam branding Oatside.


3. Covita

Brand yang berbasis di Bali ini terkenal dengan probiotic drink serta produk protein bar. Kehadiran makanan ini diharapkan menjadi booster energi sebelum mulai berolahraga ataupun post-workout muscle recovery. Tinggi akan nilai protein, tidak menggunakan gula, serta bebas dari produk dairy, gluten dan preservative, Covita mengadaptasi beberapa warna earth tone dalam kemasannya.





Covita


Contohnya saja pada desain kemasan protein bar yang terbagi atas beberapa warna seperti, coklat, biru, dan hijau mewakili tiap bahan utama dari masing-masing variasi protein bar.


4. Green Rebel

Mungkin Anda familiar dengan brand Burgreens yang terkenal dengan makanan dan minuman sehat dalam menu signature-nya. Selain makan langsung di restoran ataupun take away, penggemar produk Burgreen dapat menikmati menu dari brand ini melalui Green Rebel, produk cepat saji yang dapat ditemukan di e-commerce maupun supermarket.


Green Rebel


Dengan kehadiran produk berbasis nabati dengan kemasan yang mudah dijangkau konsumer, diharapkan dapat berkontribusi dalam menyemarakkan gaya hidup sehat serta mengurangi jejak karbon individu yang nantinya berdampak positif pula bagi lingkungan.


Baca juga, 6 Restoran Makanan Sehat di Jakarta


5. Bumi Bites

Dengan kemasan berwarna turquoise dan orange serta dipenuhi tulisan berhuruf besar pada desain kemasannya, sekilas mungkin Anda akan mengira Bumi Bites merupakan cemilan yang dimpor dari luar negeri. Walaupun demikian, brand ini merupakan produk lokal yang diprakarsai oleh seorang ibu yang ingin menciptakan cemilan sehat untuk dikonsumsi bagi keluarganya. Ide ini pun terus berkembang dan akhirnya kini Bumi Bites banyak dikenal dengan variasi produk seperti Arrowroot Chips dan Honey Roasted Cashew.


Bumi Bites



Foto Teaser: Oatside