Tiap kali melihat berita gempa, hati langsung miris melihatnya. Namun, siapa yang benar-benar merasa musibah itu akan pernah terjadi dihidupnya? Sebagian besar orang mungkin menjawab tidak pernah merasa demikian dan kerap kali menganggap remeh pengetahuan soal menghadapi gempa.


Demi jaga keselamatan Tetangga Online AlaCASA saat gempa, tanpa perlu panik ini dia 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri atau paling tidak meminimalisir cedera.


1. Berlindung di bawah meja

Ambil posisi meringkuk dan segera mencari meja yang memiliki ruang kosong di bawahnya sembari menunggu gempa berhenti. Dengan demikian, mengurangi kemungkinan tertimpa barang yang berjatuhan akibat gempa.


Safetypostershop


2. Meringkuk di sebelah sofa

Jika Anda stuck di ruangan, selamatkan diri dengan meringkuk di sebelah sofa ataupun kursi besar. Posisi ini sering disebut juga triangle of life.


Baca juga, Lakukan 8 Hal Ini Biar Rumah Aman dari Gempa


3. Berguling ke samping tempat tidur

Dalam beberapa kasus, gempa terjadi saat dini hari dan jika Anda sedang berada di tempat tidur, segeralah berguling ke samping tempat tidur karena ruang kosong ini cenderung aman.




infographicszone


4. Dinding paling luar

Saat guncangan dan tidak memiliki tempat untuk bersembunyi, segera ambil posisi meringkuk dekat dinding paling luar rumah atau pilar. Namun, hindari sisi yang memiliki jendela karena kaca jendela bisa kapan saja pecah akibat getaran gempa.


Baca juga, Ini Rahasia Rumah Tahan Gempa di Jepang


5. Segera keluar rumah

Jika dekat dengan pintu keluar, alangkah baiknya jika langsung keluar rumah dan mencari area terbuka dengan jarak lumayan jauh dari bangunan.


6. Selalu tutup kepala

Ini untuk menghindari kepala cedera saat bergerak untuk menyelamatkan diri. Idealnya, barang dengan ukuran lumayan besar bisa menutupi kepala, contohnya tas besar atau bantal.





Sumber foto: The Gate