Bonsai beringin merupakan versi kecil dari tanaman beringin yang banyak diminati, terutama para pecinta tanaman bonsai. Bonsai beringin Korea, atau yang memiliki nama latin Ficus Coreana, jadi jenis bonsai beringin yang paling favorit karena sangat unik dan eksotik. Berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang bonsai beringin korea, termasuk cara merawatnya dengan benar. 


Karakteristik Tanaman Beringin Korea


(Photo: Bonsai Life Bali (@bonsailife_bali) / Instagram)


Bentuk daun


Bonsai beringin Korea memiliki bentuk daun yang cukup berbeda dengan daun beringin lokal. Bentuknya cenderung oval mendekati bulat. Daunnya lebih tebal dengan permukaan lebih mengkilap.


Bentuk batang


Selain bentuk daunnya yang khas, Ficus Coreana juga memiliki bentuk batang yang unik dibanding jenis bonsai beringin lokal, yakni memiliki batang tinggi dan cukup besar dengan gaya batang mirip dengan air terjun, atau ada bagian batang yang menjuntai ke bawah seperti air. 


Bentuk akar


Bagian akar menjadi keunikan lain dari tanaman bonsai beringin Korea, membuatnya menjadi pilihan tanaman untuk mempercantik sudut rumah Anda. Akar beringin korea ini dapat keluar dari batang dengan bentuk yang cukup unik dan menarik.


Cara Merawat Bonsai Beringin Korea di Rumah


(Photo: Bonsai Corner (@bonsai.corner) / Instagram)


Jenis tanaman hias ini memiliki daya adaptasi yang cukup baik, membuatnya tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan. Namun, Anda tetap perlu memahami cara merawat bonsai beringin Korea yang benar, agar dapat tumbuh dengan bagus, cantik, dan tidak cepat mati.


Perhatikan penyiraman dan pemupukan


Selalu lakukan penyiraman pada tanaman bonsai secara rutin, terlebih jika tanahnya dirasa kering. Pasalnya, kelembaban tanaman bonsai beringin harus benar-benar dijaga. Saat musim hujan lebih baik kurangi frekuensi penyiraman untuk mencegah pembusukan akar dan batang.


Selain penyiraman, pemupukan juga perlu diperhatikan agar tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik. Lakukan pemupukan secara teratur dan tidak berlebihan. Pemberian pupuk yang terlalu banyak dapat menyebabkan tanah menjadi asam dan tanaman mati. 


Memangkas tanaman secara teratur


Tanaman bonsai beringin Korea perlu dipangkas secara teratur. Pemangkasan ini tidak boleh sembarangan supaya tidak mengurangi keindahan eksotisnya. Anda cukup memangkas bagian yang tidak perlu untuk menjaga bentuknya dan menghilangkan bagian tanaman yang rusak atau busuk.




Pangkas pada bagian dahan untuk mempercepat pertembungan cabang batang yang baru. Selain itu, pangkas pada daun-daun yang kurang bagus atau sudah terlalu besar supaya tanaman bonsai beringin tetap indah dan menarik. Biasanya daun baru akan tumbuh dalam kurung waktu 2 minggu dengan bentuk yang lebih kecil setelah dipotong.


Mengganti tanah


Perawatan lain yang diperlukan untuk pertumbuhan terbaik tanaman bonsai beringin Korea adalah rutin mengganti tanahnya setiap setahun sekali. 


Perhatikan media tanah yang digunakan untuk tanaman bonsai beringin Korea. Sebaiknya pilih tanah yang mengandung unsur hara dan nutrisi untuk tanaman.


Memotong akar yang tidak perlu


Satu lagi cara merawat tanaman bonsai beringin Korea yaitu dengan rutin memotong akar yang tidak perlu. Akar yang sekiranya terlalu panjang dan tidak menarik sebaiknya dipotong agar tidak menempel pada batang dan mengurangi keindahannya. 


Akar tanaman bonsai dapat dipotong menggunakan gunting untuk menjaga bentuknya. Pastikan gunting yang akan digunakan sudah dibersihkan dan steril untuk memastikan tidak ada bakteri yang masuk ke akar tanaman yang bisa menyebabkan tanaman mati. 



Itulah beberapa karakteristik tanaman bonsai beringin Korea yang bisa mempercantik sudut rumah Anda beserta cara merawatnya dengan benar. Jangan lupa juga untuk memastikan tanaman bonsai beringin Korea mendapatkan cukup cahaya matahari setiap harinya.






Teaser Photo by Davide Cantelli on Unsplash
Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza