Dari banyaknya destinasi yang bisa dikunjungi di Korea Selatan, museum jadi salah satu yang wajib Anda sambangi! Terlebih museum yang hanya eksklusif di Korsel saja, bahkan ada yang tidak dipungut biaya. AlaCASA punya tiga rekomendasi museum yang tidak kalah indah dan artistik dari museum yang berbayar. Mulai dari museum art instalation hingga ilusi digital ada di list ini! 

1. National Museum of Korea

Museum Nasional Korea adalah museum yang paling terkenal dan luas di Korea. Lebih dari 12.044 karya permanen dipajang yang terbagi menjadi delapan kategori dari permanent exhibitions. Museum ini menyimpan kekayaan art nasional Korea, seperti Pensive Bodhisattva, Goryeo Celadon Openwork Burner, dan lain-lain.




memiliki delapan kategori yang terdiri dari medieval and early modern history, calligraphy and painting, sculpture and crafts, donated collection gallery, prehistory and ancient history, world art gallery, room of quiet contemplation, dan immersive digital gallery. semua section tersebut bisa anda kunjungi secara gratis, untuk yang berbayar bisa masuk ke special exhibitions dan children museum yang setiap season nya akan berganti tema. 



alamat: 137 seobinggo-ro, yongsan-gu, seoul


baca juga, rayakan valentine dengan buffet serba stroberi di seoul


2. national hangeul museum

ingin tahu tentang bahasa dan budaya hangeul? museum ini wajib masuk to do list anda ketika ke korea! museum ini menyimpan warisan korea yang paling berharga, seperti berbagai budaya hangeul dalam ruang pameran, perpustakaan hangeul, auditorium, dan taman indah yang mengarah ke yongsan family park.




museum ini akan membawa anda untuk melihat, mendengar, dan menjelajahi kisah hangeul, terlibat dengan masa lalu, masa kini, dan masa depannya.




alamat: 139 seobinggo-ro, yongsan-gu, seoul (between national museum of korea and yongsan family park)


baca juga, menarik! 6 wisata korea selatan yang belum banyak tahu




3.  leeum museum of art

ingat art pieces pisang dengan lakban? yups, hasil karya maurizio cattelan ini ada di leeum museum sebagai debut solo exhibition di korea. tepat menghadap han river atau sungai hangang yang iconic itu terdapat leeum museum of art yang futuristik, dengan art sculpture besar yang dapat dilihat dari kejauhan menjadi simbol utama museum ini. 





museum ini dikenal sebagai "harmony between nature and architecture" karena desainya yang futuristik diantara hamparan pepohonan, tidak heran karena museum ini didesan oleh tiga arsitektur ternama, mario botta, jean nouvel, dan rem koolhaas. dengan perpaduan dari berbagai perspektif menjadikan arsitektur kontemporer museum ini berkelas dunia.



member bts, taehyung juga sempat membagikan moment nya saat berkunjung ke leeum museum of art.




Alamat:  747-18 Hannam 2-dong, Yongsan-gu, Seoul


Ketiga museum di atas selain gratis juga menyediakan children museum yang lebih mudah diserap oleh anak. Selain itu juga aksesnya mudah karena terletak di tengah kota. Bagaimana, tertarik ingin berkunjung bukan?



Sumber Foto: museum.go,kr, @bts_official, pinterest
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira