Apakah Anda termasuk netizen pencinta interior berpalet warna lembut yang terdiri dari paduan warna putih, cokelat, dan elemen-elemen bergaya minimalis?

Ambiance interior dengan kombinasi palet warna tersebut merupakan pilihan populer yang diminati masyarakat Indonesia, baik di kalangan anak muda maupun keluarga muda. Tren ini mulai bermunculan akibat popularitas gaya minimalis dari Jepang yang kerap menampilkan elemen putih dengan lantai maupun kerangka jendela kayu berwarna cokelat.





Visual yang terlihat modern serta timeless ini semakin dikenal kalangan publik berkat pengaruh influencer home and décor yang membanjiri halaman media sosial dengan konten bergaya demikian. Berangkat dari konten-konten tersebut, AlaCASA melihat bahwa rumah yang instagrammable bisa tercipta melalui penggunaan warna cokelat dengan kreatif pada interior.

Lalu, ide kreatif apa sajakah yang Tetangga Online AlaCASA bisa gunakan di rumah melalui satu warna ini?


1. Hanging bed head

Penyuka gaya minimalis terkadang memilih untuk tidak menggunakan kerangka tempat tidur berkesan masif dengan bed head yang tinggi. Jika Anda termasuk dalam kelompok ini, ide menarik dari @rachlvalente bisa dicoba, yaitu memisahkan kerangka kasur dan bed head. Bed head dibuat seolah tergantung dan menempel di dinding. Fitur ini terbuat dari kayu yang rangkai membentuk kerangka persegi panjang yang kemudian diberi anyaman sebagai penutup permukaan depannya. Paduan warna natural dari kedua material, seketika memberikan sentuhan lembut bagi interior kamar tidur yang serba putih.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 2

@rachlvalente


Idealnya, pilih kayu bed head dengan ketebalan yang sama dengan kayu pada bagian kerangka kasur yang menempel ke dinding. Apabila bed head lebih tebal, posisi kasur menjadi kurang presisi dan mudah tergeser. Jika concern akan debu, maka pilih kerangka kasur yang memiliki ukuran panjang lebar sama dengan ukuran kasur. Jadi, memudahkan Anda untuk menggeser kasur saat ingin membersihkan debu di bawah bed head.


Baca juga, Ketahui 5 Macam Ukuran Tempat Tidur dan Tips Memilihnya!


2. Meja makan gaya shabby chic

Jika Anda termasuk penyuka interior campuran gaya American Classic dan Shabby Chic, meja makan berukuran masif dengan detail kaki bergaya klasik bisa menjadi center of attention di ruang makan. Kehadiran meja kayu seperti ini memberikan kesan rustic serta kesan lebih homey bagi ruangan serba putih yang kerap dilengkapi profil-profil pada sambungan antara dinding dan lantai maupun antara dinding dan ceiling.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 3

@emmacourtneyhome


Agar tidak berkesan gloomy, Anda bisa berkreasi dengan memilih finishing bermotif bagi dudukan kursi makan. Contohnya saja motif gingham pada kursi di rumah @emmacourtneyhome yang berwarna putih dan hijau membuat kombinasi yang manis antara furnitur dan tanaman hias di atas meja.


3. Wood Ceiling

Selain di lantai, plank atau laminate bermotif kayu juga dapat diterapkan di bagian ceiling rumah seperti yang dilakukan oleh @girlandgrey . Jika memilih memakai plank, pilihlah yang tipis dan ringan. Baik plank maupun laminate dipasang dengan arah yang tegak lurus terhadap balok di ceiling. Apabila material yang serupa juga Anda terapkan pada lantai, maka aplikasikan dengan arah yang sama baik di ceiling maupun di lantai agar ruangan tetap terkesan luas.

Penggunaan kayu pada plafon turut dikenal dengan istilah shiring atau lumber ceiling dan salah satu pilihan kayu terbaik untuk ide ini adalah kayu ulin yang termasuk rentan terhadap rayap.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 4



@girlandgrey


4. Ide klasik yang jarang gagal

Ide tersebut adalah penggunaan rak kayu di salah satu sudut dapur Anda seperti halnya @thekwendyhome . Pemasangan rak seperti ini cocok bagi ruangan yang tidak terlalu tinggi (Tinggi antara 2,7 – 3 meter). Selain membuat kesan dinding yang lebih lapang, kehadiran rak membuat dapur terhindar dari kesan sempit karena bagian atas dinding yang tertutup kabinet.

Rak seperti ini juga tepat digunakan apabila dinding dilapisi dengan subway tile atau bata tempel. Dengan demikian, motif pada dinding tetap terlihat sekaligus berfungsi untuk menaruh cutlery dan alat masak yang sering digunakan sehingga mudah dijangkau.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 5

@thekwendyhome


Baca juga, Ingin Dapur Rapi? Coba 9 Ide Rak Dapur Minimalis Ini


5. Slatwall

Pernahkan Anda menemukan satu dinding yang dirasa terlalu plain, namun jika ditaruh furnitur seperti kabinet atau lemari akan berkesan sempit atau sumpek? Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah penggunaan panel slatwall seperti di rumah @neatly.living. Panel ini ada yang terbuat dari MDF ataupun plywood dan terdiri dari beberapa balok tersusun sejajar dan diterapkan dengan arah vertikal pada dinding.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 6

@neatly.living


Tak hanya untuk melapisi dinding, jika panel disusun dengan arah horizontal, Anda bisa menambahkan beberapa hook pada slatwall yang bisa berfungsi untuk menggantung topi, scarf, kunci, ataupun aksesori kecil sebagai dekorasi bagi interior.


Ide Kreatif Gunakan Warna Cokelat Biar Rumah Instagrammable 7

Garage Living




Foto teaser: @thekwendyhome